Monday, February 17, 2020

Struktur Dan Ciri Teks Dongeng Ulang Biografi

Cerita ulang biografi ialah teks yang menceritakan ulang seorang tokoh menurut biografi yang sudah ada. Teks ini bermanfaat bagi pembuat teks untuk menyebarkan pengalaman orang-orang sukses kepada khalayak ramai dengan hidangan yang lebih ringkas daripada teks biografi yang sesungguhnya. Adapun bagi pembaca, tentu teks ini sebagai pelajaran menurut pengalaman seorang tokoh.

Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup dan graphain yang berarti
tulis. Jadi, biografi berarti goresan pena perihal hidup seseorang. Teks dongeng ulang biografi ialah salah satu teks dongeng ulang faktual yang mengisahkan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Teks lain yang sejenis dengan teks dongeng ulang biografi ialah teks autobiografi. Teks dongeng ulang autobiografi ialah teks dongeng yang memuat riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri. Ciri-ciri teks ulang autobiografi intinya sama dengan teks dongeng ulang biografi. Perbedaannya, pada teks dongeng ulang biografi, pengarangnya mengandalkan banyak sekali sudut pandang dan dokumen, sedangkan pada autobiografi, sanggup saja didasarkan sepenuhnya pada ingatan pengarang.

A. Ciri-ciri Teks Cerita Ulang Biografi
Ada beberapa hal yag harus dicermati ketika membaca teks dongeng ulang biografi  atau autobiografi, yaitu (1) judul yakni siapa tokohnya, (2) hal menarik dan mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh, (3) hal mengagumkan dan mengharukan yang muncul dalam kehidupan tokoh, dan (4) hal yang sanggup dicontoh dari kehidupan tokoh.

Sebagai sebuah teks, teks dongeng ulang biografi mempunyai ciri-ciri yang membedakannya dengan teks yang lainnya. Ciri-ciri ini sanggup dilihat dari struktur maupun ciri kebahasaannya. Beberapa ciri teks dongeng ulang biografi ialah sebagai berikut.
  1. Hal yang ditulis dalam teks dongeng ulang biografi atau aoutobiografi ialah perjalanan hidup orang populer atau tokoh dalam segala bidang, contohnya ilmuwan, politisi, olahragawan, pemuka agama, pengusaha, dan sebagainya serta sanggup ditulis dalam satu buku atau beberapa halaman.
  2. Dalam biografi tersebut, dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh semenjak kecil hingga bau tanah bahkan hingga meninggal dunia (jika tokoh sudah meninggal dunia).
  3. Dalam sebuah teks dongeng ulang biografi atau aoutobiografi selain perjalanan hidup tokoh, teks juga berisi deskripsi acara dan insiden yang dialaminya, ekspresi, ide, perasaan, dan pandangan hidup tokoh. Semua jasa dan segala sesuatu yang dihasilkan atau yang diperbuat tokoh juga dijelaskan di dalam goresan pena tersebut.
  4. Teks dongeng ulang biografi atau autobiografi lebih kompleks daripada biodata (curriculum vitae) sebab menganalisis dan menginterpretasi insiden yang dialami tokoh dengan melibatkan perasaan.
  5. Dalam teks, sanggup ditemukan hubungan keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup tokoh serta klarifikasi mengenai tindakan dan sikap hidupnya.

B. Struktur Teks Cerita Ulang Biografi
Struktur teks Bagian-bagian sebuah teks yang mencirikan suatu teks. Bagian-bagian itu menjabarkan ciri bagain awal, inti, dan epilog teks dalam fungsi komunikasi tertentu. Struktur teks dongeng ulang biografi terdiri orientasi sebagai kepingan awal teks, insiden dan problem sebagai inti dari teks, dan reorientasi sebagai kepingan epilog teks. Berikut penjelasannya mengenai struktur teks dongeng ulang biografi.
Cerita ulang biografi ialah teks yang menceritakan ulang seorang tokoh menurut biogra Struktur dan Ciri Teks Cerita Ulang Biografi
  1. Orientasi, yaitu kepingan pengenalan tokoh atau pelaku di dalam teks dongeng ulang biografi secara umum, menyerupai nama, daerah dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, serta riwayat pendidikan.
  2. Peristiwa dan masalah, yaitu kepingan yang berisi peristiwa-peristiwa terpenting dalam kehidupan tokoh yang menarik, mengesankan, mengagumkan, dan mengharukan serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi tokoh dalam mencapai tujuan dan cita-citanya.
  3. Reorientasi, yaitu kepingan epilog yang berisi pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Reorientasi bersifat opsional, artinya boleh ada dan boleh juga tidak ada.

Teks dongeng ulang biografi merupakan kepingan dari teks dongeng ulang. Cerita ulang (recount) ialah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa kemudian secara kronologis dengan tujuan untuk memberi informasi, atau menghibur pembacanya, atau sanggup keduanya. Cerita ulang terdiri atas tiga jenis, yaitu rekon pribadi, rekon faktual (informasional), dan rekon imajinatif.
  1. Rekon pribadi ialah dongeng ulang yang memuat kejadian di mana penulisnya terlibat secara langsung.
  2. Rekon faktual (informasional) ialah dongeng ulang yang memuat kejadian faktual menyerupai eksperimen ilmiah, laporan polisi, dan lain-lain.
  3. Rekon imajinatif ialah dongeng ulang yang memuat dongeng imajinatif dengan lebih detil.

No comments:

Post a Comment