Saturday, November 23, 2019

Pembelajaran 5 Subtema 3 Dampak Perubahan Cuaca

Ayo Mengamati
Sepulang sekolah, Siti menonton info di televisi. Pembawa program memberikan prakiraan cuaca hari ini. Cuaca di kawasan Siti diperkirakan hujan. Awalnya, Siti berencana bermain sepeda bersama Lani. Setelah mendengar prakiraan cuaca di televisi. Siti mengurungkan niatnya. Ia akan menelepon Lani untuk membatalkan planning mereka.

Simaklah percakapan di telepon antara Siti dan Lani. Lengkapi kalimat yang rumpang dengan kata yang ada pada kotak di bawah ini!
prakiraan-mendung-berawan-sepeda-batalkan-esok-hujan-cerah
Siti:Halo, selamat siang. Bisa bicara dengan Lani?
Lani:Halo, iya ini Lani. Siapakah ini?
Siti:Hai, Lani. Ini Siti.
Lani:Hai, Siti. Ada apa?
Siti:Lani, saya gres saja menonton prakiraan cuaca. Diperkirakan sore ini akan
berawan dan mendung di kawasan kita.
Lani:Oh, ya? Wah, padahal kita berencana akan main sepeda keliling komplek sore ini.
Siti:Iya, tampaknya kita batalkan saja planning kali ini. Mungkin sanggup kita lakukan
esok atau lain waktu. Aku khawatir sesudah mendung akan turun hujan.
Lani:Baiklah Siti, tidak apa-apa. Kita lakukan lain waktu ketika cuaca  cerah
Siti:Oke, Lani, hingga jumpa besok di sekolah.
Lani:Sampai jumpa.

Ayo Berlatih
Perubahan cuaca sanggup terjadi setiap saat. Terkadang kita sudah merencanakan sesuatu. Akan tetapi, mungkin tidak sanggup kita lakukan. Hal ini disebabkan cuaca yang tidak mendukung. Pernahkah kau mengalami hal yang sama menyerupai Siti dan Lani?

Buatlah percakapan bersama tiga temanmu. Percakapan wacana planning yang berubah dikarenakan perubahan cuaca. Sebelum memulai percakapan, buatlah daftar pertanyaannya terlebih dahulu.

Daftar pertanyaan sanggup kau buat menyerupai berikut.
  1. Apa yang akan kau lakukan? Bermain layang-layang
  2. Bersama siapa saja planning itu akan dilakukan? Budi, Udin, dan Wawan
  3. Kapan planning tersebut dilakukan? Sore hari ketika cuaca cerah
  4. Dimana akan dilakukannya? Lapangan komplek
  5. Mengapa tidak jadi dilakukan? Sore hari cuaca mendung
  6. Bagaimana solusinya? Rencana diundur menunggu cuaca cerah

Susunlah hasil percakapan kalian di bawah ini.

Tiga anak siswa kelas III adalah Budi, Udin dan Wawan berencana akan bermain-layang-layang bersama. Ketiganya sudah berkumpul di teras rumah Budi sore itu,
Budi:Bagaimana, sudah siap main layang-layang Din?
Udin:Sesuai planning sih memang sore ini. Sayangnya cuaca sore ini mendung.
Wawan:Iya, nih sayang sekali.
Budi:Kata Pak Guru ketika cuaca mendung sangat berbahaya bermain layang-layang.
Wawan:Mengapa sanggup begitu Bud?
Udin:Iya..apa bahayanya.
Budi:Saat cuaca mendung sering terjadi kilat dan petir. Petir sanggup menyambar apa saja yang dilaluinya.
Wawan:Wah mengerikan sekali tuh.
Udin:Sebaiknya kita batalkan saja planning sore ini. Bagaimana Bud?
Budi:Sebaiknya sih begitu lantaran demi keamanan diri kita sendiri. Mungkin sebaiknya planning kita laksanakan ketika cuaca cerah. Bagaimana Wan?
Wawan:Saya setuju, diganti lain waktu saja.
Akhirnya Udin dan Wawan berpamitan pada Budi. Mereka menunda planning bermain layang-layang demi keamanan diri masing-masing.

Mengamati
Siti membatalkan planning bersepeda bersama Lani. Ia menggantinya dengan membaca buku. Buku yang gres dibeli Ayah kemarin.

Selain hobi membaca, Siti juga suka menari. Ayah menghadiahi Siti sebuah buku. Buku itu bercerita wacana tarian tradisional Indonesia. Tahukah kau tarian apa saja yang ada di Indonesia?
 Pembawa program memberikan prakiraan cuaca hari ini Pembelajaran 5 Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca
Tarian Nusantara sangat beragam. Kita boleh mempelajarinya. Tidak selalu harus sesuai dengan kawasan asal kita. Boleh dari banyak sekali daerah. Yuk, kita pelajari bermacam-macam tarian Nusantara Indonesia.

Ayo Berlatih
Berlatihlah satu tarian Nusantara. Kalian sanggup mencar ilmu dari teman. Dapat juga dengan orang renta sobat yang arif menari. Atau, mencar ilmu melalui video. Cintailah budaya nusantara kita.

Latihan menari sungguh menyenangkan. Ini sanggup dijadikan acara alternatif di ketika hujan. Selesai berlatih, Siti beristirahat sejenak. Siti menikmati buah semangka yang telah disiapkan oleh Ibu.

Satu buah semangka, awalnya dipotong menjadi 2 bagian. Lalu dipotong lagi menjadi 4 bagian. Siti gres memakan seperempat bagian. Ia akan melanjutkan seperempat belahan lagi sesudah makan malam. Pernyataan di atas sanggup kita tulis dalam bentuk operasi matematika.

1+1=2
444
Selesaikanlah soal-soal di bawah ini. Lakukan dengan menulis bentuk operasi matematika. Lalu tentukan hasilnya!

1. Seorang petani mempunyai sepetak sawah. Ia mencangkul 1/4 belahan sawah. Kemudian, ia mencangkul lagi 2/4 belahan sawah. Berapa belahan sawah yang telah dicangkul petani?

1+2=3
444
2. Beni mempunyai pohon rambutan yang sedang berbuah. Beni berhasil memetik 1/5 keranjang. Sementara ayah berhasil memetik 3/5 . Berapa jumlah rambutan yang berhasil dipetik Beni dan ayah?

1+3=4
555
3. Ibu dan Siti akan menciptakan masakan ringan bagus bolu. Ibu menghabiskan 3/4 kg tepung untuk satu loyang masakan ringan bagus bolu. Ibu akan menciptakan 3 loyang masakan ringan bagus bolu. Berapa jumlah tepung yang ibu butuhkan untuk 3 loyang masakan ringan bagus bolu?

3+3+3=9
4444
4. Edo mempunyai tali dengan panjang 1/5 m. Sementara, Beni mempunyai tali dengan panjang 1/5 m. Lani mempunyai tali dengan panjang 3/5 m. Udin mempunyai tali dengan panjang 2/5 m. Berapakah panjang tali Edo dan Beni? Berapa pula panjang tali Lani dan Udin? Tali siapakah yang lebih panjang?

Edo dan Beni

1+1=2
555
Udin dan Lani

2+3=5
555
Tali Udin dan Lani lebih panjang dibandingkan dengan tali Edo dan Beni

5. Ibu mempunyai 1/4 kg telur di rumah. Untuk persediaan, ibu membeli lagi 1/4 kg telur. Pulang dari kantor, ayah membawakan 2/4 kg telur untuk ibu. Berapa kg jumlah telur ibu sekarang?

1+1+2=4
4444

No comments:

Post a Comment