Monday, February 17, 2020

Struktur Teks Mekanisme Sederhana Dan Kompleks

Dalam kehidupan sehari-hari banyak ditemukan mekanisme dikala melaksanakan suatu kegiatan Misalnya saja dikala akan menciptakan SIM, KTP, dan dokumen yang lainnya. Secara umum mekanisme yakni tahap kegiatan untuk menuntaskan suatu aktivitas. Prosedur tersebut harus dilaksanakan dengan baik supaya tujuan yang diinginkan sanggup tercapai.

Teks mekanisme kompleks yakni teks yang berisi langkah-langkah yang panjang dan berjenjang, bahkan disertai sublangkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan memakai klarifikasi atau keterangan yang menciptakan langkah tersebut menjadi kompleks.

Ciri-ciri teks mekanisme kompleks: berisikan langkah-langkah, disusun secara informatif, dijelaskan secara mendetail, bersifat objektif, langkah berkelanjutan dengan penjelasan, digunakannya syarat/pilihan, bersifat universal, bersifat faktual dan akurat, dan bersifat logis.

A. Struktur Teks Prosedur Sederhana dan Teks Prosedur Kompleks
Teks mekanisme dibedakan menjadi teks mekanisme sederhana dan kompleks. Teks mekanisme sederhana yakni teks mekanisme yang sanggup ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja, contoh: mekanisme mengoperasikan setrika. Sedangkan teks mekanisme kompleks yakni teks mekanisme yang terdiri atas banyak langkah dan langkah-langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya. Contoh: mekanisme perihal terkena tilang dan teladan yang lainnya. Berikut ini struktur teks mekanisme sederhana dan kompleks.

1. Struktur Teks Prosedur Sederhana
Teks mekanisme memuat bagian-bagian yang memperlihatkan tujuan, materi dan alat yang digunakan, serta langkah-langkah kerja yang harus dilakukan. Struktur teks mekanisme terdiri atas judul, pengantar yang menjelaskan tujuan, sejumlah materi yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu prosedur, dan urutan langkah-langkah.

Meskipun demikian, bab materi dan alat tidak menjadi struktur utama dalam teks mekanisme alasannya materi dan alat juga disebutkan dalam bab langkah-langkah. Oleh alasannya itu, bab materi dan alat tersebut sifatnya opsional. Dengan demikian, struktur utama bangunan teks mekanisme yakni tujuan dan langkah-langkah.
hari banyak ditemukan mekanisme dikala melaksanakan suatu kegiatan Misalnya saja dikala akan m Struktur Teks Prosedur Sederhana dan Kompleks
Contoh Teks Prosedur Sederhana
StrukturBagian teks
TujuanSetiap orang harus memperhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kesehatan ternyata tidaklah sulit. Kita sanggup melakukannya dengan kegiatan sederhana yaitu mencuci tangan. Untuk sanggup melaksanakan kegiatan basuh tangan dibutuhkan beberapa alat dan materi mirip sabun, handuk atau tisu, dan daerah basuh tangan. Apakah kau sudah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar? Berikut ini akan dipaparkan cara mencuci tangan yang baik dan benar.
Langkah
  1. Basahilah tangan hingga pergelangan dengan air yang mengalir, kemudian tuangkan sabun ke telapak tangan dua hingga tiga tetes.
  2. Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan lakukan secara bergantian.
  3. Gosoklah punggung tangan dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan, begitu juga sebaliknya secara perlahan.
  4. Gosoklah telapak tangan dan sela-sela jari dengan menyelipkan jari di masing-masing ruas jari.
  5. Pasangkan kedua tangan dengan posisi ajudan di atas hingga jari-jari tangan dalam keadaan saling mengunci, kemudian gosoklah secara perlahan dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan kiri di atas.
  6. Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri dengan gerakan memutar dalam genggaman ajudan dan lakukan gerakan serupa pada ibu jari tangan sebelah kanan.
  7. Gosoklah telapak tangan kiri dengan gerakan memutar ujung jari-jari ajudan begitu juga sebaliknya dengan telapak tangan kanan.
  8. Bilaslah kedua tangan dengan air yang mengalir hingga busa hilang.
  9. Keringkan tangan dengan handuk atau tisu sekali pakai hingga benarbenar kering.
  10. Gunakan handuk atau tisu tersebut untuk menutup kran hingga air berhenti mengalir
Menjaga kesehatan hanya perlu beberapa menit dimulai dari mencuci tangan. Mencuci tangan sebentar, tetapi aneka macam penyakit sanggup kita hindari.

2. Struktur Teks Prosedur Kompleks
Prosedur kompleks disampaikan secara naratif sehingga mirip artikel. Berikut struktur yang membangun teks mekanisme tersebut.
  • Tujuan umum, yaitu bab yang berisi tujuan umum sebagai pengantar tujuan khusus.
  • Langkah-langkah umum bab awal, yaitu bab yang berisi langkah-langkah umum dan disusun secara sistematis hingga kepada pilihan tujuan khusus.
  • Tujuan khusus 1, 2, 3, dan seterusnya, yaitu bab yang berisi pilihan tujuan yang ingin dilakukan.
  • Sublangkah atau langkah-langkah khusus, yaitu bab yang berisi langkah-langkah khusus yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan khusus. Setelah tercapai kembali ke langkah-langkah umum bab awal.
  • Langkah-langkah akhir, yaitu bab yang berisi langkah-langkah final yang disusun secara sistematis untuk menutup prosedur.
hari banyak ditemukan mekanisme dikala melaksanakan suatu kegiatan Misalnya saja dikala akan m Struktur Teks Prosedur Sederhana dan Kompleks

