Monday, February 17, 2020

Menelaah Struktur Teks Deskripsi

Setiap jenis teks mempunyai struktur teks yang berbeda dan memanfaatkan bentuk-bentuk bahasa yang berbeda (misalnya, jenis verba, konjungsi, partisipan, dan kelompok kata). Struktur teks dan bentuk-bentuk bahasa itu menjadi ciri-ciri yang menandai teks-teks tersebut. Struktur teks yaitu tata organisasi teks, yaitu cara teks disusun. Sebuah teks ditata sesuai dengan jenisnya.

Teks deskripsi yaitu teks yang berisi jawaban deskriptif dan personal terhadap objek. Teks deskripsi memaparkan atau menggambarkan dengan kata-kata secara terang dan terperinci dari sudut pandang subjektif penulisnya. Hal-hal yang dideskripsikan dipilih dari sudut pandang penulis sendiri. Teks deskripsi disebut juga teks jawaban deskriptif. Struktur teks jawaban deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan.
Setiap jenis teks mempunyai struktur teks yang berbeda dan memanfaatkan bentuk Menelaah Struktur Teks Deskripsi
Identifikasi/ citra umum
Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum ihwal objek.

Deskripsi bagian
Berisi perincian bab objek tetapi diperinci berdasarkan jawaban subjektif penulis. Perincian sanggup berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya, komposisi warna, mirip apa objek yang dilihat berdasarkan kesan penulis). Perincian juga sanggup berisi perincian apa yang didengar (mendengar bunyi apa saja, mirip apa suara-suara itu/penulis membandingkan dengan apa). Perincian juga sanggup berisi apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objek.

Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian
  1. Deskripsi bab berdasarkan ruang. Berisi perincian bagian-bagian ruang objek yang dideskripsikan. Misalnya, penulis mendeskripsikan bab pintu masuk, bab tengah, bab belakang). Perincian ruang juga sanggup menyebut nama ruang-ruang dan ciri-cirinya.
  2. Deskripsi bab berdasarkan anggota bagian- bab objek Berisi perincian bagian-bagian yang dideskripsikan (pantai digambarkan bawah lautnya, bibir pantai, ombak dan pasirnya, pemandangan tumbuhan dan binatang pantai).
  3. Deskripsi bab berdasarkan proses sesuatu berlangsung.. Berisi perincian bab awal, mulai meningkat, puncak (inti), penutup. Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, puncak adegan, mulai meluruh, dan penutup.
  4. Deskripsi bab berupa pemfokusan. Berisi bab yang paling disukai dari bab yang dideskripsikan. Contoh: Bagian yang paling saya sukai dari perpustakaan ini yaitu ruang bacanya. Desain unik dengan cat cerah memperlihatkan kenyamanan yang luar biasa pada pengunjung.

Penutup
Pada bab epilog teks deskripsi berupa kesan umum mengenai bahasan yang sedang dibahas. Ciri bab final teks deskripsi ialah mewakili seluruh aspek penting yang telah dijabarkan pada teks tersebut. Simpulan dibentuk dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

Rumah Tongkonan
StrukturKaliamtKeterangan
IdentifikasiTongkonan yaitu rumah susila masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang mempunyai rumah susila ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah susila ini merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. Toraja termasyur oleh alasannya rumah adatnya yang unik dan elok ini. Oleh alasannya arsitekturnya yang menarik, Tongkonan lalu dinobatkan sebagai rumah susila Toraja. Tongkonan berada di antara pohon-pohon bambu di puncak bukit. Tongkonan terletak sekitar 12 km ke arah utara dari Rantepao. Memasuki Rantepao akan kita temui Tongkonan berjajar rapi dan indah seakan menyambut dengan ramah setiap pengunjung yang datang.nama objek,
lokasi,
gambaran
umum
objek
Deskripsi
bagian
Rumah susila yang satu ini terbuat dari kayu yang bagus dan dihias dengan apik. (1) Hiasan terdapat pada sekujur tubuh rumah dan atap rumah. (2) Ukiran di sekujur bab rumah menambah elok bangunan ini. (3) Ukiran yang menghias sekujur bangunan bermotif garis-garis lengkung yang harmonis. (4) Rumah susila yang berjenis rumah panggung ini juga terbuat dari kayu yang kokoh. (5) Bukan kayu sembarangan tentunya. (6) Jenis kayu yang dipakai untuk menciptakan Tongkonan kabarnya mempunyai kualitas juara dan hanya ditemukan di wilayah Sulawesi Selatan saja. (7) Tanpa vernis dan plitur, kayu rumah Tongkonan tetap infinit sampai ratusan tahun. (8) Suku Toraja juga menghias atap tersebut dengan tanduk kerbau. Kerbau memang perlambang kebangsawanan Suku Toraja. (9) Atap rumah Tongkonan melengkung mirip perahu, terdiri atas susunan bambu. (10) Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bab depan rumah adat. (11) Di setiap bangunan bab depan terdapat gugusan tanduk kerbau.(12)memerinci
materi kayu,
ukiran
rumah,
hiasan atap
rumah
PenutupSungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita besar hati mempunyai warisan budaya dengan nilai artistik yang tinggi dan unik. Rumah susila Tongkonan warisan budaya yang perlu kita jaga.Kesan umum
Dengan mengamati tabel tersebut berdiskusilah untuk menyimpulkan hal-hal berikut!
a. Apakah ciri bab teks yang disebut identifikasi?
  1. Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
  2. Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera.
  3. Membuat pembaca atau pandangan mencicipi sendiri atau mengalami sendiri.
  4. Menjelaskan ciri-ciri objek mirip warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.

b. Apakah ciri bab teks yang disebut deskripsi bagian?
  1. Deskripsi bab berdasarkan tabrakan rumah yaitu terbuat dari kayu yang bagus dan dihias dengan apik. (kalimat 1), hiasan terdapat pada ...(kalimat 2), tabrakan yang menghias di sekujur .. (kalimat 3)
  2. Deskripsi bab berdasarkan materi kayu yaitu rumah susila yang berjenis.. (kalimat 5), jenis kayu yang dipakai ... (kalimat 7),  tanpa vernis ...(kalimat 8)
  3. Deskripsi bab berdasarkan hiasan atap rumah yaitu suku toraja juga ...(kalimat 9),  atap rumah ...(kalimat 10), tongkonan tersebut .. (kalimat 11), di setiap bangunan ... (kalimat 12) 

c. Bagaimana ciri bab final teks deskripsi?
Ciri bab final teks deskripsi ialah mewakili seluruh aspek penting yang telah dijabarkan pada teks tersebut. Simpulan dibentuk dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

No comments:

Post a Comment