Peripheral komputer yaitu banyak sekali komponen yang terhubung ke CPU (Central Processing Unit) yang berfungsi sebagai perangkat Input dan Output data kedalam dan keluar CPU yang selanjutnya diproses oleh sistem komputer untuk mengolah data Input yang di-Input oleh periferal Input ibarat Mouse, Keyboard, Scaner, Recording Device, WebCam.
Data input ini sanggup berupa data Dokumen, Suara, Gambar, Gerakan dan Video. Selanjutnya data yang telah dimasukan kedalam komputer akan diolah oleh peralalatan Process untuk menghasilkan data Output yang akan ditampilkan dalam bentuk kasatmata atau tidak oleh Periferal Output contohnya berupa Dokumen, Suara, Gambar, dan Video yang dihasilkan oleh Periferal sepert Monitor, Printer, Plotter, Speaker, HeadSet, dsb.
Periferal termasuk dalam katagori Hardware yang merupakan bab dari tiga komponen utama komputer yaitu :
- Hardware : yaitu perangkat keras yang sanggup berupa benda/komponen fisik yang secara kasatmata sanggup disentuh dan dilihat.
- Software : yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan harware menurut perintah yang di-Inputkan oleh Brainware melalui software sehingga hardware dapt dipakai dan difungsikan.
- Brainware : yaitu perrngakat nalar yang memanajemen atau berfungsi untuk memasukan perintah semoga Software dan Hardware sanggup beroprasi sesuai dengan fungsinya.
Berdasarkan kegunaannya, periferal komputer terdiri dari 2 (Dua) tipe yaitu sebagai berikut :
- Peripheral Utama (Main Periferals) : yaitu tipe periferal yang keberadaannya harus ada pada ketika menjalankan komputer contohnya Mouse, Keyboard dan Monitor.
- Peripheral Pendukung (Out Sillary Periferals) : yaitu periferal pendukung yang keberadaannya tidak harus ada pada ketika menjalankan komputer contohnya Printer, Speaker, WebCam, Scaaner dsb.
Berikut fungsi dari beberapa peripheral dalam komputer yang dikelompokkan dalam fungsinya(perangkat Masukan/input dan perangkat Keluaran/output)
1. Perangkat Masukan
Perangkat masukan (bahasa Inggris: input device) yaitu semua periferal (perangkat keras komputer) yang dipakai untuk mengatakan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi. Perangkat masukan sanggup dikelompokkan menurut beberapa hal:
- Cara masukan, contohnya melalui gerak mekanis atau audio;
- Masukan diskret (tekanan tombol) atau kontinu (posisi tetikus); serta
- Derajat kebebasan gerakan, contohnya dua dimensi pada tetikus standar dan tiga dimensi pada navigator untuk aplikasi CAD. Jenis perangkat masukan utama antara lain yaitu papan ketik, perangkat penunjuk, pemindai, perangkat masukan video (kamera, dll.), serta perangkat masukan audio (mikrofon, dll.).
Perangkat Pengetikan
Keyboard merupakan unit input dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard sanggup berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melaksanakan perintah-perintah lainnya yang diperlukan.
Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard kini yang kita kenal mempunyai beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless. Jenis-Jenis Keyboard : QWERTY, DVORAK, dan KLOCKENBERG.
ATM (Automated Teller Machine)
Anjungan Tunai Mandiri biasa dipakai untukmelakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaran banyak sekali jenis tagihan, transfer uang. ATM bekerja sebagai perangkat I/O sekaligus. sebagai perangkat masukan, ATM memungkinkan pemakai memasukkan nomor PIN (Personal Identification Number), angka uang. Sebagai perangkat keluaran, ATM memungkinkan pemakai (petugas bank) melihat perintah maupun aba-aba dang angka yang diketikkan pada perangkat masukan.
Point of Sale (POS) Merupakan perangkat yang dipakai pada toko-toko untuk memasukkan data pembelian. Biasanya perangkat ini selain berisi tombol ibarat keyboard, lengkap dengan angka-angka, juga masih ditambah akomodasi yang memungkinkan untuk memproses kartu kredit atau kartu debit. Sstem POS atau kasir telah digantikan oleh sistem komputer kasir. Walaupun tahap implementasi awal terlihat lebih rumit, namun fitur yang disediakan jauh melebihi dari cash register.
Perangkat Penunjuk
Perangkat penunjuk (bahasa Inggris: pointing device) yaitu perangkat masukan yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data ke dalam suatu komputer. Perangkat penunjuk secara umum sanggup dibagi menjadi dua jenis, yaitu yang menurut gerakan objek dan yang menurut sentuhan pada suatu permukaan dan alas sentuh (touchpad), tablet grafis (graphics tablet), layar sentuh, dan tuas kontrol.
- Mouse adalah perangkat genggam kecil yang mendorong di atas permukaan horisontal. Mouse lain yang umum yaitu mouse optik. Perangkat ini sangat ibarat dengan mouse konvensional tetapi memakai cahaya tampak atau inframerah bukannya bola roller-untuk mendeteksi perubahan posisi
- Trackball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari bola bertempat di soket yang mengandung sensor. Tracker bola biasanya dipakai pada workstation CAD untuk kemudahan penggunaan. Ada juga trackball nirkabel yang memperlihatkan jangkauan yang lebih luas dari posisi ergonomis bagi pengguna.
- Pointing Stick adalah inti tekanan kecil yang sensitif dipakai ibarat joystick. Hal ini biasanya ditemukan pada laptop tertanam antara 'G', 'H', dan 'B' kunci. Ini beroperasi dengan mencicipi gaya yang diberikan oleh pengguna.
