Wednesday, March 25, 2020

Macam Macam Penyelesaian Tepi Jahitan

Salah satu cara untuk menuntaskan lenan rumah tangga atau jahitan pakaian dengan menuntaskan tepi kain/kampuh dengan cara menjahit kan sepotong kain sepanjang tanda jahitan. Kain yang digunakan sanggup sesuai dengan warna utama atau pun yang berwarna kontras untuk memberi kesan lebih dekoratif.

Penyelesaian tepi kain memakai kain serong dengan ukuran yang sama pada bab atas dan bawah disebut juga dengan rompok. Penyelesaian tepi kain memakai pelapis sama bentuk dan diselesaikan pada bab jelek kain disebut depun. Penyelesaian tepi kain memakai pelapis sama bentuk dan diselesaikan pada bab baik kain disebut serip.

1. Rompok
Rompok yaitu penyelesain pinggir pakaian dengan memakai kumai serong atau bisban. Rompok sering digunakan untuk menuntaskan lingkar kerung lengan, garis leher dan sebagainya.  Ada dua hasil dalam menuntaskan tepi dengan teknik rompok yaitu berbentuk pipih dan membulat memakai pengisi berupa tali kord atau kampuh itu sendiri. Hasil rompok dengan memakai pengisi akan memberi kesan lebih dekoratif.

Kegunaan rompok selain untuk penyelesaian pinggiran pakaian, juga digunakan sebagai variasi atau hiasan pakaian yang biasa digunakan pada bab leher, kerung lengan, manset, ujung lengan, garis princes, garis empire atau di sekitar kerah. Bahan yang digunakan untuk penyelesaian ini sanggup memakai kumai serong berwarna, bercorak atau sewarna dengan materi utama.
 Salah satu cara untuk menuntaskan lenan rumah tangga atau jahitan pakaian dengan menyel Macam Macam Penyelesaian Tepi Jahitan
Langkah Kerja Pembuatan Rompok
  1. Siapkan materi dan licinkan permukaan materi dengan memakai seterika.
  2. Gunting materi sesuai lebar 10 cm dan panjang 20 cm 1 lembar.
  3. Letakkan kain serong pada tepi kain yang akan diselesaikan dengan rompok dengan bab baik saling berhadapan.
  4. Jahit selebar 0.5 cm dari tepi kain.
  5. Lipat kain serong selebar 0.5 cm ke bab jelek kain.
  6. Lipat kembali sisa lebar kain dan masukkan diantara kampuh yang sudah dijahit pertama.
  7. Rompok sanggup diselesaikan dengan tusuk-tusuk kelim dari bab dalam menempel pada setikan pertama.
  8. Rompok sanggup pula diselesaikan dengan dijahit mesin dari luar, sempurna pada setikan pertama.
  9. Setelah rompok tamat dikerjakan, kemudian diseterika biar rapih.

Penyelesaian rompok selain memakai cara di atas sanggup pula dilakukan dengan memakai attachmen pada mesin jahit. Berikut di atas yaitu macam attachmen rompok.

Attachmen untuk Industri Mesin jahit.
Alat ini sanggup menciptakan penyelesaian tepi bab atas dan bawah. Alat dilengkapi dengan bab yang digunakan untuk menyisipkan kain serong yang akan dijahitkan sepanjang tepi materi atau pakaian. Ada banyak ukuran penyelesaian rompok ini tergantung pada kebutuhan lebar rompok yang diperlukan. Ada beberapa ukuran yang sanggup di temui di toko mesin jahit antara lain yaitu:
  • Pita ukuran 3 /8 " tamat hingga 3 /16"
  • Pita ukuran 1/2 " tamat untuk 1/4 "
  • Pita ukuran 5 /8 " tamat untuk 5/16 "
  • Pita ukuran 3 /4 " tamat hingga 3/8 "
  • Pita ukuran 7 /8 " tamat untuk 7/16 "
  • Pita ukuran 1 " tamat untuk 1/2 "
  • Ukuran 1-1/8 Pita " tamat untuk 9/16 "
  • Ukuran 1-1/4 Pita " tamat untuk 5/8 "
  • Ukuran 1-1/2 Pita " tamat hingga 3 /4"
  • Ukuran 1-3/4 Pita " tamat untuk 7/8 "
  • Ukuran pita 2 " tamat untuk 1 "

2. Depun
Depun yaitu penyelesaian tepi dengan memakai kain serong atau lapisan berdasarkan bentuk. Lapisan ini hanya terlihat pada bab jelek kain. Bila bentuk yang akan diselesaikan berbentuk bundar maka lapisannya pun berbentuk bulat. Demikian juga apabila berbentuk segi tiga atau kotak. Lapisan serong kain digunakan biar sanggup membentuk sesuai mengikuti bentuk lengkungan. Lapisan ini sering digunakan untuk menuntaskan kerung leher pada pakaian anak atau pun blus yang memakai kerah. Disarankan lebar kain serong tamat sekitar 1/2 inci.

