Sunday, February 16, 2020

Mengenal Alat Musik Melodis Modern

Menurut peranan dan fungsinya alat musik sanggup dikelompokkan menjadi tiga, yaitu: alat
musik ritmis, melodis, dan harmonis. Alat musik ritmis ialah alat musik yang tidak bernada dan biasanya berfungsi untuk mengatur irama lagu. Alat musik ritmis penggunaannya dengan beberapa cara yaitu dengan dipukul, baik dengan tangan atau menggunakan alat pukul. Contoh alat musik ritmis diantaranya ialah : rebana, drum, dan simbal tangan.

Alat musik serasi ialah alat musik yang dipakai untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Karena alat musik ini biasa memainkan harmoni, maka ciri-cirinya yaitu sanggup memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan. Alat musik serasi ialah alat musik bernada, namun tidak sanggup dibentuk. Pada umumnya alat musik yang membunyikan melodi pada suatu lagu, biasanya alat musik tersebut tidak sanggup memainkan kord secara sendirian. Beberapa pola alat musik serasi diantaranya ialah sasando, kecapi, sampek, dan rebab.

Alat musik melodis ialah alat musik yang biasanya membunyikan melodi di suatu lagu, biasanya alat musik ini tidak sanggup memainkan kord secara sendirian. Dalam pengertian lainnya, alat musik melodis ialah alat musik yang mempunyai irama atau bernada, biasanya fungsi alat musik melodis untuk pengatur nada sebuah musik atau lagu. Contoh alat musik melodis diantaranya ialah angklung, bonang, dan mandolin

Pada goresan pena ini hanya akan dibahas mengenai alat musik melodis modern saja. Beberapa llat musik melodis modern ada majemuk di antaranya recorder, pianika, harmonika, belira, dan
saksofon.

1. Recorder
Recorder ialah salah satu instrumen musik dari keluarga alat musik tiup dengan bunyi ibarat pluit. Untuk memainkan recorder kita harus meniup dari ujung yang berbentuk pipih.

Berdasarkan cara memainkannya, recorder termasuk kelompok alat musik tiup. Jenis recorder ada empat, yaitu recorder sopranino, sopran, alto, dan tenor. Keempat recorder tersebut mempunyai ukuran yang berbeda.

Ukuran recorder yang terkecil disebut recorder sopranino, ukuran yang sedang disebut recorder sopran, ukuran yang agak besar disebut recorder alto, dan ukuran yang paling besar disebut recorder tenor. Recorder yang sering dipakai di sekolah-sekolah yaitu recorder sopran.
Menurut peranan dan fungsinya alat musik sanggup dikelompokkan menjadi tiga Mengenal Alat Musik Melodis Modern
2. Pianika
Pianika ialah alat musik tiup kecil sejenis harmonika, tetapi menggunakan bilah–bilah keyboard yang luasnya sekitar tiga oktaf. Pianika dimainkan dengan tiupan langsung, atau menggunakan pipa elastis yang dihubungkan ke mulut.

Alat musik pianika gampang sekali untuk dipelajari. Namun memang membutuhkan ketelatenan dan napas yang kuat. Alat musik pianika ini sering menjadi alat musik wajib di sekolah-sekolah. Dalam permainan musik pianika sanggup dipakai untuk memainkan melodi pokok dan kontra melodi serta sanggup juga untuk mengiringi lagu. Kegunaan tuts pianika yaitu tuts putih dipakai untuk memainkan nada-nada pokok/ orisinil dan tuts yang hitam dipakai untuk memainkan nada-nada kromatis.

3. Harmonika
Harmonika ialah salah satu alat musik tiup. Cara memainkan alat musik ini ialah dengan meniup dan menghisap lubang untuk menghasilkan suara. Harmonika berasal dari alat musik tradisional Cina yang berjulukan 'Sheng'.

Harmonika terbagi menjadi beberapa kelompok yaitu harmonika diatonik, harmonika kromatik, harmonika kremolo, harminika chord, dan harmonika bass. Masing -masing jenis harmonika mempunyai fungsi masing-masing dalam bermain musik.
Menurut peranan dan fungsinya alat musik sanggup dikelompokkan menjadi tiga Mengenal Alat Musik Melodis Modern
4. Belira
Belira merupakan bilah-bilah logam yang diatur berderet ibarat gambang. Alat musik belira dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul yang dibuat dari logam. Alat musik ini biasanya dipakai untuk musik lapangan ibarat drum band.

Cara memainkan bellyra/marching bell hampir sama dengan cara memainkan piano atau pianika. Hanya saja perbedaan dalam cara memainkan bellyra/marching bell dengan cara memainkan alat melodi lain ibarat piano atau pianika terdapat pada alat yang dipakai untuk memainkannya. Memainkan alat musik piano atau pianika yaitu dengan menggunakan jari – jari yang memainkannya. Sedangkan cara memainkan bellyra/marching bell yaitu dengan menggunakan alat pukul khusus. Alat yang dipakai untuk memukul tersebut biasanya berwarna putih dan terbuat dari mika.

5. Saksofon
Saksofon merupakan alat musik tiup yang terbuat dari logam. Bentuknya ibarat pipa rokok dan berklep logam. Pada lubang tiupnya menggunakan lidah-lidah. Alat musik ini sanggup dipakai untuk banyak sekali jenis alat musik.
Menurut peranan dan fungsinya alat musik sanggup dikelompokkan menjadi tiga Mengenal Alat Musik Melodis Modern
6. Trompet
Trompet ialah alat musik tiup yang sanggup mengeluarkan bunyi berapiapi yang dihasilkan oleh besarnya tenaga yang dipakai untuk memainkan fanfare tetapi juga disebabkan oleh tabung logam yang sempit, lubang silindris, dan corong yang lebar dan mengembang. Musisi jazz memanfaatkan
semua bunyi yang dihasilkan alat musik trompet dan trombon. Dengan memainkan kedua alat musik ini, diperlukan akan menghasilkan permainan solo yang memesona.

7. Biola
Biola merupakan alat musik string yang cara memainkannya digesek. Suara biola dengan ekspresi musikal banyak dipakai dalam musik orkestra untuk menghasilkan nada yang tinggi dan menakjubkan dalam jumlah yang besar. Biola hasil karya Stradivarius (1644–1737) dianggap sebagai
alat musik terbaik yang pernah dibuat. Sejak ketika itu, alat musik gesek tidak berubah. Biola yang dipakai dalam orkestra ada dua macam, yaitu biola sopran dan biola alto.
Menurut peranan dan fungsinya alat musik sanggup dikelompokkan menjadi tiga Mengenal Alat Musik Melodis Modern
8. Hobo
Hobo, yaitu alat musik tiup yang bersuara lembut dengan pengecap getar rangkap. Jangkauan nadanya hingga dua setengah oktaf. Hobo dikenal semenjak zaman Mesir Kuno. Pada kala ke-18, alat musik ini tampil pada musik kamar atau konserto. Hobo dibedakan menjadi tiga macam, yaitu hobo cor anglais, hobo diamore, dan hobo masa kini. Karya yang banyak menampilkan alat musik ini, sanggup kita dengar pada karya Bellini, Berio, dan Rossini.

No comments:

Post a Comment