Monday, February 17, 2020

Perkembangan Kecerdasan/Intelektual Anak

Kecerdasan berafiliasi dengan memori/daya ingat, kreativitas, dan hasil test IQ yang diperoleh seseorang, atau merupakan kemampuan menjelaskan seseorang. Menurut Piaget kecerdasan atau intelligence ialah unsur biologis tertentu yang beradaptasi. Dijelaskan bahwa pencapaian biologis tersebut memungkinkan insan untuk berinteraksi secara efektif dengan lingkungannya pada tahapan psikologis tertentu; sebagaimana dinyatakan oleh Piaget: ”intelligence is one kind of biological achievement, which allows the individual to interact effectively with the environment at a psychological level” (Ginsburg and Opper, 1979).

Perkembangan domain kognitif, yaitu pematangan proses-proses dan produk-produk pikiran insan yang menuntun untuk “mengetahui” ialah suatu proses komplek yang berdampak signifikan dan kontinyu terhadap semua domain perkembangan lainnya. Pada ketika yang sama, perkembangan dan kompetensi yang meningkat dalam domain lain mempengaruhi perkembangan kualitatif kapasitas kognitif.

Karena perkembangan intelektual mempunyai bentuk yang berputar,  menjanjikan arah-arah gres pada pendidikan masa kanak-kanak awal yang mendukung integrasi bermacam-macam domain pembelajaran melalui pembelajaran pengalaman mempunyai potensi besar.

Beberapa bantuan tokoh-tokoh yang menyumbangkan pemikirannya dalam perkembangan intelektual anak;

Intelejensi Gardner
Kemungkinan bahwa kekuatan dan hasil dalam koneksi otak sangat dipengaruhi oleh kecenderungan alami telah dianggap sebagai perspektif teori intelejensi oleh Howard Gardner (1993a, 1997), seorang Psikolog Universitas Harvard. Walaupun lebih cenderung menganggap intelejensi sebagai kapabilitas insan atau talenta daripada sejumlah fenomena tetap didalam kepala, Gardner melihat neurobiologi menghasilkan “mekanisme pemprosesan gosip inti” yang berafiliasi dengan intelejensi tertentu. Gardner mendefinisikan intelejensi sebagai “kemampuan untuk memecahkan duduk kasus atau produk-produk fashion yang merupakan konsekuensi dalam latar budaya atau komunitas tertentu.” (1994,581).

Ia memperlihatkan sedikitnya tujuh atau lebih  kecerdasan yang meliputi Variasi yang besar melihat insan di dalamnya dan kultur, kecerdasan ilmu bahasa, kecerdasan berbakat musik, kecerdasan kecerdikan matematika, kecerdasan mengenai ruang, kecerdasan bodily-kinesthetic, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan kekerabatan antar pribadi, dan kemungkinan suatu kecerdasan penyelidikan alam.

Ia mengutip bukti untuk teori nya dari studi orang banyak wacana uraian dalam mental spesifik yang berfungsi para orang brain-damaged dan profil yang intelektual wacana populasi khusus (e.g. keajaiban dan sarjana) siapa yang mempertunjukkan pengembangan luar biasa di dalam satu area tetapi hanya minimal atau kemampuan yang berkurang area lain. Berada di sentra teori nya bahwa insan yang dengan prosedur inti tertentu yang dilengkapi dengan kekuatan seorang anak dan kebutuhan dan bawah umur menguasai isi yang lebih menantang, ketrampilan, dan konsep.

Teoritis Jean Piaget Dan Lev Vygotsky
Piaget melihat kematangan kognitif sebagai suatu rangkaian progresif dari tahap-tahap yang didefnisikan secara struktural.  Pandangannya bahwa kematangan berkembang dari perjuangan motivasi diri insan sangat sesuai dengan temuan-temuan neurobiologi terbaru dan teori-teori lain mengenai kognisi.  Dalam membuatkan konsep atau sketsa yang berguna, bawah umur mengulangi tindakan tertentu. Tindakan ini menimbulkan mereka memperoleh gosip gres yang membutuhkan fasilitas pemfungsian.

Piaget melihat rangkaian teori progresif sebagai langkah-langkah dari penggambaran  perspektif ini telah digambarkan menarik kritik yang terbesar oleh mereka yang membubarkan gagasan itu untuk pergeseran kualitatif spesifik dalam hati pada waktu tertentu di dalam rentang kehidupan, Yang mana pandangan tersebut menjadi meningkatkan perjuangan insan menjadi organisma penuh dan motivasi untuk menyesuaikan dan bisa dipertimbangkan pengalaman sehari-hari sesuai dengan neurobiological inovasi kini dan teori kini wacana pengamatan.

