Thursday, March 26, 2020

Gantungan Kunci Dari Perca Kain

Limbah telah menjadi masalah penting di negeri kita, untuk membuat negeri yang higienis dan sehat, tentunya harus kita mulai dengan cara hidup higienis dan sehat pula. Kesadaran ini juga harus dilakukan oleh semua pihak, terutama jangan lagi ada pabrik-pabrik yang membuang limbah di sungai. Selain merugikan bagi kesehatan, limbah yang di buang di sungai juga sanggup membawa imbas yang lain, contohnya saja biota sungai menyerupai ikan, plankton dan tanaman air akan mati.

Industri tekstil tidak banyak menghasilkan banyak limbah padat. Perca kain berupa potongan-potongan kain-kain yang tidak terpakai. Alternatif pemanfaatan sisa kain ialah sanggup digunakan sebagai materi pembuat aneka kerajinan, seperti: keset, alas jarum, hiasan dinding, aneka asesoris seperti: bros, tas kain, dompet, sanggup juga digunakan sebagai isi bantal dan boneka sebagai pengganti dakron, dan lain-lain materi kerajinan.

Perca kain ialah kain sisa hasil produksi/jahitan yang merupakan bab dari limbah tekstil. Kain-kain sisa guntingan yang sudah tidak utuh lagi tersebut biasa kita sebut dengan perca kain. Dengan kreatifitas yang tinggi kain-kain kecil tersebut sanggup dibuat banyak sekali kerajinan, perhiasan yang memiliki nilai jual yang tinggi. Berikut ini salah satu tumpuan produk kerajinan dari perca kain.
No.StrukturKeterangan
1.BahanPerca kain, Dacron, Benang sulam, Kancing hias, Pola (karton), dan  Ring kunci
 Limbah telah menjadi masalah penting di negeri kita Gantungan Kunci Dari Perca Kain
2.AlatJarum tangan (besar dan kecil), alat pembantu memasukkkan benang (mata nenek), benang jahit, gunting kain, gunting kertas, gunting benang dan pendedel.
 Limbah telah menjadi masalah penting di negeri kita Gantungan Kunci Dari Perca Kain
3.Langkah-Langkah
a.PersiapanSiapkan pola dari karton, bentuklah lingkaran dengan garis tengah 10 cm, 4,5 cm dan 2 cm.
 Limbah telah menjadi masalah penting di negeri kita Gantungan Kunci Dari Perca Kain
Gunting, kain/perca kain yang telah disiapkan sesuai pola karton, dengan ukuran garis tengah 10 cm, 4,5 cm untuk kain dan 2 cm untuk karton.
Masukkan benang 1 helai pada jarum tangan kecil, kemudian buhul
b..Pembuatan
  1. Jelujur sekeliling kain sesuai pola (garis tengah 10 cm), dari tepi + 0,5 cm, kemudian kerut.
  2. Masukkan dacron hingga penuh, sambil diratakan dan kerut pelan-pelan, sehabis padat dan rata kemudian kerut/tarik berpengaruh hingga rapat, kemudian matikan benangnya.
  3. Bagian tengah ditekan-tekan, dimasukkan ke dalam.
  4. Siapkan benang sulam 4 helai dan buhul, tusukkan dibagian tengah menembus kebagian lain, kemudian tarik kuat, tusuk kembali menuju pusat/tengah, hingga bulatan yang terbentuk terbagi ke dalam 5 atau 6 dan seterusnya membagi rata bulatan yang telah terbentuk, perhatikan ketebalan benangnya, jika kurang tebal, ulangilah sekali lagi pada masing-masing bab hingga terbentuklah menyerupai buah labu kuning kecil.
  5. Pasangkan kancing hias kecil (mata 2 atau 4) dibagian tengah. Untuk menutupi bab bawah yang masih terbuka (belum rapi), siapkanlah pola kain kecil dan buat tusuk jelujur mengelilingi pola dan letakkan karton bundar kecil di bab tengahnya, tarik berpengaruh dan matikan benangnya, hingga membentuk menyerupai kancing bungkus.
  6. Tempelkan kancing karton bungkus tersebut ke bab tengah dengah tusuk-tusuk kecil mengelilingi bab kancing bungkus tersebut, hingga terlihat rapi.
  7. Ambil ring kunci, lekatkan dengan jahitan tusuk balut ke salah satu bab buah labu kuning kecil yag final kita buat.
  8. Gantungan kunci labu siap dipakai/digunakan
 Limbah telah menjadi masalah penting di negeri kita Gantungan Kunci Dari Perca Kain

No comments:

Post a Comment