Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 2 Subtema 1 Keadaan Cuaca

Hujan deras turun semalaman. Pagi hari terasa lebih dingin. Udin, Edo, dan Beni berangkat sekolah bersama. Edo menggunakan jaket ke sekolah. Jaket mempunyai kegunaan untuk melindungi badan dari udara dingin.

Kita memerlukan pakaian pemanis ketika udara dingin. Pakaian pemanis jaket atau sweater menciptakan badan hangat.

Makanan juga sanggup menciptakan badan hangat. Begitu juga minuman. Banyak makanan dan minuman yang sanggup menghangatkan tubuh. Edo dan kawan-kawan berdiskusi dengan serunya. Mereka akan mengadakan pameran makanan daerah. Setiap siswa membawa makanan dari tempat asalnya. Kemudian, mereka memperlihatkan klarifikasi singkat ihwal makanan tersebut.

Ayo Berdiskusi
Edo maju ke depan kelas untuk memimpin diskusi. Edo mendata tempat asal teman-teman di kelas. Daerah asal yang dimaksud ialah tempat asalusul orang tuamu. Yuk, kita bantu Edo. Isilah tabel di bawah ini. Isi sesuai tempat asal teman-teman di kelasmu.
No.Nama SiswaDaerah Asal
1.EdoMaluku
2.UdinJawa Barat
3.DayuBali
4.SitiJawa Tengah
5.UcokSumatera Utara
6.PatrickPapua
7.JuliLampung
8.AgusDKI Jakarta
9.SeptianSumatera Selatan
10.OktavianDKI Jakarta
11.NovendyDKI Jakarta
12.DestaD. I. Jogjakarta

Daerah asal teman-teman di kelas sangat beragam. Di Indonesia, asal-usul orang renta menjadi tempat asal kita. Walaupun kita lahir di tempat yang berbeda, tetapi tempat asal orang renta tetap dianggap tempat asal kita. Ini menunjukan Indonesia terdiri atas bermacam-macam daerah. Indonesia juga mempunyai banyak suku bangsa. Kita mungkin berbeda tempat dan suku bangsa. Akan tetapi, kita tetaplah satu bangsa Indonesia.

Ayo Menulis
Tulislah percakapan terkait keadaan cuaca yang kau alami ketika ini.
Budi:hai Wawan!
Wawan:hai juga Bud, bagaimana kabarmu ?
Budi:aku baik-baik saja.bagaimana perasan kau katika isu terkini hujan yang telah berlangsung ini?
Wawan:saya merasa bahagia alasannya ialah sudah beberapa bulan ini isu terkini kemarau, dan air higienis juga susah untuk didapatkan.
Budi:iya betul juga, tetapi ada salah satu keadaan yang tidak saya suka pada isu terkini hujan. Ketika hujan terus maka kota ini akan banjir jikalau kita tidak menjaga kebersihan.
Wawan:ya memang begitu adanya, isu terkini kemarau kekurangan air dan jikalau isu terkini hujan tiba banjir dan beberapa tragedi lainnya.
Budi:walaupun begitu kita harus tetap bersyukur alasannya ialah datangnya isu terkini bermanfaat bagi kehidupan masyarkat.

Ayo Bercerita
Ceritakan hasil percakapanmu di depan kelas. Sampaikan gosip yang kau peroleh. Berceritalah dengan penuh percaya diri. Perhatikan volume dan intonasi suara. Pastikan suaramu terdengar ke seluruh kelas.
Di negara kita Indonesia mengenal dua isu terkini yaitu isu terkini hujan dan isu terkini kemarau. Pada ketika isu terkini kemarau biasanya persediaan air higienis berkurang. Pada ketika isu terkini hujan air melimpah dan terkadang menimbulkan tragedi alam. Namun kita harus tetap bersyukur alasannya ialah dengan adanya kedua isu terkini tersebut masyarakat tetap sanggup melaksanakan aktivitasnya dengan baik.

Ayo Berlatih
Cuaca hari ini masih terlihat cerah. Ayo, kita melaksanakan kegiatan di luar kelas. Beraktivitas saat
cuaca cerah sangat menyenangkan. Berdirilah berjajar. Ambil jarak dengan merentangkan tangan. Yuk, lakukan gerakan bangun menggandakan burung bangau. Sebelumnya, lakukanlah pemanasan terlebih dahulu.

Berdiri Menirukan Burung Bangau
Sikap Permulaan:
Berdiri tegak, kedua tangan terentang.
 Jaket mempunyai kegunaan untuk melindungi badan dari udara cuek Pembelajaran 2 Subtema 1 Keadaan Cuaca
Gerakannya:
  1. Tekuklah kaki kiri dan pertahankan kaki tumpu. Pertahankan perilaku ini selama 5-8 hitungan
  2. Kemudian, ganti kaki yang sebelahnya. Pertahankan perilaku ini selama 5-8 hitungan.

Rasakan perbedaan kedua kaki tumpumu. Kaki tumpu mana yang kau rasakan lebih kuat? Apakah kaki kiri atau kaki kanan? Ayo, lomba menirukan gerakan burung bangau. Ajak semua sobat di kelas. Bertumpulah pada satu kaki. Jagalah keseimbangan dengan bangun sampai hitungan 5-8.

Siapa yang paling usang bertahan? Dialah yang akan menjadi juaranya. Sebelum kembali ke kelas, lakukan gerakan pendinginan. Tarik napas yang dalam, tahan, hembuskan perlahan.

No comments:

Post a Comment