Monday, February 17, 2020

Menulis Dan Memeragakan Teks Prosedur

Setelah mempelajari struktur dan unsur kebahasaan teks mekanisme  pada bab simpulan diharapkan sanggup menyusun teks mekanisme secara berdikari dengan baik dan benar.. Untuk sanggup menyusun teks tersebut tentunya dibutuhkan pengetahuan ihwal teks prosedur. Berikut ini dijelaskan kembali beberapa unsur dari teks prosedur.

Teks mekanisme yakni teks yang di dalamnya berisikan tujuan dan langkah melaksanakan atau menciptakan sesuatu. Secara garis besar, struktur teks mekanisme terdiri dari pendahuluan, alat dan bahan, langkah-langkah, dan kesimpulan.
  1. Bagian Pendahuluan (Pernyataan tujuan). Bagian ini menyebutkan apa yang dibentuk atau dilakukan. Pada bab ini penulis mencoba menangkap minat pembaca pada produk atau acara yang akan dibentuk panduannya, dengan memakai pilihan kata yang bisa menarik perhatian
  2. Alat dan materi yang digunakan. Teks mekanisme cara menciptakan sesuatu dibutuhkan alat dan bahan. Misalnya resep makanan, menciptakan hiasan, atau menciptakan yang lain. Alat dan materi dirinci hingga ukuran yang akurat alasannya untuk menghasilkan produk yang baik.
  3. Langkah-langkah. Langkah-langkah dalam teks mekanisme merupakan inti dari tujuan teks prosedur. Langkah-langkah berisi tahapa-tahap kegiatan/ urutan kronologis (termasuk hal yang perlu diperhatikan; kalau panduan untuk permainan, berikan hukum permainannya).
  4. Kesimpulan. Cara menciptakan epilog teks mekanisme yakni dengan merujuk kembali ke hal-hal pokok yang disebutkan dalam pendahuluan dan ulang kembali dengan kata yang lain (sinonim) atau ucapan selamat atau memotivasi orang untuk melakukan. Ucapan selamat menikmati keindahan, kenyamanan, kelezatan hasil acara yang dilakukan).

Tujuan teks mekanisme menjelaskan acara yang harus dilakukan supaya pembaca / pemirsa sanggup secara sempurna dan akurat mengikuti sebuah proses menciptakan sesuatu, melaksanakan suatu pekerjaan, atau memakai suatu alat. Berdasarkan tujuannya teks mekanisme dibagi menjadi tiga jenis yaitu (a) teks mekanisme untuk memandu cara menggunakan/ memainkan suatu alat (cara memainkan suatu alat musik, cara memakai alat, (b) teks mekanisme untuk memandu cara menciptakan (ada bahan, cara, dan langkah), dan (c) teks mekanisme untuk memandu cara melaksanakan sebuah acara (cara menari, cara melaksanakan senam)

Ciri teks mekanisme dari segi isinya ada tiga: (a) panduan langkahl-angkah yang harus dilakukan, (b) hukum atau batasan dalam hal bahan/ acara dalam melaksanakan kegiatan, (c) isi acara yang dilakukan secara urut (kalau tidak urut disebut tips).

Ciri bahasa yang dipakai (a) kalimat perintah alasannya pada teks mekanisme pembaca berfokus untuk melaksanakan suatu kegiatan, (b) Selain kalimat perintah juga diberikan saran, dan larangan supaya diperoleh hasil maksimal pada waktu menggunakan, membuat, (c) penggunaan kata dengan ukuran akurat ( ¼ tepung, 5 buah rimpang kunyit), (d) memakai kelompok kalimat dengan batasan yang
terang (rebus hingga menjadi bubur, lipat bab ujung kanan sehingga membentuk segitiga sama kaki).

Menulis Teks Prosedur
1. Judul
  • Dapat berupa nama benda/sesuatu yang hendak dibuat/ dilakukan
  • Dapat berupa cara melakukan/menggunakan sesuatu

2. Pengantar yang menyatakan tujuan penulisan
  • Dapat berupa pernyataan yang menyatakan tujuan penulisan
  • Dapat berupa paragraf pengantar yang menyatakan tujuan penulisan

3. Bahan atau alat untuk melaksanakan suatu prosedur
  • Dapat berupa daftar/rincian
  • Dapat berupa paragraf
  • Pada teks mekanisme tertentu, contohnya mekanisme melaksanakan sesuatu, tidak dibutuhkan bahan/alat

4. Langkah/tahapan dengan urutan yang benar
  1. Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan penomoran
  2. Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan kata yang menawarkan urutan: pertama, kedua, ketiga, dst.
  3. Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan kata yang menawarkan urutan waktu: sekarang, kemudian, sesudah itu,
  4. dst.

