Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 1 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi

Berlibur di Rumah Paman
Saat liburan sekolah, Beni mengunjungi rumah paman. Rumah paman Beni di Manado. Manado yakni ibu kota Sulawesi Utara. Manado mempunyai beberapa pulau yang memesona

Paman mengajak Beni berkeliling kota dengan mengendarai bendi. Bendi yakni alat transportasi tradisional Manado. Orang Manado memakai bendi semenjak dahulu. Di Pulau Jawa, bendi dikenal dengan delman atau dokar. Bendi yakni alat transportasi sederhana yang ditarik kuda.

Beni melihat orang Manado memakai majemuk alat transportasi. Ada yang bersepeda dan mengendarai kendaraan beroda empat pribadi. Ada juga yang mengendarai sepeda motor. Sebagian besar orang Manado memakai angkutan kota.

Paman menjelaskan bahwa cara orang bepergian mengalami perubahan. Dulu, orang bepergian dengan memakai bendi. Saat ini orang bepergian dengan memakai alat transportasi modern. Beni pergi ke Manado memakai kendaraan beroda empat dan pesawat. Alat transportasi apa saja yang pernah kau gunakan?

Ayo Mengamati
Bacalah kembali teks “Berlibur di Rumah Paman” dengan teliti! Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf! Tuliskan isi dongeng dari setiap paragraf!
Isi Cerita
Paragraf 2Pargraf 3Paragraf 4Paragraf 5
Saat liburan sekolah,
Beni mengunjungi rumah
paman.
Paman mengajak Beni berkeliling kota dengan
mengendarai bendi
Beni melihat orang Manado menggunakan
majemuk alat transportasi
Paman menjelaskan bahwa cara orang bepergian
mengalami perubahan

Ayo Bercerita
Perhatikan gambar di bawah ini! Urutkan perkembangan cara orang bepergian! Urutkan dengan memberi nomor pada kotak tersedia! Lalu, ceritakanlah kepada temanmu!

Perkembangan Menggunakan Alat Transportasi
 Manado mempunyai beberapa pulau yang memesona Pembelajaran 1 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi
Pada jaman dahulu insan bepergian ke aneka macam daerah masih berjalan kaki. Berjalan kaki merupakan model transportasi tertua sebelum penggunaan binatang menjadi alat bantu transportasi. Selanjutnya insan mulai memakai binatang sebagai alat transportasi. Beberapa jenis binatang yang sudah lumrah dijadikan alat transportasi insan antara lain Kuda, Unta, Sapi dan Keledai

Selanjutnya insan memakai binatang sebagai penarik kendaraan.  Sebelum belum mengenal mesin apalagi materi bakar. insan memakai kereta yang ditarik oleh hewan. Salah satu misalnya yakni delman.

Setelah mengenal mesin dan materi bakar insan mulai memakai kendaraan bermesin. Salah satu misalnya yakni mobil. Mobil sanggup bergerak lebih cepat jikalau dibandingkan dengan delman. Mobil digerakan oleh mesin dan materi bakar.

Setelah mengenal kendaraan beroda empat insan masih membutuhkan alat transportasi yang lebih cepat dibanding kendaraan beroda empat yaitu pesawat terbang. Dengan pesawat terbang insan sanggup bepergian lebih jauh.

Ayo Mengamati
Salah satu alat transportasi yang banyak dipakai yakni mobil. Apakah kau suka naik mobil? Maukah kau menjadi perancang mobil? Sebelum kau menjadi perancang kendaraan beroda empat terkenal, ayo kita buat dulu kendaraan beroda empat dari kardus bekas! Amati proses menciptakan kendaraan beroda empat berikut ini!

Peralatan yang dibutuhkan
Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas (bekas kotak sepatu atau yang seukuran), 1 lembar kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lem

Langkah-langkah pembuatan
 Manado mempunyai beberapa pulau yang memesona Pembelajaran 1 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi
  1. Siapkan peralatan.
  2. Selotip dengan rapat bab kardus yang terpotong dengan rapat.
  3. Buat pola pintu kendaraan beroda empat pada bab samping kanan dan kiri kardus.
  4. Potong garis pintu menyerupai pada gambar.
  5. Buat pola beling depan pada bab atas kardus. Buat garis sekitar 1 cm dari setiap sisi sehingga membentuk persegi panjang. Potong pada 3 bab sisi. Lalu, lipat potongan ke atas sehingga membentu kaca.
  6. Potong kertas putih seukuran persegi panjang pada beling depan. Lalu tempel bab beling depan.
  7. Kelebihan kardus pada bab belakang dilipat ke dalam, sehingga membentuk menyerupai sandaran dingklik mobil.

Amatilah cara menciptakan kerajinan di atas! Kegiatan apa saja yang kau lakukan? Kegiatan yang dilakukan dalam menciptakan kerajinan:
  1. Memotong Kardus
  2. Memotong kertas dan menempelkan
  3. Melipat kardus bab belakang
  4. Membuat pola pintu mobil

Ayo Berkreasi
Siapkanlah peralatan untuk menciptakan karya! Ikuti langkah-langkah pada gambar! Mintalah pemberian gurumu jikalau menemui kesulitan!

Ayo Mencoba
Amatilah bangkit datar pada kendaraan beroda empat kardus buatanmu! Bangun datar apa saja yang kau temukan? Sebutkan!

Perhatikan gambar beling depan mobil! Berapa ukurannya? Jika kau akan menghias beling kendaraan beroda empat dengan pita, berapa panjang pita yang kau butuhkan untuk menghias seluruh tepi kaca?

Mari kita hitung:
20 cm + 10 cm +  20 cm +  10  cm = 60 cm

Panjang pita yang mengelilingi tepi beling kendaraan beroda empat yakni keliling beling mobil.

Ayo Berlatih
Amati bangkit datar berikut! Berapa kelilingnya?
 Manado mempunyai beberapa pulau yang memesona Pembelajaran 1 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi
Kamu telah memotong kardus dikala menciptakan pintu dan beling depan. Kamu juga telah memotong kertas dan menempelnya pada beling depan. Kamu melipat potongan kardus bab belakang menjadi sandaran kursi. Semua itu yakni cara-cara menciptakan karya kerajinan tangan.

No comments:

Post a Comment