Saturday, July 18, 2020

Teks Laporan Pemeriksaan Binatang Peliharaan

Hewan peliharaan ialah binatang yang dipelihara sebagai sobat sehari-hari manusia. Hewan peliharaan berbeda dari binatang ternak, yang dipelihara untuk kepentingan ekonomi atau untuk melaksanakan kiprah tertentu. Hewan peliharaan dipelihara hanya sebagai hiburan saja. Hewan peliharaan yang terkenal biasanya ialah binatang yang mempunyai karakter setia pada majikannya atau mempunyai penampilan yang menarik. Walaupun seseorang sanggup memelihara binatang apa pun sebagai binatang peliharaan, namun hanya hewan-kewan tertentu saja yang sering dijumpai, terutama binatang kecil (anjing, kucing, dan kelinci), burung, dan ikan.

Kelinci merupakan salah satu binatang yang dipelihara untuk dinikmati keindahan bulunya serta tingkahnya yang lucu. Alasan orang memelihara kelinci ialah alasannya ialah binatang ini jinak dan lucu. Beberapa jenis di antaranya mempunyai bulu menarik sehingga orang semakin meminatinya untuk hiburan di rumah. Kelinci peliharaan sanggup dilepas di halaman terbuka di rumah, atau dalam sangkar yang dibentuk secara khusus.

Lakukan kiprah wawancara. Wawancara ini dilakukan kepada seorang temanmu di kelas, guru, atau staf sekolah lainnya yang mempunyai binatang peliharaan atau binatang ternak di rumah mereka.  Informasi yang harus kau cari ialah jenis binatang dan ciri-ciri khususnya, alasan atau tujuan mempunyai binatang tersebut, cara perawatan dan alasan mereka merawatnya, dan perasaan mereka terhadap binatang tersebut.. Olah isu yang telah kau dapat, kemudian tuliskan dalam bentuk laporan hasil investigasi. Perhatikan penggunaan kosakata, tanda baca, dan aksara kapital. Berikut ini pola teks laporan pemeriksaan wacana binatang peliharaan.

Struktur teksKalimat
Penjelasan
Umum
Kelinci ialah binatang yang berkembangbiak dengan cara melahirkan. Dulunya, binatang ini ialah binatang liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Asal kata kelinci berasal dari bahasa Belanda, yaitu konijntje yang berarti "anak kelinci". Hal ini memperlihatkan bahwa masyarakat Nusantara mulai mengenali kelinci ketika masa kolonial Belanda. Saat ini sejumlah jenis kelinci menjadi binatang peliharaan dan binatang pedaging. Beberapa jenis kelinci sebagai binatang pedaging juga ada yang dijadikan binatang peliharaan.
Fakta-faktaSecara umum, kelinci terbagi menjadi dua jenis. Pertama, kelinci liar. Kedua, kelinci peliharaan. Yang termasuk dalam kategori kelinci liar ialah terwelu dan kelinci liar. Dilihat dari jenis bulunya, kelinci ini terdiri dari jenis berbulu pendek dan panjang dengan warna yang agak kekuningan. Ketika animo dingin, warna kekuningan bermetamorfosis kelabu.

Menurut rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya Angora, Lyon, American Chinchilla, Dutch, English Spot, Himalayan, dan lain-lain. Khusus Lyon bantu-membantu ialah hasil dari persilangan luar antara Angora dengan ras lainnya. Namun di kalangan peternak kelinci hias, hasil persilangan itu disebut sebagai Lyon atau Angora jadi-jadian.

Di Indonesia banyak terdapat kelinci lokal, yakni jenis kelinci jawa (Lepus negricollis) dan kelinci Sumatera (Nesolagus netseherischlgel). Kelinci jawa diperkirakan masih ada di hutan-hutan sekitar wilayah Jawa Barat. Warna bulunya cokelat perunggu kehitaman. Berat Kelinci jawa cukup umur sanggup mencapai 4 kg. Sedangkan Kelinci sumatera, habitatnya ialah hutan di pegunungan Pulau Sumatera. Panjang badannya mencapai 40 cm. Warna bulunya kelabu cokelat kekuningan.