- Touchpad atau trackpad yaitu permukaan datar yang sanggup mendeteksi kontak jari. Ini yaitu perangkat penunjuk stasioner, biasanya dipakai pada komputer laptop .
- Touch Screen adalah perangkat tertanam ke layar TV monitor, atau sistem LCD Monitor layar dari laptop komputer. Pengguna berinteraksi dengan perangkat dengan menekan fisik item ditampilkan pada layar,
- Joystick atau tongkat ria atau Tuas Kendali (bahasa Inggris: joystick) yaitu alat masukan komputer yang berwujud tuas yang sanggup bergerak ke segala arah. Alat ini sanggup mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Perangkat Penunjuk Berbentuk Pena
- Light Pen adalah perangkat masukan komputer dalam bentuk pena yang dipakai bersamaan dengan perangkat komputer CRT TV atau monitor.
- Digitizing Tablet adalah perangkat keras perangkat masukan komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau denah pribadi ke komputer,
- Bar Code Reader adalah sebuah alat elektronik untuk membaca dicetak barcode . Seperti flatbed scanner , terdiri dari sumber cahaya, lensa dan sensor cahaya menerjemahkan impuls ke optik yang listrik.
- Optical Mark Recognition (OMR). Banyak perangkat OMR tradisional bekerja dengan dedicated scanner perangkat yang bersinar seberkas cahaya di atas kertas bentuk. Beberapa perangkat OMR memakai formulir yang cetakan pada kertas 'transoptic'.
- Magnetic Ink Character Recognition (MICR) adalah pengenalan karakter teknologi yang dipakai terutama oleh industri perbankan untuk memfasilitasi pemrosesan cek dan membentuk nomor routing dan nomor rekening di bawah cek.
- Image Scanner adalah perangkat yang optikal memindai gambar, teks tercetak, goresan pena tangan , atau obyek, dan mengkonversinya menjadi gambaran digital.
- Kamera Digital adalah alat untuk menciptakan gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang memakai sensr CMOS) yang jadinya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.
- Pembaca Retina Mata adalah biometrik teknik yang memakai contoh unik pada seseorang retina untuk mengidentifikasi mereka.
- Pembaca Sidik Jari adalah salah satu dari banyak bentuk biometrik dipakai untuk mengidentifikasi individu dan memverifikasi mereka identitas.
- Mikropon adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi-energi akustik (gelombang suara) menjadi sinyal listrik.
- Automatic Speech Recognition (ASR) adalah terjemahan dari kata-kata yang diucapkan menjadi teks. Hal ini juga dikenal sebagai "pengenalan bunyi otomatis".
- Headset adalah campuran antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya dipakai untuk mendengarkan bunyi dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, contohnya untuk VoIP.
- Touchtone. Dual-tone multi frekuensi sinyal (DTMF) dipakai untuk telekomunikasi sinyal melalui terusan telepon analog pada pita suara-frekuensi antara telepon handset dan perangkat komunikasi lainnya dan sentra switching.
Video yaitu teknologi pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar bergerak. Aplikasi umum dari sinyal video yaitu televisi, tetapi ia sanggup juga dipakai dalam aplikasi lain di dalam bidang teknik, saintifik, produksi dan keamanan.
- Glove adalah sebuah perangkat input untuk interaksi manusia-komputer yang dikenakan ibarat sarung tangan.
- Sensor adalah sesuatu yang dipakai untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik atau kimia. Variabel keluaran dari sensor yang diubah menjadi besaran listrik disebut Transduser.
- Radio Frequency Identification Device (RFID) adalah penggunaan sistem non-kontak nirkabel yang memakai frekuensi radio medan elektromagnetik untuk mentransfer data dari tag yang menempel pada suatu objek, untuk tujuan identifikasi otomatis dan pelacakan.
- Pembaca Kartu Magnetik untuk membaca kartu keluaran bank yang berbasis magnetik, pakai mesin EDC alias electronic data captured. mesin kartu ini untuk otorisasi kartu kredit atau kartu debit secara online.
Perangkat output merupakan perangkat keras komputer yang dipakai untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna. Beberapa perangkat output antara lain :
Monitor Komputer biasanya dihubungkan pada perangkat display, juga dikenal sebagai monitor. Monitor ditunjukkan dalam Gambar . Monitor biasanya tersedia dalam tipe, ukuran, dan karakteristik yang berbeda.
Printer
Printer yaitu perangkat output yang dipakai untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Printer dihubungkan dengan komputer melalui USB, selain itu printer juga harus dihubungkan dengan arus listrik. Secara garis besarnya jenis-jenis printer sebagai berikut :
- Dot Matrik, printer jenis ini memakai tinta jenis pita ibarat yang terdapat pada mesin tik.
- Inkjet, printer jenis ini memakai tinta cair atau liquid ink.
- Laser printer, printer jenis memakai tinta serbuk atau powder ink ibarat bubuk gliter yang ditempatkan dalam toner.
Speaker
Speaker yaitu perangkat keras untuk menghasilkan suara. Jenis lain dari speaker yaitu headset atau earphone. Kita sanggup mendengarkan hasil keluaran berupa bunyi dari komputer melalui speaker.
Proyektor
Infocus atau juga disebut proyektor merupakan alat dipakai untuk presentasi, yang dihubungkan ke komputer untuk menampilkan apa yang ada pada monitor ke suatu screen (layar) ataupun dinding.
Plotter
Plotter yaitu media cetak ibarat printer namun mempunyai ukuran yang lebih besar serta kegunaan yang optimal untuk objek gambar.
No comments:
Post a Comment