Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 6 Subtema 3 Energi Alternatif

Biogas
Ada banyak binatang di sekitar kita. Hewan di sekitar sangat bermanfaat. Daging binatang sanggup menjadi kuliner untuk manusia. Tenaga binatang sanggup dipakai untuk membantu pekerjaan manusia. Kulit binatang sanggup dipakai sebagai materi menciptakan pakaian. Bahkan limbah kotoran binatang pun sanggup dimanfaatkan.

Semakin banyak penduduk semakin meningkat pula kebutuhan energi. Lama kelamaan energi materi bakar minyak akan habis. Penggunaan limbah kotoran binatang untuk menggantikan materi bakar minyak perlu diupayakan. Untuk menjaga ketersediaan energi bagi masyarakat.
 Daging binatang sanggup menjadi kuliner untuk insan Pembelajaran 6 Subtema 3 Energi Alternatif
Biogas yaitu energi alternatif yang memanfaatkan gas dari limbah kotoran hewan. Gas dari limbah kotoran sapi yaitu salah satu contohnya. Limbah kotoran sapi dimanfaatkan dalam dua cara. Gas dari limbah kotoran dipakai sebagai sumber energi untuk penerangan atau memasak. Sisa limbah kotoran sapi akan dipakai untuk menciptakan pupuk.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan beberapa hal berikut bersama temanmu!
  1. Berikan dua alasan biogas sanggup dijadikan energi aternatif! Biogas sanggup dijadikan sebagai energi alternatih alasannya Pertama : Sumber daya yang tidak terbatas alasannya biogas dihasilkan dari reaksi gas metan yang berasal dari kotoran binatang. Kedua : Harga yang lebih terjangkau sehingga memenuhi kebutuhan harian masyarakat.
  2. Apakah pengembangan biogas termasuk acara yang ramah lingkungan? Jelaskan! Energi biogas termasuk ramah lingkungan karena  terbuat dari materi dasar kotoran ternak dan aneka limbah yang diolah sedemikian rupa, ibarat limbah peternakan, limbah pertanian, limbah perairan, limbah industri, dan sampah organik.
  3. Berikan 2 rujukan laba memakai biogas! Keuntungan memakai biogas antara laian :  1. lebih ramah lingkungan 2. proses penggunaan tidak mengeluarkan asap 3. sanggup mengurangi penggunaan materi bakar fosil 4. lebih hemat dan efisien, dan 5. materi bahan pembentuk biogas gampang di sanggup ibarat kotoran hewan, sampah organik 
  4. Berikan 2 rujukan kendala memakai biogas! Beberapa kendala memakai biogas antara lain : alasannya memerlukan biaya tinggi untuk peralatan instalasi biogas. Serta kurangnya tenaga terampil dalam proses produksi biogas.

Ayo Bercerita
Sampaikan hasil diskusi kelompokmu di depan teman-teman! Berikan jawaban terhadap hasil diskusi kelompok lain!

Ayo Berlatih
Disuatu desa masyarakat menentukan memakai biogas sebagai energi alternatif. Setiap satu ekor sapi menghasilkan 25 kg limbah kotoran. Sebanyak 25 kg limbah kotoran tersebut diolah menjadi biogas yang dipakai untuk memasak selama 4 jam. Sehingga jikalau acara memasak setiap keluarga hanya 4 jam. Maka mempunyai satu ekor sapi cukup untuk memenuhi kebutuhan. Sekarang cobalah menjawab pertanyaan berikut!

1. Ibu mempunyai biogas yang sanggup dipakai memasak selama 8 jam. Jika ibu memasak
setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas sanggup digunakan?
8 : 4 = 2 hari

2. Seorang pedagang mempunyai biogas yang sanggup dipakai memasak selama 16 jam. Jika pedagang tersebut memasak setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas sanggup digunakan?
16 : 4 = 4 hari

3. Kakak dan teman-teman sedang menyiapkan kuliner untuk program besar. Kakak memakai biogas yang sanggup dipakai untuk memasak selama 10 jam. Jika abang mulai memasak pukul 12.15. Maka, pukul berapa biogas akan habis?
12.15
10.00 +
22.15

Makara biogas akan habis pada pukul 22.15.

Ayo Menulis
Memilih memakai energi alternatif termasuk perilaku peduli kepada lingkungan. Menjaga lingkungan harus terus diupayakan. Agar kehidupan sanggup terus berlangsung dengan baik. Perhatikan gambar berikut! Berikan saran dan alasan!
 Daging binatang sanggup menjadi kuliner untuk insan Pembelajaran 6 Subtema 3 Energi Alternatif
Apa saran yang akan kau sampaikan kepada anak tersebut?
Sebaiknya jangan membuang sampah di sungai.
Mengapa? Jelaskan!
Membuang sampah di sungan sanggup mengakibatkan banjir dan pencemaran lingkungan
Sekarang cobalah amati lingkungan sekolahmu! Sebutkan cara yang sanggup kau lakukan untuk ikut menjaga lingkungan di sekolahmu!
  1. Membuang sampah pada Tempatnya 
  2. Mengurangi penggunaan plastik
  3. Menjaga kebersihan toilet/kamar mandi
  4. Melakukan acara Jumat higienis secara rutin.
  5. Melakukan piket kelas secara rutin.
  6. Membersihkan susukan air yang ada di sekolah.

No comments:

Post a Comment