Saturday, November 23, 2019

Pembelajaran 4 Subtema 2 Perubahan Cuaca

Cuaca cerah matahari bersinar jernih dan udara terasa segar. Pada umumnya, hujan tidak akan turun ketika cuaca mendung. Angin bertiup semilir.

Cuaca panas udara terasa kering dan panas. Ketika langit ada beberapa awan, kondisi hal menyerupai ini dinamakan cuaca mendung. Cahaya matahari tidak begitu terasa panas alasannya yakni tertutupi oleh awan. Suatu tempat akan mencicipi cuaca sejuk bila kelembaban udara tinggi, angin bertiup sangat cepat dan suhu udara rendah.

Cuaca hujan udara terasa hambar dan air hujan turun dari langit. Cuaca berangin angin berhembus dengas cepat sehingga benda-benda yang berhamburan.

Cuaca begitu mendung. Angin bertiup cukup kencang. Udara terasa lebih dingin. Edo dan teman-teman menggunakan jaket ketika berjalan ke sekolah. Mereka membawa payung. Siap sedia bila nanti hujan turun.

Mereka juga membawa artikel koran. Artikel perihal efek perubahan cuaca bagi kehidupan manusia. Saat datang di sekolah, mereka menunjukkan artikel masing-masing.

Ayo Mengamati
Perhatikan percakapan Edo dan teman-teman!
Cuaca cerah matahari bersinar jernih dan udara terasa segar Pembelajaran 4 Subtema 2 Perubahan Cuaca
Ayo Membaca
Bacalah artikel gosip yang kelompok Edo temukan di koran!

Artikel 1
Pengaruh Cuaca terhadap Kesehatan dan Perilaku
Jakarta, CNN Indonesia–Kondisi cuaca ternyata mempunyai besar lengan berkuasa besar terhadap manusia. Pengaruhnya yakni sebagai berikut.

1. Udara sejuk sanggup menciptakan tidur menjadi nyenyak.
Udara yang sejuk, tidak terasa panas. Angin berhembus dengan lembut. Kita pun sanggup tidur dengan nyenyak. Kebalikannya, udara yang panas menciptakan kita berkeringat. Tidur pun menjadi tidak nyaman.

2. Hujan sanggup menciptakan alergi kian parah.
Banyak orang yang pilek alasannya yakni alergi. Salah satunya alasannya yakni cuaca dingin. Saat cuaca hujan, udara menjadi lebih dingin. Alergi pun sanggup bertambah parah.

3. Hari yang cerah sangat meningkatkan suasana hati.
Saat cuaca cerah, langit terlihat biru. Kicauan burung-burung pun terdengar. Suasana ini sanggup menciptakan hati senang sepanjang hari. disarikan

Artikel 2
Perubahan Cuaca Penyebab Kenaikan Jumlah Pasien
REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI – Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, berbicara perihal dampak perubahan cuaca.

Di Kediri terjadi perubahan cuaca yang tidak menentu. Cuaca panas dan hambar berganti dengan cepat. Daya tahan badan menjadi terganggu. Akibatnya, orang gampang terjangkit penyakit.

Hal ini menjadikan kunjungan pasien ke rumah sakit meningkat. Dari 400-500 orang per hari, menjadi 600-700 orang per hari. Ada 2 penyakit yang sering dikeluhkan pasien ketika perubahan cuaca ini. Penyakit itu yakni abses susukan pernafasan akut (ISPA) dan diare.

Penyakit tersebut bergotong-royong sanggup dicegah. Caranya dengan banyak makan sayur, buah-buahan, dan minum air putih. Selain itu, dianjurkan biar warga banyak berolahraga..

Ayo Berdiskusi
Edo, Beni, dan Udin telah tamat membaca kedua artikel gosip perihal perubahan cuaca. Mereka kemudian berdiskusi untuk menemukan kata atau istilah khusus dari kedua artikel tersebut.

Diskusikan bersama temanmu. Tuliskan hasil diskusimu di kolom berikut ini.
No.Kata/Istilah khusus di
Artikel 1
Kata/Istilah khusus di
Artikel 2
1.Cuaca panasPerubahan cuaca tidak menentu
2.Cuaca dinginCuaca panas dan dingin
3.Cuaca hujaninfeksi susukan pernafasan akut (ISPA) 
4.Cuaca cerahKunjungan pasien

Ayo Bercerita
Edo, Beni, dan Udin telah menemukan kata atau istilah khusus perihal perubahan cuaca dalam
artikel 1 dan 2. Mereka kemudian menceritakan kata atau istilah khusus tersebut di hadapan teman-teman. Mereka menceritakan dengan bahasa sendiri.

