Wednesday, March 25, 2020

Membuat Link Ke Bab Dokumen Tertentu

Link sanggup berperan untuk mengarahkan ke belahan teks atau gambar tertentu yang masih berada dalam satu dokumen yang sama. Link menyerupai ini biasanya pada halaman web yang mempunyai informasi yang panjang atau pada dokumen yang mempunyai daftar isi di belahan atasnya. Tujuannya yakni semoga para pengunjung tidak perlu melaksanakan scrolling pada halaman tersebut untuk menuju/kembali tertentu dalam dokumen bersangkutan.

Dapat juga menciptakan link internal dalam suatu halaman - contohnya daftar isi di atas dengan link ke setiap belahan . Hal yang perlu dipakai yakni atribut yang disebut id (identifikasi) dan simbol “#”. Gunakan atribut id untuk menandai elemen yang ingin ditautkan/link. Sebagai contoh:
<h1 id="heading1">heading 1</h1>

Sekarang kita sanggup menciptakan link ke elemen dengan memakai ”#” di atribut link. Tanda “#” harus diikuti dengan id dari tag yang ingin ditautkan/link. Sebagai contoh:
<a href="#heading1"> Menuju ke heading 1</a>

Berikut ini pola jika ada beberapa link internal
<html>
<head> </head>
<body>
<a href="#heading1">Link ke heading 1</a>
<a href="#heading2">Link ke heading 2</a>
<h1 id="heading1">heading 1</h1>
<h1 id="heading2">heading 2</h1>
</body>
</html>
 Link sanggup berperan untuk mengarahkan ke belahan teks atau gambar tertentu yang masih bera Membuat Link ke Bagian Dokumen Tertentu
Link ke belahan dokumen tertentu sanggup di bedakan lagi menjadi dua jenis, yaitu : Link ke belahan tertentu dalam dokumen yang sama dan Link ke belahan tertentu dalam dokumen lain
  1. Link ke Bagian Tertentu dalam Dokumen yang sama. Untuk menciptakan link semacam ini, terlebih dahulu kita perlu memperlihatkan id atau nama pada belahan teks atau gambar tertentu sebagai belahan yang akan dituju. Pemberian id tersebut dilakukan dengan cara menuliskan aba-aba berikut : <a id=”tujuanLink”>Teks atau gambar</a>
  2. Selanjutnya untuk menciptakan link yang akan mengarah ke teks atau gambar yang telah di namai tersebut yakni dengan menuliskan aba-aba menyerupai berikut : <a href=”#Tujuanlink”>Teks atau gambar</a> Tanda # di atas menerangkan bahwa tujuan link yakni nama bagian, bukan berupa file.
  3. Link ke Bagian Tertentu Dalam Dokumen Lain. Selain belahan yang berada dalam satu dokumen, link sanggup juga mengarah ke sesuatu belahan tertentu yang terdapat dalam dokumen lain. Untuk menciptakan link semacam ini, belahan tertentu dalam dokumen lain tersebut harus di tantai dengan pemberian id menyerupai pada sub-bab sebelumnya. Perbedaan hanya terletak pada penulisan tujuan link-nya saja. Pada perkara menyerupai ini, kita perlu menambahkan id belahan pada tujuan link, menyerupai berikut: <a href=”namafile#idBagian”>Teks atau gambar</a>.

Contoh Link dalam Satu Dokumen :
<html>
<head>
<title>link>/title>
</head>
<body>
<h2>Latihan menciptakan ke belahan tertentu dalam satu dokumen</h2>
<a id= “atas”></a>
<p> pilih salah satu judul buku berikut untuk melihat deskripsi : </p>
<a href=”#c”> pemrograman C</a><br />
<a href=”#cpp”> pemrograman C++</a><br />
<a href=”#bcb”> pemrogaraman Borland C++Builder</a></p>
<p><a id=”c”><strong>pemrograman C</strong> </a></p>

<p>C merupakan bahasa pemrograman yang sudah tidak dipakai lagi kehandalannya dan banyak dipakai untuk menciptakan program-progarm dalam aneka macam bidang, termasuk pembuatan kompilator (compiler) dan sistem operasi. Sampai dikala ini, C masih tetap menjadi bahasa terkenal dan berwibawa dalam kancah pemrograman. Sejauh ini, C juga telah menjadi ilham bagi kelahiran bahasa-bahasa pemrograman baru, menyerupai C++, java, dan juga yang lainnya ; sehingga dari sisi sintak kontrol programnya, ketika bahasa ini sanggup dikatakan sama. Bahasa pemrograman C sangatlah fleksibel dan portabel, sehingga sanggup di tempatkan dan di jalankan di dalam bermacam-macam sistem operasi. Pada umumnya, C banyak dipakai untuk melaksanakan interfacing antar perangkat keras (hardwere) semoga sanggup berkomunikasi satu sama lainnya. <br />
<p><a id=”cpp”><strong>pemrograman C++</strong></a</p>

