Sunday, February 16, 2020

Persiapan Peragaan Karya Tari

Seni tari merupakan salah satu cabang seni pertunjukan. Salah satu tujuan diciptakannya seni tari yaitu untuk dipertunjukkan di depan orang. Sebelum diadakan pertunjukkan tari perlu melaksanakan persiapan pertunjukkan. Persiapan yang dilakukan dimulai dari penentuan inspirasi hingga risikonya karya itu siap dipertunjukkan di atas panggung. Persiapan pertunjukkan ini sangat penting alasannya yaitu menunjang jalannya pertunjukkan.

Dalam memperagakan sebuah karya tari di depan orang lain dibutuhkan beberapa persiapan. Persiapan itu mencakup bentuk tari dan unsur-unsur pendukung karya tari. Dalam bentuk tari terdapat gerak sebagai media utama, sedangkan unsur-unsur pendukung karya tari yaitu busana, tata rias, properti, dan iringan.

A. Persiapan Peragaan Karya Tari
Pertunjukan karya tari seni tari perlu persiapan. Persiapan itu intinya bertujuan semoga karya tari benar-benar pantas ditampilkan di depan penonton. Selain itu, pertunjukan dibutuhkan berhasil dengan baik. Jika pertunjukan berhasil dengan baik, tentu penonton tidak akan kecewa dan koreografer pun akan merasa puas dengan karyanya. Berikut ini beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk pertunjukkan karya tari.
No.Hal-hal Yang DiperhatikanKeterangan
1Bentuk TariBerdasarkan bentuk penyajiannya, ada tiga macam karya tari, yaitu tari tunggal, tari berpasangan, dan tari kelompok. Agar pertunjukkan karya tari lebih bervariatif dan meriah, akan lebih baik kalau ketiga bentuk karya tari tersebut ditampilkan.

Tari Golek merupakan bentuk tari tunggal, alasannya yaitu itu dibutuhkan satu orang untuk memperagakan. Namun tidak menutup kemungkinan diperagakan oleh dua, tiga, atau empat penari.
2Gerak TariDalam tari Golek ada gerak murni dan maknawi dengan banyak sekali tingkatan, di antaranya gerak sembahan sila, gerak muryani busana, dan gerak trisik.
3Busana TariBusana yang perlu dipersiapkan mencakup kain, baju, setagen, sampur, jamang,sinyong, slepe, dan aksesoris berupa gelang, kalung, subang, dan cunduk mentul.
4Tata RiasAlat rias yang dipakai untuk merias penari terdiri dari puff bedak, kuas bedak, kuas pemerah pipi, kuas eye shadow, kuas pewarna bibir, sisir dan kuas alis, sisir bulu mata, cermin.

Alat rias yang dipakai untuk merias penari terdiri dari pembersih, penyegar, ganjal bedak, bedak tabur, bedak padat, eye shadow, pensil alis, eye liner, maskara, perona pipi, lipstick, dan bulu mata palsu.

Alat untuk menata rambut dan busana penari Golek yaitu sisir biasa, cermin, jepit rambut besar, jepit rambut kecil, dan harnet bulat.
5Properti/alatAlat yang dipakai untuk melaksanakan gerak tari golek yaitu kipas.
6IringanIringan tari Golek memakai alat musik gamelan jawa yang dimainkan secara pribadi atau dengan memutar kaset rekaman melalui tape recorder.

Lihatlah pertunjukan tari kawasan lain, baik secara pribadi maupun melalui rekaman video. Perhatikan unsur-unsur tari tersebut. Tuliskan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mempertunjukkan karya tari tersebut.
Seni tari merupakan salah satu cabang seni pertunjukan Persiapan Peragaan Karya Tari
B. Memilih Iringan Tari
Iringan atau musik merupakan unsur tari yang tidak sanggup ditinggalkan. Dalam tari, iringan memiliki peranan yang sangat penting. Selain mengiringi karya tari, iringan juga sanggup membangun suasana. Beberapa fungsi iringan tari antara lain sebagai berikut.
  1. Sebagai iringan penyajian tari
  2. Member irama dan aksen-aksen  atau membantu mengatur waktu
  3. Menambah semarak, semangat dan dinamisnya sebuah tarian
  4. Memberi ilustrasi atau citra suasana
  5. Mengatur dan member tanda efektif gerak tari
  6. Pengendali dan pemberi tanda perubahan bentuk gerakan
  7. Sebagai rangsangan bagi penari
  8. Mendukung jalannya pertunjukkan
  9. Penuntun dan pemberi tanda awal dan final dari tarian
  10. Membantu mempertegas lisan gerak
  11. Menunjang penampilan tari

Iringan tari sanggup memakai banyak sekali alat musik. Ada yang berupa alat musik tradisional, alat musik modern, maupun perpaduan keduanya. Permainan alat musik diadaptasi dengan aksara dan gerak tarinya. Namun, juga tidak menutup kemungkinan kalau gerak tari menyesuaikan dengan musiknya. Perhatikan referensi gerak tari dengan permainan alat musik yang telah dipilih.
Seni tari merupakan salah satu cabang seni pertunjukan Persiapan Peragaan Karya Tari
Namun demikian, banyak karya tari nusantara yang diiringi dengan banyak sekali perpaduan alat musik. Karya tari di atas diiringi dengan banyak sekali alat musik. Baik alat musik tradisional menyerupai kendang maupun alat musik modern menyerupai organ. Cara membunyikan perpaduan alat musik tersebut telah diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan suara atau iringan yang sesuai dengan karya tari.

No comments:

Post a Comment