Thursday, March 26, 2020

Macam Macam Alat Jahit Utama

Alat jahit ialah alat-alat yang digunakan untuk keperluan menjahit, baik untuk menciptakan busana, lenan rumah tangga atau benda lain yang dibentuk dengan cara dijahit, baik jahit tangan maupun dengan pemberian mesin. Secara umum alat jahit dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu alat jahit pokok dan alat jahit penunjang.

Alat jahit pokok, ialah alat jahit yang sangat penting, wajib/pokok yang harus ada sebab sangat diharapkan dalam kegiatan/pekerjaan menjahit. Sedangkan alat jahit penunjang, ialah alat jahit yang digunakan untuk membantu/menunjang alat jahit pokok (berbagai mesin jahit) dalam menuntaskan banyak sekali macam jahitan.

A. Mesin Mahit Manual.
Mesin jahit manual yaitu mesin jahit yang berfungsi hanya untuk menjahit setikan lurus. Macam-macam mesin jahit lurus yang sanggup kita jumpai antara lain, mesin manual, yaitu mesin jahit ahit
yang digerakkan/dioperasikan tanpa listrik, contohnya:
  1. Mesin jahit tangan yang memakai engkol tangan yang diputar oleh tangan untuk mengoperasikannya.
  2. Mesin jahit kaki yang digerakkan oleh kaki dengan menginjak/menekan injakan kaki mesin ke depan dan kebelakang. Mesin ini sudah jarang kita jumpai, sebab dalam perkembangannya, kepingan mesinnya dipasang dynamo listrik sebagai motor penggagas dalam mengoperasikan mesin, sehingga lebih efektif dan efisien waktu.
alat yang digunakan untuk keperluan menjahit Macam Macam Alat Jahit Utama
Dalam perkembangan selanjutnya mesin manual/mesin konvensional tidak lagi diengkol atau di gerakkan oleh kaki, tetapi digerakkan oleh tenaga listrik, yaitu dengan dipasangnya motor penggerak/dynamo dengan pedal yang berfungsi menggerakkan mesin jahit manual kalau pedal tersebut kita tekan dengan pijakan kaki.

B. Mesin Jahit Semi Otomatis
Mesin jahit semi otomatis ialah mesin jahit yang sanggup menghasilkan setikan lurus dan setikan hias dengan memakai alat cam. Pada ketika ini, mesin jahit semi otomatis tersebut sudah banyak dibentuk dengan banyak sekali macam merk. Mesin jahit semi otomatis biasanya mempunyai kemudahan pola jahitan dalam jumlah yang banyak, serta sanggup dipergunakan untuk menjahit semi obras, bordir, menciptakan lubang kancing, dan pasang kancing. Bantuk mesin jahit semi otomatis ini ada yang portable dan tidak.

Selain berfungsi untuk setikkan lurus sanggup digunakan untuk setikkan hias dengan memakai cam (pola hias), lubang kancing, pasang kancing, dan sebagainya tergantung tipe mesin. Cara Kerja mesin semi otomatis ialah dengan menginjakkan kaki ke injakkan kaki yang memakai motor listrik. Pembuatan banyak sekali macam setikkan hiasan memerlukan peralatan (cam) lain yang sesuai dengan motif, camnya harus diganti kalau ingin menciptakan hiasan yang berbeda sesuai motif.

C. Mesin Jahit Otomatis
Jenis mesin jahit yang dilengkapi sistem komputerisasi dan layar monitor. Pengguna bisa mengatur sistem yang diinginkan melalui tombol-tombol yang tersedia. Mesin jahit Otomatis bisa memotong benang dengan sendirinya, mengunci jahitan diawal dan diakhir jahitan, mengatur pada langkah keberapa jahitan akan berhenti dan masih banyak fitur-fitur lainnya. Pada awal penggunaan, anda akan merasa kaku dan sering salah dalam pengoperasian tetapi sehabis terbiasa akan terasa lebih gampang dan melaksanakan pekerjaan akan terasa jauh lebih cepat.

Baca Juga : Alat Alat Jahit Penunjang

Selain untuk setikkan lurus sanggup digunakan untuk setikkan hias dengan tombol-tombol hias, sanggup pula menciptakan lubang kancing, pasang kancing, dan sebagainya tergantung tipe mesin. Dengan menekan tomboh hiasan yang kita kehendaki, dengan memakai motor listrik. Pembuatan banyak sekali macam setikkan hiasan sanggup kita lakukan.
alat yang digunakan untuk keperluan menjahit Macam Macam Alat Jahit Utama
D. Mesin Jahit High Speed
Mesin jahit dengan kecepatan tinggi dan biasanya digunakan di konveksi-konveksi dan garment. Sangat cocok untuk menjahit materi jeans, kapas dan serat kimia dengan , hasil rajutan. mesin jahit jenis ini dilengkapi dengan pasokan minyak otomatis dan hasil jahitannya pun sangat stabil dan indah. Mengoperasikannya cukup gampang dan melaksanakan pekerjaan bisa lebih cepat sebab dilengkapi dengan motor listerik berkecepatan tinggi.

Mesin jahit lurus untuk menjahit pakaian dengan kecepatan tinggi yang biasa digunakan pada industri pakaian jadi dan diproduksi dalam jumlah besar. Menggunakan pedoman listrik besar digunakan dengan menginjak kaki mesin dan secara otomatis akan berkerja dengan kecepatan tinggi.

E. Mesin Jahit Khusus
Mesin jahit khusus ialah mesin jahit yang khusus untuk kepingan penyelesaian menyerupai mesin neci, obras, kelim mesin pasang kancing, mesin lubang kancing dan sebagainya. Beberapa mesin jahit khusus antara lain.
alat yang digunakan untuk keperluan menjahit Macam Macam Alat Jahit Utama
  1. Mesin neci dan mesin obras untuk menuntaskan suatu jahitan pada bagi tertentu yaitu penyelesaian tiras busana.
  2. Mesin kelim, untuk menciptakan keliman pada jahitan blus, rok, celana dan lainnya.
  3. Mesin pasang kancing, untuk memasang kancing, baik untuk pakaian kemeja, jeans, blus dan lainnya.
  4. Mesin lubang kancing, untuk menciptakan lubang kancing untuk kemeja blus, celana dan pakaian lain yang memerlukannya.

No comments:

Post a Comment