<p>C++ merupakan bahasa pemrograman yang sangat terkenal dan telah banyak dipakai untuk menyebarkan perangkat lunak di aneka macam bidang; menyerupai : telekomunikasi, embedded system, bisnis, dan hiburan. Salah satu kehandalan dari C++ yakni bahasa ini mendukung sepenuhnya konsep pemrograman berorientasi objek, atau yang lebih di kenal dengan OPP (object oriented programming). (cross platform), C++ juga telah manjadi belahan hidup dari sebagian para pecinta linux.<br />
<p><a id=”bcb”><strong>pemrograman borland C++builder</strong></a></p>

<p>C++builder yakni sebuah perangkat lunak berbasis C++ yang dipakai untuk melaksanakan pembuatan aplikasi (baik visual maupun non-visual) yang berjalan di atas platform microsoft windows. Selain itu, C++builder juga banyak di gunakan sebagai alat untuk pengembangan file-file DLL (Dynamic Link Library ). Dengan adanya fasilitas dan pertolongan visual yang di tawarkan di dalamnya, C++builder banyak di gunakan oleh para programmer profesional untuk pengembangan aplikasi yang beraneka ragam jenisnya, menyerupai : openGL, multimedia, games, database, embedded system, dan banyak lagi yang lainnya.<br />
<a href=”#atas”>kembali ke atas</a></p >
</body>
</html>

Hasilnya yakni sebagai berikut.

Latihan menciptakan ke belahan tertentu dalam satu dokumen


Pilih salah satu judul buku berikut untuk melihat deskripsi :
Pemrograman C
Pemrograman C++
Pemrogaraman Borland C++Builder

Pemrograman C
C merupakan bahasa pemrograman yang sudah tidak dipakai lagi kehandalannya dan banyak dipakai untuk menciptakan program-progarm dalam aneka macam bidang, termasuk pembuatan kompilator (compiler) dan sistem operasi. Sampai dikala ini, C masih tetap menjadi bahasa terkenal dan berwibawa dalam kancah pemrograman. Sejauh ini, C juga telah menjadi ilham bagi kelahiran bahasa-bahasa pemrograman baru, menyerupai C++, java, dan juga yang lainnya ; sehingga dari sisi sintak kontrol programnya, ketika bahasa ini sanggup dikatakan sama. Bahasa pemrograman C sangatlah fleksibel dan portabel, sehingga sanggup di tempatkan dan di jalankan di dalam bermacam-macam sistem operasi. Pada umum nya, C banyak dipakai untuk melaksanakan interfacing antar perangkat keras (hardwere) semoga sanggup berkomunikasi satu sama lainnya.

Pemrograman C++
C++ merupakan bahasa pemrograman yang sangat terkenal dan telah banyak dipakai untuk menyebarkan perangkat lunak di aneka macam bidang; menyerupai : telekomunikasi, embedded system, bisnis, dan hiburan. Salah satu kehandalan dari C++ yakni bahasa ini mendukung sepenuhnya konsep pemrograman berorientasi objek, atau yang lebih di kenal dengan OPP (object oriented programming). (cross platform), C++ juga telah manjadi belahan hidup dari sebagian para pecinta linux.

Pemrograman Borland C++builder
C++builder yakni sebuah perangkat lunak berbasis C++ yang dipakai untuk melaksanakan pembuatan aplikasi (baik visual maupun non-visual) yang berjalan di atas platform microsoft windows. Selain itu, C++builder juga banyak di gunakan sebagai alat untuk pengembangan file-file DLL (Dynamic Link Library ). Dengan adanya fasilitas  dan pertolongan visual yang di tawarkan di dalamnya, C++builder banyak di gunakan oleh para programmer profesional untuk pengembangan aplikasi yang beraneka ragam jenisnya, menyerupai : openGL, multimedia, games, database, embedded system, dan banyak lagi yang lainnya.
Kembali ke Atas

Kesimpulannya yakni Link sanggup dibentuk ke belahan teks atau gambar tertentu yang masih berada dalam satu dokumen yang sama. Link menyerupai ini biasanya pada halaman web yang mempunyai informasi yang panjang atau pada dokumen yang mempunyai daftar isi di belahan atasnya.

No comments:

Post a Comment