Contoh Teks Prosedur Kompleks
StrukturBagian teks
Tujuan
Umum/
Pendahuluan
Salah satu kemudahan yang diberikan bank untuk nasabahnya yakni kartu ATM. Dengan kartu ATM, seorang nasabah sanggup dengan gampang melaksanakan transaksi penting. Transaksi penting melalui ATM itu, antara lain:penarikan uang tunai, transfer uang antarbank, baik bank yang sama maupun yang berbeda, pembayaran tagihan, contohnya listrik atau telepon, pengecekan saldo tabungan, belanja atau pembayaran di kasir di tempat-tempat tertentu, contohnya swalayan, pengisian pulsa telepon seluler, pembayaran tiket pesawat.
Langkah
Langkah
Umum
Perhatikan panduan ini baik-baik supaya tujuan memakai ATM tercapai. Setelah memasuki ruang mesin ATM, masukkan kartu ATM Anda. Pada kartu ATM tertentu biasanya ada tanda panah. Tanda panah itu memperlihatkan sisi yang harus dimasukkan terlebih dahulu. Setelah memasukkan kartu ATM, tunggu hingga layar meminta pilih bahasa. Apabila ingin memakai bahasa Indonesia, pilihlah bahasa Indonesia. Kemudian, Anda masukkan nomor PIN sesudah pada layar tertera “Masukkan nomor PIN”. Pastikan jangan hingga ada yang mengintip. Sebaiknya rapatkan badan Anda ke mesin ATM.
Tujuan
Khusus 1
Setelah memasukkan nomor PIN dengan benar, pilihlah transaksi yang Anda inginkan dengan menekan tombol yang ada di sisi layar lurus dengan sajian transaksi yang ingin dipilih contohnya penarikan tunai atau transaksi lainnya. Transaksi pertama yang akan dilakukan contohnya penarikan tunai.
Sublangkah /Langkah-Langkah Khusus 1Tekan transaksi penarikan uang tunai. Pada layar tersaji besaran penarikan uang
tunai mulai Rp50.000 hingga Rp1.000.000 jikalau mesin ATM khusus pecahan uang Rp50.000,00 sanggup diambil mulai Rp100.000,00 hingga Rp2.000.000,00 jikalau mesin ATM khusus pecahan Rp100.000,00 atau pilih pengambilan jumlah uang lainnya. Jika menentukan pengambilan dengan nilai lainnya, masukkan jumlah uang yang akan ditarik. Anda tidak sanggup menarik uang ATM dengan jumlah mirip Rp22.750,00. Ambillah uang yang keluar dari lubang uang yang ada di bab bawah. Apabila tidak diambil, mesin ATM akan menunggu perintah Anda selanjutnya. Adakalanya di ATM bank yang berbeda pada transaksi penarikan uang justru Anda diminta mengambil kartu ATM terlebih dahulu. Perhatikan saja perintah yang ada di layar. Apabila transaksi selesai, jawablah pertanyaan bahwa Anda selesai bertransaksi sesuai dengan sajian yang tertera di layar. Tunggu hingga keluar kertas bukti transaksi dan ambil. Transaksi penarikan tunai berhasil. Kembali ke sajian utama dan lanjutkan transaksi berikutnya contohnya transfer uang ke rekening orang yang dituju dan jenis banknya sama. Seandainya Anda ingin melaksanakan transaksi lainnya, ikuti perintah panduan yang tertera dilayar.
Tujuan Khusus 2Setelah kembali ke sajian utama, pilih transaksi transfer uang. Pilihlah transfer uang bank sejenis kemudian muncul di layar nomor rekening tujuan dan masukkan nomor rekening sesuai digit bank tersebut. Pastikan nomor rekening dengan tepat. Masukkan nominal uang yang akan ditransfer. Pastikan jumlahnya benar dan sesuai dengan nilai saldo yang ada. Setelah itu, muncullah nama pemegang nomor rekening dan nilai yang ditransfer. Kalau sudah tepat, tekan OK. Tunggu proses selesai dan tunggu tanda bukti keluar. Pada transaksi penarikan uang adakalanya mesin ATM tidak mengeluarkan tanda bukti. Transaksi transfer uang antarbank berhasil. Muncul di monitor “Apakah Anda ingin melaksanakan transaksi lainnya?” Jika tidak, kembali ke sajian utama atau tekan NO.
Langkah-Langkah Umum TerakhirSetelah tekan No, tunggu kartu ATM Anda keluar dan ambillah kartu ATM Anda jangan
hingga tertinggal. Ambil kartu Anda dan transaksi transfer uang berhasil. Dua transaksi yang Anda lakukan telah berhasil.

Teks mekanisme kompeks bertujuan memperlihatkan klarifikasi perihal cara melakukan, menggunakan, dan menciptakan sesuatu dengan sejelas-jelasnya. Tujuan komunikatif teks mekanisme yakni memberi petunjuk cara melaksanakan sesuatu melalui serangkaian tindakan atau langkah. Teks mekanisme kompleks mempunyai manfaat sebagai berikut.
  1. Membantu dalam memakai suatu alat secara benar tanpa membahayakan diri pengguna dan tanpa merusak alat itu sendiri.
  2. Membantu dalam melaksanakan cara-cara atau kegiatan tertentu dan kebiasaan hidup.

No comments:

Post a Comment