Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 2 Subtema 1 Teknologi Produksi Pangan

Dayu, Siti, dan Lani membaca buku perihal pengolahan ikan bandeng. Mereka tertarik untuk melihat cara pengolahan ikan bandeng.

Esok harinya, Dayu, Siti, dan Lani mengunjungi daerah pengolahan ikan bandeng. Mereka berkunjung ke rumah Pak Sarip. Pak Sarip mempunyai bak ikan bandeng. Pak Sarip juga mengolah ikan bandeng semoga lebih awet. Pak Sarip menciptakan ikan bandeng presto. Dayu dan teman-teman ingin melihat proses pengolahannya.

Ayo Membaca
Bacalah teks perihal “Bandeng Presto” berikut.

Bandeng Presto
Bandeng presto ialah ikan bandeng yang dimasak dengan memakai panci presto. Panci presto menghasilkan uap air bertekanan tinggi. Hal itu yang akan menciptakan daging ikan menjadi lunak. Tidak hanya dagingnya, duri ikan pun akan melunak.

Bandeng presto ini dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Ikan yang sudah diberi bumbu lalu dibungkus daun pisang. Setelah itu, ikan dimasukkan ke dalam panci presto yang sanggup di kunci rapat. Lalu, ikan akan matang secara merata.

Setelah matang, bandeng presto sanggup dikemas. Cara mengemas bandeng presto akan memilih daya tahan ikan. Jika dibungkus plastik biasa, ikan akan bertahan selama 5 hari. Namun, jikalau dibungkus dengan memakai plastik tahan udara, ikan akan bertahan sampai 3 bulan.

Ayo Berlatih
Kumpulan kalimat yang diberi warna berbeda disebut paragraf. Ada berapa buah paragraf pada teks “Bandeng Presto”?(3 paragraf)

Ayo Berlatih
Lengkapi informasi yang diperoleh dari teks bacaan “Bandeng Presto”!
 dan Lani membaca buku perihal pengolahan ikan bandeng Pembelajaran 2 Subtema 1 Teknologi Produksi Pangan

Informasi 1 : Bandeng presto dimasak memakai panci presto
Informasi 2 : Panci presto akan menciptakan daging ikan menjadi lunak
Informasi 3 : Kemasan bandeng presto memilih daya tahan ikan.

Ayo Mencoba
Selain bak ikan, Pak Sarip juga mempunyai bak renang. Pak Sarip mengajak Siti, Dayu, dan Lani menuju ke bak renang. Pak Sarip mempersilakan mereka bermain di bak renang.

Di bak renang, banyak anak sedang bermain air. Ada yang duduk-duduk di tepi kolam. Ada yang mencar ilmu meluncur. Ada pula yang telah jago berenang. Seorang penjaga mengamati di tepi kolam.

Lani telah jago berenang. Dayu ingin mencar ilmu berenang pada Lani. Mereka berdua turun ke bak dangkal. Siti mengamati dari pinggir kolam. Gerak pertama yang harus dikuasai ketika berenang ialah mengambang. Mengambang merupakan gerak dasar dalam acara berenang.

Gerak Dasar Mengambang
Saat berenang, perhatikan keselamatan diri dan orang lain. Gunakan alat bantu, menyerupai pelampung, untuk menjaga keselamatan diri ketika mencar ilmu mengambang dalam air. Pelampung ialah alat bantu untuk menjaga badan tetap mengambang ketika berenang.

Cobalah untuk mengambang di bak dengan kedalaman sebatas dada. Tangan memegang papan luncur atau ban. Posisi badan berada di atas permukaan air. Kaki bergerak sambil mengayuh. Lakukan berulang-ulang.
 dan Lani membaca buku perihal pengolahan ikan bandeng Pembelajaran 2 Subtema 1 Teknologi Produksi Pangan
Ayo Mengamati
Lani, Dayu, dan Siti mempunyai kemampuan yang berbeda dalam berenang. Lani telah jago berenang. Dayu ingin mencar ilmu berenang. Siti lebih bahagia bermain di pinggir kolam. Di lingkungan sekitar, kita sanggup menemukan bermacam-macam kemampuan. Beragam artinya bermacam-macam.

Lani, Dayu, dan Siti juga mempunyai cara yang berbeda dalam menikmati buah-buahan. Misalnya Siti menikmati buah-buahan ketika minum susu rasa stroberi. Dayu menikmati bolu pisang. Lani lebih suka makan buah apel. Semua suka buah-buahan. Namun, mereka menikmati buah dengan cara yang berbeda-beda. Setiap orang mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda.

Ayo Mencoba
Dengarkan dongeng gurumu perihal bermacam-macam kebiasaan. Dapatkah kau menyebutkan perbedaan kebiasaan Dayu, Siti, dan Lani dari dongeng tersebut?
Lani, Dayu, dan Siti juga mempunyai cara yang berbeda dalam menikmati buah-buahan. Kebiasaan yang berbeda merupakan bab dari keberagaman.

Dayu, Siti, dan Lani sedang menikmati makanannya. Kemudian, Beni, Udin, dan Edo tiba membawa ragam makanan. Amati kuliner yang dibawa oleh Udin dan teman- teman
 dan Lani membaca buku perihal pengolahan ikan bandeng Pembelajaran 2 Subtema 1 Teknologi Produksi Pangan
Bolu pisang dan susu rasa stroberi merupakan kuliner hasil pengolahan teknologi pangan. Tulislah daftar kuliner hasil teknologi pangan menurut gambar di atas!
NoJenis Makanan
1Ayam Goreng
2Sosis
3Manisan Buah-buahan
4Daging Kornet
5Roti Tawar
6Susu Instant
Makanan apa yang paling kau sukai? Sekarang, tanyakanlah kuliner kesukaan sobat atau gurumu. Wawancarai 3 orang sobat dan 2 orang guru untuk mengetahui kuliner kesukaan mereka.

Ayo Berdiskusi
Setelah melaksanakan wawancara pada sobat dan gurumu, tuliskan akhirnya pada tabel di bawah ini!
NoNamaJenis Makanan yang Disukai
1UdinMie Instant
2EdoBakso
3LaniEs Buah
4Bu Ria DaniatiManisan Buah-buahan
5Pak Iksan HeriyantoAyam Goreng
Amati hasil wawancara pada tabel di atas!
Diskusikan bersama temanmu, lalu lingkari tanggapan yang paling sempurna di bawah ini! Jenis kuliner yang disukai oleh orang-orang di lingkungan sekitarku ternyata ↠ sama / berbeda
Ini berarti, Setiap orang mempunyai kebiasaan yang ↠ berbeda /sama.

Setiap orang mempunyai kuliner kesukaan. Kesukaan setiap orang berbeda-beda. Jika temanmu mempunyai kesukaan yang berbeda darimu, apa yang  akan kau lakukan?

Sikap memahami dan mendapatkan perbedaan kesukaan setiap orang yang sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia.

No comments:

Post a Comment