Di dalam membuatkan konsep bermanfaat atau berencana, bawah umur secara penuh mengulangi arti tindakan tertentu secra berulang-ulang {e.g.,meneteskan suatu obyek dari bangku yang tinggi, bersajak kata-kata atau suara  yang serasi, tertentu, mengamati bagaimana saraf tak sadar seseorang, gambar atau scribbling, mendengarkan suatu cerita, mengendarai suatu trike, menuntaskan teka-teki, atau penulisan jurnal sehari-hari).
 dan hasil test IQ yang diperoleh seseorang Perkembangan Kecerdasan/Intelektual Anak
Ini menimbulkan mereka " bertemu secara kebetulan" gosip gres yang manapun akan berasimilasi atau menghasilkan suatu kebutuhan dalam kaitan dengan fungsi sekarang. Kapan pengetahuan insan secara teori berasimilasi experiential, mereka melakukannya tanpa mencicipi kebutuhan manapun untuk menyesuaikan cara mereka memikirkan insiden atau situasi tertentu . Bagaimanapun, ada waktu lain ketika mereka menjadi " disequiltbrated," atau membuang gagasan secara teori; ini mengakibatkan mereka sudah mulai berpesan wacana situasi atau insiden yang tidak lagi sesuai dengan kenyamanan cara berpikir usang mereka wacana hal  itu.

Menurut Piaget, ada empat tahap operasi mental yang dipakai bawah umur untuk memahami insiden dan fenomena, dan ini saling dibangun secara epigenetis.  Ringkasan Hamacheck kemampuan intelektual dasar yang berafiliasi dengan setiap tahap ini. Usia yang berafiliasi dengan tahap-tahap ini ialah perkiraan, dan bawah umur terus-menerus bergerak menuju perolehan proses-proses level tinggi sementara masih memperlihatkan bukti batasan-batasan karakteristik yang diidentifikasikan dengan tahap-tahap tertentu.

Pendidik awal masa kanak-kanak bekerjasama dengan bawah umur sangat bermanfaat dalam pemahaman dan menghormati gaya karakteristik berpikir di dalam langkah-langkah tertentu sedemikian sehingga kegiatan dan tingkatan teori pengalaman tidak melebihi kemampuan anak untuk memperolehnya.

Ikhtisar wacana Langkah-Langkah Intelektual Piaget
LangkahUmurKarakteristik Dasar
1. Sensorimotor2 TahunBayi berguru bahwa mereka ialah berbeda dari object lainnya  dan berguru melalui manipulasi dan kecerdikan budi mereka. Ada suatu harapan besar lengan berkuasa dan kebutuhan untuk rangsangan
2. Berpikir Preoperational2-7 Tahun
a. Tahap Preoperational2-4 TahunHal utama periode egosentris sepanjang bawah umur ialah tidak bisa untuk melihat aneka macam hal dari segi pandangan mereka yang cenderung untuk menggolongkan jalan yang sangat sederhana (e.g., jikalau seorang bapak ialah seorang laki-laki, kemudian semua orang harus menjadi ayah).
b. Tahap intuitif
Anak-Anak pelan-pelan mulai berpikir dalam kaitan dengan kelas, menangani konsep nomor;jumlah, dan melihat kekerabatan sederhana. Anak-Anak ialah " intuitif"; itu berarti, mereka ialah bisa bagaimana menciptakan penggolongan walaupun mereka tidak benar-benar memahami mengapa atau bagaimana. Mereka kembangkan suatu kesadaran yang berangsur angsurmerupakan kekekalan massa, berat/beban, dan volume ( e.g., mereka sanggup lihat bahwa jumlah boleh tetap sama sekalipun mentransfer ke suatu kontainer ukuran berbeda).
3. Wujudkan pikiran operasional4-7 TahunAnak-Anak berkembang dalam kemampuan dengan sadar memakai dan memahami operasi logis menyerupai reversibilas dalam perhitungan, penggolongan ( menarik object ke dalam hirarki kelas), dan mengorganisir object ke dalam suatu rangkaian yang ditetapkan, menyerupai meningkatkan ukuran atau berat
4. Pikiran operasional formal11-15 TahunAnak muda lebih lanjut  mengembangkan kemampuan untuk memahami konsep absurd (e.g., kemampuan ke seriation wacana " ideal," memahami cause-effect hubungan, memikirkan masa depan dan membuatkan hipotesis 

Oleh alasannya ialah itu, mereka tidak secara otomatis mengetahui apa yang mulai diketahui bawah umur yang lebih besar dimana angka, masa, jarak, volume, dan area tetap konstan walaupun bentuknya berubah. Anak-anak dalam tahap faktual sanggup menjadi lebih reflektif mengenai operasi tersebut dan itu ialah yang diperlukan untuk melaksanakan suatu tindakan.