Langkah Kerja Pembuatan Depun
  1. Siapkan materi dan licinkan permukaan materi dengan memakai seterika.
  2. Gunting materi sesuai contoh sebanyak 1 lembar
  3. Letakkan kain lapisan di atas materi utama dengan bab baik saling berhadapan
  4. Jahit selebar 0.5 cm dari tepi kain.
  5. Gores kampuh biar menjadi pipih.
  6. Balik lapisan ke arah jelek kain.
  7. Setik tepi pada pinggir sambungan selebar 1 mm dari sambungan jahitan (untuk memipihkan kampuh).
  8. Selesaikan tepi kain lapisan dengan di obras.
  9. Depun sanggup diselesaikan dengan tusuk-tusuk kelim dari bab dalam.
  10. Depun sanggup pula diselesaikan dengan dijahit mesin dari luar, sejajar dengan bentuk pola.
  11. Setelah depun tamat dikerjakan, kemudian diseterika biar rapih.
 Salah satu cara untuk menuntaskan lenan rumah tangga atau jahitan pakaian dengan menyel Macam Macam Penyelesaian Tepi Jahitan
3. Serip.
Serip yaitu penyelesaian tepi dengan memakai lapisan berdasarkan bentuk. Disamping berfungsi sebagai penyelesaian tepi, serip juga berfungsi untuk hiasan. Bahan lapisan yang digunakan sanggup sama warna, corak, materi ataupun kontras dengan materi utama. Lapisan ini terlihat pada bab baik kain. Contoh digunakan pada selimut, garis leher pakaian anak, garis leher pakaian wanita, kerung lengan, ujung lengan, ataupun pinggir/bawah rok.

Untuk penyelesaian dengan kain serong, potong kain serong dua kali lebar tamat yang diinginkan ditambah dua kali lebar kampuh. Sementara untuk lapisan sama bentuk, potong kain lapisan berdasarkan bentuk sesuai lebar yang dibutuhkan ditambah dua kali lebar kampuh namun sanggup pula ditambah hanya satu kali lebar kampuh apabila tepi kampuh diselesaikan dengan di obras untuk penyelesaian depun. Hasil jadi penyelesaian dengan lapisan berdasarkan bentuk disarankan 3 hingga 5 cm.
 Salah satu cara untuk menuntaskan lenan rumah tangga atau jahitan pakaian dengan menyel Macam Macam Penyelesaian Tepi Jahitan
Penyelesaian tepi dengan memakai kain serong dengan cara melipat lebar kain serong menjadi dua memanjang dengan sisi jelek saling berhadapan kemudian dijahitkan pada bab tepi yang akan diselesaikan. Untuk mempermudah pekerjaan, seterika dengan setrika uap kain serong untuk membentuk lipatan sama lebar.

Sementara itu penyelesaian dengan memakai lapisan yang sama bentuk, terlebih dahulu lapisan sama bentuk diberi pelapis/vliselin kemudian dijahitkan pada bab tepi yang akan diselesaikan. Untuk mengurangi ketebalan, kampuh perlu ditipiskan.

Langkah Kerja Membuat Serip
  1. Siapkan materi dan licinkan permukaan materi dengan memakai seterika.
  2. Gunting materi sesuai contoh sebanyak 1 lembar.
  3. Letakkan kain lapisan di atas materi utama dengan bab jelek saling berhadapan.
  4. Jahit selebar 0.5 cm dari tepi kain.
  5. Gores kampuh biar menjadi pipih.
  6. Balik lapisan ke arah baik kain.
  7. Setik tepi pada pinggir sambungan selebar 1 mm dari sambungan jahitan (untuk memipihkan kampuh).
  8. Lipat tepi kain lapisan selebar 1 cm mengikuti bentuk.
  9. Selesaikan tepi kain lapisan dengan di jahit mesin dari bab atas.
  10. Setelah serip tamat dikerjakan, kemudian diseterika biar rapih.

No comments:

Post a Comment