Monday, February 17, 2020

Proses Produksi Kerajinan Tekstil Teknik Tapestri

Tapestri yakni suatu karya pertenunan dari benang berwarna dan tidak berwarna (natural) yang biasa difungsikan untuk materi epilog lantai (karpet), pembungkus mebel dan untuk materi epilog dinding/hiasan dinding. Istilah tapestri berasal dari kata “tapiesseries” (bahasa Perancis) yang berarti epilog lantai, sedangkan dalam bahasa Indonesia disebut permadani.

Kegiatan menenun sudah ada semenjak 500 SM, terutama di tempat Mesopotamia dan Mesir. Selanjutnya
menyebar ke Eropa dan Asia, terutama India, Turki, dan China. Di Indonesia, banyak kekayaan tenun
menenun, dengan aneka ragam teknik dan prosesnya, serta ragam hiasnya yang beraneka ragam.Tenun yang memakai alat tenun seperti gedogan ataupun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin).

Menenun bagi orang Indonesia merupakan suatu perwujudan upacara yang dimulai dari tahapan kerja yang jelas, tata tertib yang harus dipatuhi, dan berubah menjadi menjadi suatu kebiasaan. Adat istiadat, agama, dan lingkungan telah mempengaruhi para penenun dalam mengungkapkan jiwa pada selebar kain hasil tenunan mereka. Demikian pula pada pembuatan hiasan tenun serat. Dari proses tersebut terciptalah hiasan tenun serat yang indah, menawan, dan mempunyai harmonisasi dari warna dan tekstur

A. Bahan Pembuatan Hiasan Tapestri
Bahan utama untuk menciptakan hiasan tapestri yakni benang. Benang ada yang berasal dari serat alam ataupun serat buatan (sintetis). Bahan yang dipakai untuk menciptakan hiasan tapestri sebagai berikut.
Benang tipis untuk lungsi berupa benang katun atau nyilon tipis. dan benang tebal untuk pakan berupa benang katun atau nyilon tebal.
Tapestri yakni suatu karya pertenunan dari benang berwarna dan tidak berwarna  Proses Produksi Kerajinan Tekstil Teknik Tapestri
B. Alat Pembuat Hiasan Tapestri
Dalam proses pembuatan hiasan tapestri diperlukan beberapa alat yang dipakai untuk proses pembuatan tersebut. Alat yang dipakai dalam pembuatan hiasan tapestri sebagai berikut.
Tapestri yakni suatu karya pertenunan dari benang berwarna dan tidak berwarna  Proses Produksi Kerajinan Tekstil Teknik Tapestri
  1. Kayu spanram yang diberi paku untuk benang lungsi. Spanram dipakai untuk mengaitkan benang lungsi dan jalinan pakan yang membentuk corak atau motif tenunan. Spanram sanggup dibentuk dengn materi kayu yang salah satu sisi yang berhadapan diberikan paku dengan ukuran 1 cm antar pakunya.
  2. Batang kayu. Bentuk batang kayu mirip sumpit sebagai pengikat benang pakan yang berjalan. Dalam tenun atau anyam mempunyai dua susunan benang yaitu benang lungsi yang dirakit sebagai dasar bidang tenunan atau anyaman, dan pakan sebagai pembuat warna atau motif terstruktur.
  3. Gunting. Alat gunting dipakai untuk memotong sisa benang dan bahan-bahan yang berlebih dan tidak terpakai.
  4. Sisir. Sisir dipakai untuk merapatkan benang-benang yang sudah ditenun hingga mendapat kerapatan yang baik.
C. Proses Pembuatan Tapestri
Proses pembuatan kerajinan tapestri tentunya dmulai dengan menyiapkan alat dan bhan apa saja yang dibutuhkan. Pada tahap proses pembuatan kali ini, disajikan pembuatan hiasan tenun sederhana.
  1. Pembuatan lungsi pada pemidangan tenun
  2. Memasukkan benang pakan pada lungsi.
  3. Mengganti warna pakan sesuai motif yang diinginkan.
  4. Jika ingin memakai teknik ria, caranya demikian.
  5. Hiasan tenun serat hasil jadi sehabis dilepas dari pemidangan
Tapestri yakni suatu karya pertenunan dari benang berwarna dan tidak berwarna  Proses Produksi Kerajinan Tekstil Teknik Tapestri
Sebagai benda seni tapestri sanggup dilihat berupa hiasan dinding dan sebagai benda pakai tapestri sanggup berupa korden, permadani atau karpet, dan keset. Struktur bentuk tapestri terdiri dari tenunan benang lungsi dan pakan yang dibentuk menjadi barang atau benda seni tertentu. Benang lungsi yakni jalinan benang-benang yang menghadap kearah vertikal sedangkan benang-benang pakan yakni benang yang mengarah horisontal dan menjadi bab dari benang yang membentuk bidang gambar tertentu.

Keindahan dari karya tapestri sanggup dilihat dari penggunaan unsur-unsur garis, warna dan bidang pada pola-pola gambar dan bahan-bahan pendukung lainnya mirip manik-manik dari kayu atau logam dan tebal tipisnya benang. Keindahan dan keunikan dari karya tapestri perlu juga diperhatikan faktor komposisi, proporsi, keseimbangan, irama dan kesatuan dari masing-masing bab karya tapestri.

No comments:

Post a Comment