Lev Vygotskys konsep zone proximal pengembangan (ZPD) ialah di sini penting dalam kaitan dengan pembelajaran optimal anak-anak. Vygotsky yakin bahwa pengembangan seharusnya tidak dipandang sebagai suatu sifat yang dinamis dan secara kontinum ialah prilaku, tingkat kematangan yang berubah atau zona yang dibatasi oleh prilaku-prilaku yang sepertinya sedang berkembang dalam waktu dekat.konstan tetapi dinamis dan secara konstan mengubah rangkaian perilaku, derajat tingkat waktu menjadi matang, atau zone yang terbatas oleh sikap yang nampak bersahabat dengan membuatkan di masa mendatang.

Ia uraikan dua tingkatan yang membentuk parameter pengembangan pada manapun waktu tertentu (I) yang tingkat lebih rendah capaian menunjuk ketika capaian sanggup berdiri diatas kaki sendiri ( yaitu, apa yang anak ketahui dan sanggup segera mereka lakukan tanpa derma seseorang yang lebih banyak mengetahui menyerupai orang dewasa, suatu panutan, suatu kawan khayal, atau bawah umur lebih renta tingkatan pengembangan lebih tinggi) dan (2) suatu yang tingkatnya lebih tinggi menyerupai secara maksimal dibantu pencapaiannya, yang mana anak sanggup mencapai dengan dukungan (yaitu.tanda kunci rahasia, isyarat, pernyataan, demonstrasi, penjelasan, kegiatan praktek secara rinci tersusun, dll.).

Bantuan eksternal macam ini (Wood, 1989; Wood, Brumner& Ross, 1976; Wood& Middleton, 1975), pada awalnya diperkenalkan di Bab 4 Kamu akan mengingat bahwa orang remaja menyediakan dukungan sosial yang mengijinkan anak itu untuk bergerak maju dan melanjutkan membangun kemampuan baru. Keterlibatan orang remaja kemudian ialah dikurangi menyerupai anak berkembang dalam kemampuannya untuk menangani ketrampilan atau duduk kasus dengan bebas. Pada waktu ini, tugasnya jauh lebih menantang (yaitu suatu ZPD baru) diperkenalkan ( Gardner et al., 1996).

Sesudah itu, dengan derma dan praktek, tingkatan yang dibantu menjadi potongan dari capaian anak mandiri, dan mengedepankan waktu menjadi suatu kematangan. Pendidik efektif mengetahui bahwa konsep ZPD ini pengajarannya harus diarahkan untuk anak tingkat lebih tinggi ZPD tetapi bahwa ada yang membatasi pada banyak orang wacana seorang anak sanggup ditantang secara teori tertentu dimanapun waktunya. Kapan ketrampilan atau konsep diperkenalkan terlalu jauh di atas suatu ZPD anak, bawah umur akan " ke luar,' mulai mengabaikannya , tidak untuk menggunakan, atau memakai salah dan tidak sesuai ( Leong& Bodrova, 1995).

Di sini sangat kritis, juga, ialah Vygotsky's yakin "semua fungsi mental lebih tinggi ialah kekerabatan sosial internalized" (yaitu., bawah umur secara terus menerus bisa mempertimbangkan dan ditarik menuju pembelajaran yang lebih banyak wacana konsep, ketrampilan, dan memproses oleh alasannya ialah interaksi mereka dengan orang yang lain. Mereka berguru apa yang menarik dari pelajaran itu atau apa yang mereka rasa ketika adanya penghargaan untuk belajar..

Piaget meminta dengan tegas bahwa semua pengetahuan, meliputi kemampuan untuk memberi alasan secara logika, dibangun ketika undang-undang bawah umur dan orang-orang dan mencoba untuk bisa dipertimbangkan pengalaman mereka Zahorik (1997,30) mengakui teori ini mempertahankan appeal-that pengetahuan besar lengan berkuasa diakibatkan oleh ketidakseimbangan, muncul dari pengetahuan utama dan tumbuh melalui pengalaman dan umpan balik. Ini ialah terpenuhi ketika bawah umur memperoleh komponen dasar dari suatu pengetahuan pokok.

No comments:

Post a Comment