Dapatkah kau bercerita perihal kata atau istilah khusus yang kau temukan di artikel 1 dan 2 Lakukan bersama temanmu. Lakukan secara bergiliran.

Artikel 1
Kondisi cuaca ternyata mempunyai besar lengan berkuasa besar terhadap manusia. Udara sejuk sanggup menciptakan tidur menjadi nyenyak. Kebalikannya, cuaca panas menciptakan kita berkeringat. Tidur pun menjadi tidak nyaman.

Cuaca hujan sanggup menciptakan alergi kian parah. Cuaca dingin saat hujan menyebabkab alergi bertambah parah.

Hari yang cerah sangat meningkatkan suasana hati. Saat cuaca cerah langit terlihat biru dan kicauan burung-burung terdengar membuat hati bahagia.

Artikel 2
Di Kediri terjadi perubahan cuaca yang tidak menentu. Cuaca panas dan dingin berganti dengan cepat sehingga orang gampang terjangkit penyakit.

Hal ini menjadikan kunjungan pasien ke rumah sakit meningkat.  Ada 2 penyakit yang sering dikeluhkan pasien ketika perubahan cuaca ini. Penyakit itu yakni infeksi susukan pernafasan akut (ISPA) dan diare.

Penyakit tersebut bergotong-royong sanggup dicegah dengan banyak makan sayur, buah-buahan, dan minum air putih, dan banyak berolahraga..

Ayo Mengamati
Tak terasa, waktu istirahat pun tiba. Udin dan teman-teman hendak bermain di halaman sekolah. Namun, hujan turun rintik-rintik. Mereka kemudian kembali ke dalam kelas biar nanti tidak kehujanan. Mereka duduk di lantai dan berdiskusi kegiatan apa yang cocok dimainkan di dalam kelas.

Kegiatan apa yang kau pilih ketika cuaca hujan? Bicarakan dengan teman-temanmu.
Saat cuaca hujan ada beberapa kegiatan yang sanggup dilakukan di dalam rumah. Misalnya saja bermain kelerang, bermain lompat tali, bermain tapak gunung, dan membaca buku

Udin dan teman-teman menentukan beristirahat di kelas ketika cuaca hujan. Udin dan teman-teman bahu-membahu mendorong meja dan dingklik ke pinggir, bersisian dengan dinding. Kini, mereka sanggup beristirahat dan bermain di ruang kelas yang lebih lapang.
Cuaca cerah matahari bersinar jernih dan udara terasa segar Pembelajaran 4 Subtema 2 Perubahan Cuaca
Waktu istirahat telah usai. Saatnya merapikan kembali mainan yang telah digunakan. Udin dan teman-teman membersihkan bekas kapur permainan tapak gunung, merapikan tali, buku, dan kelereng.

Meja dan dingklik ditarik kembali ke posisi semula. Kelas pun kembali rapi dan bersih.

Ayo Menulis
Aktivitas Udin dan teman-teman ketika istirahat tadi beragam. Namun, mereka tetap bersatu untuk merapikan kelas kembali menyerupai semula. Apakah kau pernah mempunyai pengalaman yang sama dengan Udin dan teman-temannya? Mengapa bersatu dalam keberagaman itu penting?
Bersatu dalam keberagaman sangat penting alasannya yakni sanggup mewujudkan pergaulan antarsesama yang lebih akrab. Kemudian, perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah
Tuliskan pengalamanmu pada lembar yang tersedia. Jika telah tamat menulis, gunting lembaran tersebut dan pajanglah di kelasmu. Kamu boleh bercerita kepada sahabat perihal pengalamanmu.

Ayo Beraktivitas
Dayu melihat ke langit. Cuaca hujan berangsur-angsur menghilang, berganti dengan cuaca berawan. Sesekali angin bertiup agak kencang.

Udara terasa sejuk ketika cuaca berawan. Ini waktu yang sempurna untuk beraktivitas di luar ruangan. Dayu mengajak teman-teman berkumpul di halaman sekolah.

Dayu bertugas menjadi pemimpin barisan. Dayu dan teman-teman berbaris dengan rapi. Mereka mengatur barisan biar setiap orang mempunyai ruang yang cukup untuk bergerak.

Dayu meminta teman-teman melaksanakan gerakan berputar menyerupai tertiup angin. Gerakan harus tetap
seimbang tanpa terjatuh.
Cuaca cerah matahari bersinar jernih dan udara terasa segar Pembelajaran 4 Subtema 2 Perubahan Cuaca
Dapatkah kau mengikuti gerakan Dayu? Lakukan sambil menghirup udara. Rasakan hembusan angin dan sejuknya udara di ketika cuaca berawan.

No comments:

Post a Comment