Sunday, February 16, 2020

Jenis-Jenis Contoh Ragam Hias

Pola ragam hias yaitu hasil susunan  dari hukum tertentu dalam bentuk dan komposisi tertentu. Bentuk ragam hias umumnya mempunyai pola atau susunan yang diulang-ulang. Pada bentuk ragam hias yang lain, pola yang ditampilkan sanggup berupa pola ragam hias yang teratur, terukur, dan mempunyai keseimbangan.

Pola ragam hias geometris contohnya sanggup ditandai dari bentuknya menyerupai persegi empat, zig-zag, garis silang, segitiga, dan lingkaran. Pola bidang tersebut merupakan pola geometris yang bentuknya teratur. Bentuk lain dari pola geometris yaitu dengan mengubah susunan pola ragam hias menjadi pola ragam hias tidak beraturan dan tetap memperhatikan segi keindahan. Beberapa teladan pola ragam hias antara lain sebagai berikut.

A. Pola simetris.
Pola yang terbentuk dari susunan motif-motif ragam hias yang mempunyai keseimbangan dan bentuk yang sama dalam suatu susunannya. ola simetri menggambarkan dua bab yang sama dalam sebuah susunan. Pola simetri meletakkan fokusnya di tengah. Penempatan demikian memperlihatkan kesan bab kiri dan bab akanan sama kuat. Komposisi berpola simetri memperlihatkan kesan formal, beraturan dan statis.
B. Pola asimetris.
Pola yang terbentuk dari komposisi yang tidak berimbang, namun masih terlihat proposi, komposisi, dan kesatuan yang harmoni. Pola asimetri meletakkan fokusnya tidak di tengah-tengah, dan paduan unsur-unsur di bab kiri tidak sama dengan yang di bab kanan, tetapi tetap memancarkan keseimbangan. Kompisisi asimetri memperlihatkan kesan keteraturan yang bervariasi dan kesannya tidak formal serta lebih dinamis.
dari hukum tertentu dalam bentuk dan komposisi tertentu  Jenis-jenis Pola Ragam Hias
C. Pola ragam hias tepi.
Pola yang bentuknya berupa pengulangan dari bentuk sebelumnya dan dipakai untuk bab tepi pada materi tertentu.
dari hukum tertentu dalam bentuk dan komposisi tertentu  Jenis-jenis Pola Ragam Hias
D. Pola ragam hias menyudut.
Pola yang menyudut membentuk segitiga dan umumnya mempunyai bentuk ragam hias yang diadaptasi dengan bentuk ragam hias yang sudah ada.

E. Pola ragam hias menyusut.
Pola yang memusat bentuk coraknya bangun sendiri. Pola ragam hias ini adonan dari beberapa ragam hias dan membentuk ragam hias baru.

G. Pola ragam hias beraturan
Pola ragam hias beraturan yaitu pola ragam hias yang susunan polanya merupakan pengulangan dari bentuk sebelumnya dengan ukuran yang sama
dari hukum tertentu dalam bentuk dan komposisi tertentu  Jenis-jenis Pola Ragam Hias
H. Pola ragam hias tidak beraturan
Pola ragam hias tidak beraturan. Pola ragam hias tidak beraturan merupakan sebaran dari beberapa motif yang berbeda dan tidak mengikuti pola proporsi dan komposisi yang seimbang

No comments:

Post a Comment