Penyajian data dalam diagram bundar terbagi atas beberapat juring yang dinyatakan dalam bentuk persen (%) atau sanggup pula dinyatakan dalam bentuk besar sudut. Besarnya persentase atau besarnya sudut sanggup memilih besarnya nilai data atau frekuensi dari suatu data tertentu. Jika juring dinyatakan dalam persen maka untuk satu bundar penuh ialah 100% dan kalau setiap juring dinyatakan dalam derajat maka besarnya sudut dalam satu bundar penuh ialah 360 derajat.
Ayo Kita Amati
Diagram bundar biasanya dipakai untuk menyajikan data dalam bentuk persentase. Menyajikan data dalam bentuk diagram bundar hampir sama dengan menyajikan data dalam bentuk diagram batang dan diagram garis.
No | Jenis Pekerjaan | Banyak |
---|---|---|
1. | Pegawai Negeri Sipil | 12 |
2. | Pegawai Swasta | 6 |
3. | TNI/POLRI | 8 |
4. | BUMN | 6 |
5. | Petani | 10 |
6. | Nelayan | 2 |
7. | Pedagang | 2 |
8. | Lain-lain | 4 |
Jumlah | 50 |
1. Bagaimana memilih nilai persentase dari masing-masing data?
2. Bagaimana memilih sudut pada setiap juring masing-masing data?
Ayo Kita Menggali Informasi
Hasil pengumpulan data ihwal ukuran sepatu siswa diperoleh data sebagai berikut.
No | Ukuran sepatu | Frekuensi |
---|---|---|
1. | 33 | 2 |
2. | 34 | 4 |
3. | 35 | 3 |
4. | 36 | 2 |
5. | 37 | 6 |
6. | 38 | 4 |
7. | 39 | 3 |
Total | 24 |
Untuk menyajikan data tersebut menjadi diagram lingkaran, kalian sanggup mengelompokkan ukuran-ukuran sepatu yang sama, lalu sehabis itu menghitung persentase setiap ukuran sepatu.
Ukuran | Turus | Frekuensi (f) | Persentase | |||
---|---|---|---|---|---|---|
33 | II | 2 |
| |||
34 | IIII | 4 |
| |||
35 | III | 3 |
| |||
36 | II | 2 |
| |||
37 | 6 |
| ||||
38 | IIII | 4 |
| |||
39 | III | 3 |
| |||
Total | 24 | 100% |
Selanjutnya untuk menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran, kalian harus memilih luas tempat pada bundar yang sesuai dengan frekuensi masing-masing ukuran sepatu. Luas tempat pada suatu bundar sesuai dengan sudut sentra tempat pada lingkaran. Oleh alasannya ialah itu, untuk menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran, kalian harus memilih ukuran sudut sentra tempat masing-masing frekuensi. Seperti yang kita tahu, satu bundar sudut pusatnya ialah 360°.
Ukuran | Turus | Frekuensi (f) | Persentase | |||
---|---|---|---|---|---|---|
33 | II | 2 |
| |||
34 | IIII | 4 |
| |||
35 | III | 3 |
| |||
36 | II | 2 |
| |||
37 | 6 |
| ||||
38 | IIII | 4 |
| |||
39 | III | 3 |
| |||
Total | 24 | 360° |
Ayo Kita Menalar
1. Kalian sudah mengetahui cara menyajikan data dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. Sekarang perhatikan aneka macam jenis data yang disajikan dalam. Manakah diantara
jenis data tersebut yang lebih sempurna disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram garis, atau diagram bundar (beri tanda √).
No | Jenis data | Diagram Batang | Diagram Garis | Daigram Lingkaran |
---|---|---|---|---|
1. | Banyaknya siswa pria dan wanita dalam satu sekolah | √ | √ | - |
2. | Harga BBM pada tahun 2000 – 2013 | √ | √ | - |
3. | Banyaknya siswa yang mengikuti aneka macam acara ekstrakurikuler | - | - | √ |
4. | Hasil pemilukada di suatu tempat tertentu | √ | √ | √ |
5. | Banyak kendaraan beroda empat yang terjual di suatu kota dalam waktu 5 tahun terakhir | - | √ | - |
6. | Jenis pekerjaan orang bau tanah siswa kelas 8 | - | - | √ |
7. | Tinggi tubuh siswa dalam satu kelas | √ | √ | - |
8. | Nilai ulangan Harian siswa dalam satu kelas | √ | - | - |
Diagram batang
Diagram batang biasanya dipakai untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek dalam kurun waktu tertentu. Dalam diagram batang diperlukan sumbu datar yang menyatakan kategori atau waktu, dan sumbu tegak untuk menyatakan nilai data.
Diagram garis
Diagram garis biasanya dipakai untuk menyajikan data yang berkesinambungan/kontinu. Dalam diagram garis, sumbu mendatar mengatakan waktu pengamatan, sedangkan sumbu tegak mengatakan nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu.
Diagram Lingkaran
Diagram bundar ialah penyajian data dengan memakai gambar yang berbentuk lingkaran. Bagian-bagian dari tempat bundar mengatakan bagianbagian atau persen dari keseluruhan. Jika juring dinyatakan dalam persen maka untuk satu bundar penuh ialah 100% dan kalau setiap juring dinyatakan dalam derajat maka besarnya sudut dalam satu bundar penuh ialah 360 derajat.
3. Coba pikirkan bagaimanakah menciptakan diagram bundar dari data di bawah ini. Ada berapa banyak diagram bundar yang mungkin sanggup dibuat, dan jelaskan alasannya.
Cara menciptakan diagram bundar dari data berikut ini ialah dengan membagi data menjadi 3 kelompok yaitu siswa laki-laki, siswa perempuan, dan jumlah dari siswa pria dan perempuan.
Jenis Kelamin | Banyak Siswa | |||
---|---|---|---|---|
SD | SMP | SMA | SMK | |
Laki-laki | 1.200 | 1.000 | 750 | 500 |
Perempauan | 1.300 | 750 | 850 | 450 |
Jumlah | 2.500 | 1.750 | 1.600 | 950 |
Ayo Kita Berlatih
1. Buatlah diagram bundar dari databanyak siswa kelas 8 berikut ini.
Jenis Kelamin | Banyak Siswa | |||||
---|---|---|---|---|---|---|
Kelas 8-A | Kelas 8-B | Kelas 8-C | Kelas 8-D | Kelas 8-E | Kelas 8-F | |
Laki-laki | 12 | 14 | 13 | 15 | 16 | 14 |
Perempauan | 18 | 17 | 18 | 18 | 16 | 18 |
Jumlah | 30 | 31 | 31 | 33 | 32 | 32 |
Tahun | 2009 | 2010 | 2011 | 2012 | 2013 |
---|---|---|---|---|---|
Banyak Sepeda Motor | 155 | 170 | 185 | 150 | 145 |
3. Data jenis pekerjaan siswa kelas VIII disajikan dalam tabel sebagai berikut.
No | Jenis Pekerjaan | Banyak orang tua |
---|---|---|
1. | Pegawai Negeri Sipil | 35 |
2. | Pegawai BUMN | 15 |
3. | BUMN | 10 |
4. | Pegawai swasta | 20 |
5. | Pedagang | 25 |
6. | Petani | 40 |
7. | Lain-lain | 45 |
Jumlah | 190 |
No comments:
Post a Comment