Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 4 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi

Alat Transportasi
Kakek Udin bercerita perihal majemuk alat transportasi. Kita membutuhkan alat transportasi untuk bepergian. Alat transportasi sanggup mempercepat perjalanan kita. Alat transportasi darat dipakai hampir semua orang. Alat transportasi darat ada yang berjalan di jalan raya dan di atas rel.

Mobil dan motor yakni alat transportasi yang berjalan di jalan raya. Kereta yakni alat transportasi yang berjalan di atas rel. Kita menggunakan alat transportasi darat untuk jarak erat dan jauh.

Alat transportasi air dipakai oleh orang yang tinggal di erat perairan. Alat transportasi air dipakai untuk menyeberang sungai atau laut. Alat transportasi air untuk jarak erat contohnya perahu. Untuk jarak jauh kita sanggup menggunakan feri atau kapal.

Orang menggunakan alat transportasi udara untuk jarak jauh. Alat transportasi udara yakni alat transportasi yang paling cepat. Kita sanggup tiba di kawasan yang jauh dalam waktu singkat. Pesawat terbang yakni pola alat transportasi udara.
 Kita membutuhkan alat transportasi untuk bepergian Pembelajaran 4 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi
Alat transportasi terus berkembang. Sebagian alat transportasi didatangkan dari negara lain. Sebagian lagi hasil karya anak Indonesia. Anak-anak harus rajin mencar ilmu dan berkarya untuk negara.

Ayo Mencoba
Saat ini, jenis alat transportasi sangat banyak. Ada banyak sekali jenis sepeda, mobil, kereta api, pesawat, dan perahu. Jenis alat transportasi apa saja yang kau ketahui? Adakah jenis alat transportasi khas di kawasan tinggalmu? Tuliskan jawabanmu pada tabel berikut!
No.Jenis KendaraanContoh
1.SepedaSepeda santai, sepeda gunung, sepeda BMX, sepeda lipat, sepeda balap
2.MobilBus, Bajaj,  Angkot, Koperades, Taksi, dan Bemo
3.Kereta ApiKereta api uap. Kereta api diesel, Kereta rel listrik, Kereta api daya magnit, Kereta api monorel, dan Kereta api bawah tanah
4.PesawatJumbo-Passenger-Jets, Mid-Size-Passenger-Jets, Light-Passenger-Jets, dan Passenger-Turbo-Props
5.PerahuKapal Feri, Kapal Pesiar, Perahu Jukung, Speed Boat, Perahu Kora-kora

Ayo Menulis
Amati kembali teks “Alat Transportasi”! Garis bawahi kata-kata perihal alat transportasi! Lalu, buatlah kalimat dari kata yang kau temukan!
No.KataKalimat
1.SepedaSepeda merupakan alat transportasi darat
2.MobilAda beberapa jenis kendaraan beroda empat angkutan umum di Indonesia
3.Kereta ApiKereta api merupakan alat transportasi yang murah.
4.PesawatAir Bus merupakan salah satu jenis pesawat penumpang
5.PerahuNelayan menggunakan bahtera untuk melaut

Ayo Bermain Peran
Setiap orang mempunyai alat transportasi yang disukai. Setiap orang juga mempunyai alat transportasi yang tidak disukai. Apakah kau sanggup memaksa temanmu menyukai alat transportasi yang tidak disukainya? Apa yang akan terjadi jikalau kau memaksa? Apa yang akan terjadi jikalau kau tidak memaksa? Bermain peranlah secara berpasangan dengan temanmu! Peragakan cara memaksakan pendapat dan cara menjawabnya! Peragakan cara mendapatkan pendapat dan cara menjawabnya!

Ayo Menulis
Setelah bermain peran, tulislahlah kesimpulan perihal pentingnya menghargai perbedaan!
Pentingnya Menghargai Perbedaan
Dengan menghargai perbedaan yang ada mulai suku, budaya, agama, derajat, pekerjaan dan lain sebagainya, maka ini menjadi cara yang baik untuk membuat persatuan yang tetap utuh meski ada banyak perbedaan dalam bangsa Indonesia.

Ayo Mengamati
Peraturan Kolam Renang
“Jagalah Keselamatanmu dan Keselamatan Orang Lain”
  1. Tidak sakit kulit, sakit mata, sakit menular.
  2. Gunakanlah pakaian renang.
  3. Tidak membawa masakan ke dalam kolam.
  4. Tidak membawa hewan peliharaan.
  5. Membilas anggota badan sebelum berenang.
  6. Tidak meludah dan buang air kecil di dalam kolam.
  7. Tidak menggunakan ganjal kaki ke dalam area kolam.
  8. Tidak berlarian di tepi kolam.
  9. Tidak melompat ke dalam kolam.
  10. Tidak bermain-main di dalam kolam.

Amati peraturan-peraturan itu!
Menurutmu, apakah peraturan-peraturan itu  berkaitan dengan menjaga keselamatan orang lain Ambillah 1 peraturan bak renang. Lalu, jelaskan mengapa ada peraturan itu dan bagaimana jikalau kita melanggarnya?
No.PeraturanPenjelasan
1.Tidak sakit kulit, sakit mata, sakit menularOrang yang sakit sanggup menularkan penyakit melalui air kepada orang lain
2.Gunakanlah pakaian renangPakaian renang dibentuk dengan tujuan untuk mempermudah gerakan renang.
3.Tidak membawa masakan ke dalam kolamMakanan yang masuk ke dalam air bak menjadikan air menjadi keruh dan kurang bersih
4.Tidak membawa hewan peliharaanBinatang peliharaan sanggup mengganggu acara orang lain di bak renang
5.Membilas anggota badan sebelum berenangMembilas badan berenang sanggup dipakai untuk menyesuaikan suhu badan dengan suhu air kolam
6.Tidak meludah dan buang air kecil di dalam kolamMembuang air kecil dan meludah di bak renang sanggup mengotori air kolam
7.Tidak menggunakan ganjal kaki ke dalam area kolamAlas kaki hanya dipakai di luar bak saja
8.Tidak berlarian di tepi kolamBerlarian di tepi bak sangat berbahaya alasannya sanggup tercebur ke dalam kolam.
9.Tidak melompat ke dalam kolamMelompat ke dalam bak sanggup membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain
10.Tidak bermain-main di dalam kolam.Kegiatan berenang harus dilakukan dengan serius alasannya berbahaya jikalau dilakukan sambil bermain-main

Ayo Berlatih
Udin, Mutiara, dan kakek berkemas-kemas untuk berenang. Mereka sudah mengenakan pakaian renang. Mereka melaksanakan pemanasan sebelum berenang. Mereka berjalan mengelilingi kolam. Mereka tidak mengenakan ganjal kaki. Mereka tidak membawa makanan. Sebelum masuk kolam, mereka membilas anggota tubuh. Mereka masuk bak secara perlahan.

Udin, Mutiara, dan kakek menaati peraturan di bak renang. Apakah kau menyerupai mereka?Ceritakanlah apa yang akan kau lakukan untuk menjaga keselamatan orang lain ketika berenang!

No comments:

Post a Comment