Sunday, February 16, 2020

Bermain Alat Musik Melodis Recorder

Ada beraneka ragam jenis alat musik yang sanggup kita temukan. Namun, secara umum alat musik tersebut sanggup dikelompokkan ke dalam 3 jenis, yaitu jenis alat musik melodis, alat musik ritmis, dan alat musik harmonis. Pengelompokkan ini khususnya dilakukan menurut fungsi dari alat musik tersebut dalam suatu iringan musik. Pada goresan pena ini hanya akan dibahas mengenai alat musik melodis saja.

Alat musik melodis yaitu alat musik yang sanggup membunyikan melodi dalam sebuah lantunan lagu namun pada umumnya tidak sanggup memainkan kord sendirian. Artinya, alat musik ini sanggup menghasilkan nada atau notasi menyerupai Do, Re, Mi, ...dst yang sanggup melengkapi bunyi-bunyian yang dihasilkan dari alat musik ritmis dan harmonis. Alat musik melodis juga sanggup diartikan sebagai alat musik yang mempunyai irama atau nada. Biasanya fungsi dari alat musik melodis ini yaitu untuk mengatur nada dalam sebuah lagu atau musik.

Ada beberapa jenis alat musik melodis yang sanggup kita temukan ketika ini, mulai dari yang sifatnya tradisional maupun yang modern. Beragam jenis alat musik tersebut sanggup dikelompokkan menurut pada cara memainkannya. Berikut ini yaitu pengelompokkan alat musik melodis menurut cara memainkan alat musik melodis.
  1. Dipetik, misalnya menyerupai kecapi, mandolin, gitar, dan sasando.
  2. Ditiup, misalnya menyerupai seruling, rekorder, dan pianika.
  3. Ditekan, misalnya menyerupai akordion dan piano.
  4. Digoyang, misalnya menyerupai angklung.
  5. Digesek, misalnya menyerupai biola.
  6. Dihisap, misalnya menyerupai harmonika.

Rekorder
Alat musik ini sanggup dipakai untuk memainkan melodi lagu. Praktik alat musik melodis sanggup diartikan memainkan alat-alat musik dengan mengutamakan tinggi rendahnya nada dari melodi lagu.

Salah satu alat musik melodis yang banyak dipakai yaitu rekorder. Recorder yaitu sebuah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari tekanan dari udara yang kita tiup. Bunyi-bunyi yang dihasilkan recorder bersifat melodis. Recorder mempunyai banyak jenis, yaitu recorder Sopranino, recorder soprano, recorder alto, recorder tenor, recorder bass, dan recorder contra brass. Recorder yang umumnya kita gunakan di sekolah yaitu recorder soprano.
Ada beraneka ragam jenis alat musik yang sanggup kita temukan Bermain Alat Musik Melodis Recorder
Recorder terbagi ke dalam 3 bagian, yaitu bab kepala (head), bab tubuh (body), dan bab kaki (foot). Di bab kepala terdapat mouthpiece (tempat kita meniup) dan lubang suara. Sementara itu, di bab tubuh (body) terdapat lubang 1 s/d lubang 6 dan lubang oktaf / lubang 0 (ada di belakang recorder). Di bab kaki (foot) terdapat lubang 7 dan lubang udara.

Posisi tangan kita ketika memainkan recorder yaitu asisten di bab bawah dan tangan kiri di bab atas recorder. Nada-nada akan dihasilkan apabila kau menutup lubang-lubang yag ada pada recorder. Sebelumnya Kita perlu tahu dulu di mana letak jari pada tiap-tiap nada (teknik fingering) Hal pertama yang harus kau siapkan yaitu alat musik recorder. Kemudian, ikuti petunjuk berikut.
  1. Letakkan jari pada lubang recorder.
  2. Pastikan lubang tertutup rapat, lalu tiuplah recorder perlahan-lahan. Tiupan harus rata. Jika tiupannya terdengar melengking berarti lubang recorder belum tertutup rapat.
  3. Setelah kau berhasil meniup recorder dengan bunyi yang rata, lakukan aktivitas berikut.
Ada beraneka ragam jenis alat musik yang sanggup kita temukan Bermain Alat Musik Melodis Recorder

Tangan kiri
Ibu jari menutup lobang oktaf, jari telunjuk menutup lubang 1, jari tengah menutup lubang 2, dan jari cantik menutup lubang 3.

Tangan kanan
Jari telunjuk menutup lubang 4, jari tengah menutup lubang 5, jari cantik menutup lobang 6, dan jari kelingking menutup lubang 7.

Nah, kini mari kita praktikkan nada dengan posisi jari menyerupai di atas.
Do/ 1 : tutup semua lubang pada recorder dengan sempurna
Re/ 2 : buka lubang 7
Mi/3 : buka lubang 6 dan 7
Fa/ 4 : buka lubang 5, 6, dan 7
Sol/ 5 : buka lubang 4,5,6, dan 7
La/ 6 : buka lubang 3,4,5,6, dan 7
Si/ 7 : buka lubang 2,3,4,5,6, dan 7
Do tinggi /i : tutup hanya pada lubang 2 dan lubang oktaf/ lubang 0 (pada belakang recorder)

Tangga nada merupakan kunci sebuah lagu. Dalam sebuah lagu kita sering melihat tanda Do=C. Tanda tersebut mem punyai makna bahwa tangga nada yang dipakai lagu itu yaitu C mayor. Sekarang, coba praktikkan sebuah melodi meng gunakan alat musik recorder.

Kamu sudah sanggup memainkan alat musik recorder. Sekarang, kita lanjutkan dengan menyiapkan permainan alat musik recorder untuk menyanyikan suatu lagu. Ada beberapa hal yang harus kau persiapkan dalam praktik bermain recorder.
  1. Memilih lagu sesuai dengan jangkauan nada yang dimiliki recorder.
  2. Menguasai nada dasar yang ada pada lagu yang dipilih.
  3. Mengetahui posisi jari terhadap nada-nada yang ada pada lagu.

No comments:

Post a Comment