Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 1 Subtema 1 Sumber Energi

Saat mengikuti aktivitas jasmani tiba-tiba badan Siti lemas dan hampir jatuh. Wajahnya nampak pucat. Pak guru segera membawa Siti ke ruang Unit Kesehatan Sekolah atau UKS. Sambil berjalan ke UKS Pak Guru menanyakan apakah Siti sudah sarapan. Ternyata Siti belum sarapan. Itulah sebabnya badan Siti menjadi lemas tidak bertenaga.

Sesampainya di ruang UKS, Siti disuruh berbaring. Sementara Pak Guru berbagi teh manis. Kemudian, Pak Guru menyuruh Siti minum teh cantik tersebut. Pak Guru menjelaskan kepada Siti bahwa badan kita butuh energi

Ayo Membaca
Matahari Sumber Energi Terbesar
Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Tuhan membuat majemuk sumber energi. Air dan udara yaitu sumber energi. Tumbuhan dan binatang yaitu sumber makanan. Makanan menghasilkan energi bagi tubuh. Jadi, tumbuhan dan binatang juga sumber energi.

Sumber energi lainnya yang ada di bumi yaitu matahari. Matahari menghasilkan energi cahaya dan panas. Cahaya dan panas matahari merupakan sumber kehidupan di bumi. Matahari yaitu sumber energi terbesar di bumi.

Tanpa matahari, tumbuhan tidak sanggup melaksanakan fotosintesis. Dari proses fotosintesis dihasilkan kuliner dan oksigen. Makanan dan oksigen sangat penting bagi kelangsungan hidup insan dan makhluk hidup lainnya.
 Pak guru segera membawa Siti ke ruang Unit Kesehatan Sekolah atau UKS Pembelajaran 1 Subtema 1 Sumber Energi
Selain membantu proses fotosintesis, sinar matahari juga merupakan sumber energi listrik. Melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), energi cahaya matahari diubah menjadi energi listrik. Salah satu PLTS terbesar di Indonesia terdapat di Kabupaten Karangasem, Bali.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Tuliskan informasi yang terdapat pada paragraf pertama! Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Air, udara, tumbuhan dan binatang yaitu sumber energi.
  2. Paragraf keberapakah terdapat informasi perihal sumber energi ? Paragraf pertama.
  3. Apa manfaat energi panas matahari? Tuliskan 3 contoh! Sebagai sumber energy yang tak terbatas, sebagai pembangkit listrik tenaga matahari , membantu proses pengeringan, membantu proses fotosintesis, dan membantu kesehatan tulang
  4. Apa yang dihasilkan dari proses fotosintesis? ari proses fotosintesis dihasilkan kuliner dan oksigen.
  5. Mengapa matahari disebut sebagai sumber energi terbesar di bumi? Karena cahaya dan panas matahari merupakan sumber kehidupan di bumi.

Ayo Bercerita
Coba ceritakan kembali isi bacaan di atas! Gunakan bahasamu sendiri!
Sumber energi yaitu semua benda yang menghasilkan energi. Air, udara, tumbuhan dan binatang yaitu sumber energi. Sumber energi lainnya yaitu matahari. Cahaya dan panas matahari merupakan sumber kehidupan di bumi.

Matahari membantu tumbuhan melaksanakan fotosintesis untuk kuliner dan oksigen. Sinar matahari juga merupakan sumber energi listrik. Energi cahaya matahari diubah menjadi energi listrik melalui PLTS. Salah satu PLTS terbesar di Indonesia terdapat di Kabupaten Karangasem, Bali.

Ayo Bernyanyi
Matahari yaitu sumber energi yang paling penting di bumi. Kita harus bersyukur atas karunia Tuhan lantaran adanya energi matahari. Ungkapan syukur sanggup ditunjukkan melalui sebuah syair lagu.
Melalui lagu kita sanggup mengungkapkan perasaan kita terhadap apa saja. Seperti lagu berikut ini yang
mengungkapkan rasa suka cita dan syukur atas adanya matahari sebagai sumber energi.

Ayo kita berguru menyanyikan lagu berikut! Jangan aib atau ragu. Bernyanyilah dengan percaya diri!
 Pak guru segera membawa Siti ke ruang Unit Kesehatan Sekolah atau UKS Pembelajaran 1 Subtema 1 Sumber Energi
Perhatikan perbedaan yang sanggup dirasakan ketika menyanyikan lagu tersebut! Cermati lagu pada bait pertama dan bait kedua. Adakah perbedaan rasa ketika menyanyikannya?

Bandingkan dengan bait ketiga. Adakah perbedaannya! Bait ketiga lagu di atas mempunyai perbedaan irama dengan bait pertama dan kedua.

Ayo Mengamati
Untuk mengambarkan bahwa matahari yaitu sumber energi panas, Siti melaksanakan percobaan. Siti menyiapkan segumpal kapas dan sebuah beling pembesar. Lalu Siti meletakkan kapas di atas sebuah wadah. Siti memegang beling pembesar di atas kapas. Siti mengumpulkan sinar matahari ke beling pembesar dan mengarahkan kumpulan cahaya itu ke kapas. Beberapa waktu kemudian kapas mulai mengeluarkan asap dan terbakar.

Pada percobaan di atas, kita mengetahui bahwa cahaya matahari tidak eksklusif mengkremasi kapas. Butuh waktu usang hingga kapas sanggup terbakar. Kegiatan sehari-hari juga membutuhkan waktu.

Ada aktivitas yang usang dan ada aktivitas yang singkat. Perhatikan gambar berikut ini! Beri tanda centang (√) pada gambar aktivitas yang waktunya lebih lama! Beri tanda silang (X) untuk aktivitas yang lebih singkat!
 Pak guru segera membawa Siti ke ruang Unit Kesehatan Sekolah atau UKS Pembelajaran 1 Subtema 1 Sumber Energi
Kalian sudah sanggup membedakan mana aktivitas yang lebih usang dan mana yang lebih singkat. Carilah pola lainnya!

No comments:

Post a Comment