Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 3 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi

Perjalanan dengan Kereta
Ayah dan ibu mengajak Udin dan Mutiara pergi ke Cirebon. Mereka ingin mengunjungi kakek dan nenek. Udin dan Mutiara sangat senang. Udin dan keluarganya pergi ke Cirebon dengan kereta api. Mereka pergi ke stasiun kereta dengan angkutan kota. Ayah sudah menyiapkan tiket kereta untuk mereka. Mereka masuk ke stasiun kereta sambil mengatakan tiket. Udin dan keluarganya menunggu kereta tiba di bersahabat peron.

Kereta yang Udin tumpangi sangat panjang. Kereta Udin mempunyai 10 gerbong. Kereta berjalan di atas rel kereta. Rel kereta terbuat dari besi. Di dalam kereta ada ruang makan. Di dalam kereta juga ada toilet.

Selama di kereta, Udin menikmati pemandangan yang indah. Kereta melintasi jembatan di atas sungai. Ia melihat perkampungan dan sawah yang hijau. Udin juga melihat aneka macam kendaraan kemudian lalang. Ada sepeda motor, mobil, bus, becak, dan dokar. Udin melihat semuanya dari jendela kereta.

Udin sangat bersyukur sanggup menikmati perjalanannya dengan kereta. Udin berterima kasih kepada ayah dan ibu yang sudah mengajaknya bepergian. Ia juga berterima kasih kepada bapak masinis yang membawa beliau dan keluarganya hingga di Cirebon.

Ayo Mengamati
Udin mengetahui jenis-jenis alat transportasi. Salah satunya kereta api. Udin mengingat kembali alat transportasi yang sudah beliau ketahui. Bantulah Udin dengan mengisi tabel berikut ini!
Alat Transportasi
DaratAirUdara
Mobil, Kereta Api, BecakPerahu, Kapal, Speed boatPesawat terbang

Ayo Menulis
Bacalah kembali teks “Perjalanan dengan Kereta”. Temukan kata-kata gres pada teks! Tuliskan lima kata gres itu pada tabel! Lalu, buatlah kalimat dengan kata-kata gres itu!
No.Kata BaruKalimat
1.StasiunKereta api berhenti di stasiun.
2.PeronPenumpang menunggu kereta di peron.
3.ToiletDalam gerbong pesawat terdapat toilet
4.MasinisKereta api dijalankan oleh seorang masinis
5.TiketSebelum naik kereta sebaiknya membeli tiket terlebih dahulu

Ayo Mencoba
Udin dan keluarganya menunggu kereta di bersahabat peron. Peron yaitu pelataran daerah penumpang naik dan turun dari kereta. Di sekitar peron ada kursi-kursi untuk menunggu. Kursi peron berbentuk persegi panjang. Jika panjang bangku 250 cm dan lebarnya 50 cm, berapakah keliling bangku peron?

Keliling bangku peron: 250 + 50 + 250 + 50 = 600 cm

Ayo Berlatih
Kamu sudah mengetahui cara menghitung konsep keliling. Berlatihlah mengerjakan soal-soal berikut!
 Ayah dan ibu mengajak Udin dan Mutiara pergi ke Cirebon Pembelajaran 3 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi
Berapakah keliling masing-masing berdiri datar di atas?
  1. A = 10 + 10 + 10 +10 = 40 cm
  2. B = 25 + 15 + 25 + 15 = 80 cm
  3. C = 52 + 25 + 52 +25 = 154 cm
  4. D = 27 + 16 + 27 + 16 = 86 cm
  5. E = 15 + 15 + 15 + 15 = 60 cm
  6. F = 12 + 36 + 12 + 36 = 96 cm

Ayo Mengamati
Masih ingatkah kau dengan kendaraan beroda empat kardus yang kau buat? Alat dan materi apa saja yang diharapkan untuk menciptakan kendaraan beroda empat kreasimu? Kegiatan apa saja yang dilakukan dalam menciptakan kendaraan beroda empat kardus?
Mobil Kardus Hasil Kreasiku
Alat dan bahanKegiatan yang Dilakukan
Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas, 1 lembar kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lemMemotong kardus, memotong kertas dan menempelnya, dan melipat
pecahan kardus bab belakang 

Ayo Berkreasi
Sebelumnya kau sudah berkreasi menciptakan mobil. Lanjutkanlah kreasimu dengan menghias mobilmu menjadi kendaraan beroda empat yang indah.

Alat dan bahan:
Pisau, gunting, selotip, lem, piring kertas 4 buah, penggaris, spidol, stik es krim, lem, cat air, kuas, dan tutup botol. (Kamu sanggup memanfaatkan barang bekas di sekelilingmu)

Ikuti langkah-langkah berikut!
 Ayah dan ibu mengajak Udin dan Mutiara pergi ke Cirebon Pembelajaran 3 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi
  1. Warnai kendaraan beroda empat dengan warna kesukaanmu. Beri lampu dan hiasan depan.
  2. Beri lampu dengan menempelkan tutup botol.
  3. Hias dengan menempelkan stik es krim
  4. Tambahkan roda. Gunting piring kertas dengan ukuran yang sesuai. Tempelkan pada sisi kiri dan kanan ibarat pada gambar.
  5. Tambahkan hiasan. Kamu sanggup memakai kertas putih yang telah diwarnai.
  6. Mobil siap dipasarkan.

Selain berkreasi menciptakan mobil, kau juga sanggup berkreasi menciptakan alat transportasi lain. Gunakan barang-barang yang ada di sekitarmu. Berkaryalah dengan sungguh-sungguh.

No comments:

Post a Comment