Tujuan Memelihara Kelinci
Memelihara kelinci ternyata mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan maupun bagi kelestarian makhluk hidup. Beberapa tujuan dari memelihara kelinci antara lain sebagai berikut.
  1. Memelihara kelinci berarti berusaha menjaga kelestarian binatang tersebut alasannya ialah kelinci yang dipelihara akan diperhatikan kesehatannya dengan baik.
  2. Memelihara kelinci merupakan bentuk menyayangi ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, dengan memelihara kelinci berarti kita memperlihatkan kasih sayang kepada sesama makhluk ciptaan Tuhan.
  3. Memelihara kelinci berarti selalu menjaga kebersihan binatang peliharaannya, mengeluarkan kotoran, makan dan memandikan binatang peliharannya yang sanggup melatih tanggung jawab seseorang.

Cara Memelihara Kelinci
Beberapa hal yang perlu dipahami sebelum memelihara kelinci, hal yang sangat fundamental untuk menjamin kesehatan mereka intinya hanya 4 hal ibarat makanan, kandang, dan air.
  1. Sayuran merupakan masakan kesukaan kelinci, namun sayuran yang baik bukan sayuran segar alasannya ialah terlalu banyak mengandung air sehingga menimbulkan mencret. Sayuran harus di jemur diatas genting (atau diatas seng/besi biar cepat layu) hingga layu sedikit berwarna kekuningan. Selain sayuran pakan kelinci yang lain ialah pelet khusus kelinci yang banyak tersedia di supermarket atau petshop.
  2. Kelinci membutuhkan sangkar yang higienis dan cukup udara sehingga kelinci sanggup bermain dan berlarian di dalam kandangnya. Ini untuk menjaga semoga kelinci tidak stress yang sanggup menimbulkan banyak sekali gangguan pada kesehatannya. Dalam sangkar tersebut, siapkan kawasan untuk kelinci beristirahat, kawasan sampah dan juga botol berisi air bersih. Untuk memastikan kebersihan kandang, bersihkan sangkar kelinci minimal seminggu sekali.
  3. Semua mahluk hidup membutuhkan air, tidak sekedar air, tapi air yang benar-benar terjaga kebersihannya. Taruh mangkuk atau botol berisi air higienis dalam kandangnya, ini untuk menghindarkan kelinci dari ancaman kehilangan cairan tubuh yang sanggup mengancam keselamatannya. Ganti air tersebut seminggu dua kali.
  4. Biasanya bulu kelinci sesudah beberapa ahad akan kelihatan kotor. Sesekali, kelinci duduk di kotak kotoran sehingga mengotori bulu-bulunya yang sulit dibersihkan oleh mereka sendiri. Sehingga kelinci perlu dimandikan, sesudah higienis keringkan bulu kelinci yang memutuhkan waktu sekitar 1 jam hingga semua bulunya kering.
 Hewan peliharaan ialah binatang yang dipelihara sebagai sobat sehari Teks Laporan Investigasi Hewan Peliharaan
Alasan orang memelihara kelinci ialah alasannya ialah binatang ini jinak dan lucu. Beberapa jenis di antaranya mempunyai bulu menarik sehingga orang semakin meminatinya untuk hiburan di rumah. Binatang harus diperlakukan dengan lembut, dan dihentikan disakiti. Dengan membelai, memegang, memeluk, atau menyentuh binatang peliharaan dengan penuh kasih sanggup dengan cepat menenangkan kita, ketika kita sedang stres.

Setiap hari kita disibukan dengan segala rutinitas, dari sekolah, kuliah, dan bekerja, tentu kita sebagai insan biasa niscaya ada rasa jenuh dan lelah. Tetapi dengan adanya binatang peliharaan akan merasa bahagia ketika sanggup merawat binatang peliharaannya, jenuh dan rasa letih seketika menjadi terlupakan olehnya.
KesimpulanKelinci termasuk binatang yang berkembangbiak dengan cara melahirkan . Kelinci merupakan peliharaan yang banyak dipelihara alasannya ialah lucu dan mempunyai bulu yang indah. Salah satu tujuan memelihara kelinci ialah untuk menjaga kelestarian binatang tersebut. Memelihara kelinci harus memperhatikan kandang, pakan, air, dan kesehatannya. Kelinci sebagai binatang peliharaan sanggup menjadi hiburan untuk menghilangkan stress alasannya ialah rutinitas sehari-hari

No comments:

Post a Comment