Tahapan biasanya dimulai dengan kata yang menawarkan perintah: tambahkan, aduk, tiriskan, panaskan, dll.

Cara Membuat Rendang
StrukturBagian teks/ paragraf
TujuanRendang merupakan salah satu masakan khas dari kawasan Minangkabau, dan rendang ini telah mendapat peringkat pertama dalam dafatar 50 sajian terlezat di dunia versi CNN International. Rendang yakni kuliner dengan bumbu dan rempah- rempah yang banyak. Tujuan menciptakan rendang ialah untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas sekaligus mengenalkan kepada dunia bahwa rendang kuliner terlezat didunia. Langsung kita simak cara menciptakan rendang di bawah ini.
Bahan dan
alat
Bahan:
  1. Daging sapi atau kerbau (1 kg potong persegi, sekitar 20 potong)
  2. Santan kelapa (2 liter)
  3. Daun Jeruk (4 lembar)
  4. Serai (1 batang)

Bahan pelengkap
  1. Kelapa serundeng yang sudah disangrai terlebih dahulu
  2. 1 ons Hati sapi potong dadu kecil kemudian rebus

Bumbu yang dihaluskan:
  1. Bawang merah (4 buah)
  2. Bawang putih (2 siung)
  3. Lengkuas muda (75 gr)
  4. Jahe (25 gr)
  5. kunyit (15 gr)
  6. Garam (1/2 sdm)
  7. Cabai giling (1 sdm atau sesuai selera)
  8. Biji pala (1/2 buah)
  9. Kemiri (4 buah)
  10. Merica (1 sdt)
  11. Gula pasir (1 sdm)
Langkah
  1. Potong daging menjadi beberapa bab kemudian dicuci hingga bersih. Lakukan pengeprakan pada Daging supaya lebih tipis sehingga pada ketika pengolahan daging lebih gampang matang. Hindari pemotongan daging yang terlalu tebal alasannya nantinya bumbu akan sulit meresap dan daging menjadi keras
  2. Rendam daging dengan bumbu yang tadi telah dihaluskan, paling sedikit selama 1 jam. Biarkan air daging keluar dan tunggu hingga kering.
  3. Tuangkan santan, kemudian masukkan semua bumbu kecuali bumbu pelengkap, dan aduk hingga rata.
  4. Dengan api sedang, masak santan di atas wajan. Sekali-kali aduk hingga minyak dari santan mengambang ke permukaan, kurang lebih selama 20 menit. Agar santan tidak pecah lakukan gerakan menimba pada ketika anda mengaduk santan sehingga nantinya santan akan merata. 
  5. Siapkan wajan besar kemudian masukan daging beserta dengan santan sebanyak 300 cc. Lakukan hingga daging terendam oleh air santan.
  6. Tuang kembali air santan sebanyak 100 cc. Aduk hingga air pada santan menguap.
  7. Aduk terus dan tambahkan kembali sisa dari air santan dengan sekali tuang. Kecilkan api, masak hingga daging rendang dan bumbu mengeluarkan minyak.
Setelah mempelajari struktur dan unsur kebahasaan teks mekanisme  Menulis dan Memeragakan Teks Prosedur
  1. Usahakan terus diaduk-aduk supaya rendang tidak melekat pada wajan, tunggu hingga rendang berubah warna menjadi kecoklatan dan mengering.
  2. Campurkan materi komplemen kedalam rendang kemudian aduk lagi hingga merata
  3. Masak hingga daging menjadi empuk, paling usang satu setengah jam. Pastikan semua air santan menguap dan rendang pun jadi.
PenutupCara menciptakan rendang di atas pastinya sangat gampang dan praktis. Resep di atas juga tidak hanya untuk menciptakan rendang dari daging sapi saja, tapi juga bisa dipakai untuk menciptakan rendang yang lainnya. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment