Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 5 Subtema 3 Energi Alternatif

Kebutuhan energi yang semakin meningkat dengan ketersediaan materi bakar yang semakin menipis, menuntut insan untuk mencari sumber energi alternatif untuk mencukupi kebutuhan. Salah satu energi alternatif ialah biobriket. Bacalah bacaan berikut ini.

Ayo Membaca
Briket Pengganti BBM
Briket ialah materi bakar pengganti materi bakar minyak atau BBM. Briket sanggup dibentuk dari bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa. Briket sanggup dibentuk dengan mudah. Berikut ini cara pembuatan briket. Alat dan bahan:
  1. Batok kelapa/bambu/serbuk gergaji
  2. Kanji
  3. Potongan bambu/pipa paralon setinggi 7-10 cm untuk cetakan
  4. Korek api
Kebutuhan energi yang semakin meningkat dengan ketersediaan materi bakar yang semakin menip Pembelajaran 5 Subtema 3 Energi Alternatif
Cara kerja:
  1. Siapkan materi yang akan dijadikan briket. Contoh materi ialah bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa (tempurung kelapa).
  2. Keringkan materi tersebut hingga benar-benar kering.
  3. Bakar di dalam kawasan khusus hingga berbentuk arang.
  4. Hasil pembakaran berupa arang atau serbuk arang ditumbuk halus. Kemudian disaring atau diayak.
  5. Hasil saringan kemudian dicampur dengan gabungan kanji secukupnya. Fungsi kanji sebagai perekat.
  6. Adonan kemudian dicetak memakai kepingan bambu. Bisa juga memakai pipa paralon ukuran sedang. Saat dimasukkan ke dalam cetakan, gabungan arang tadi dipadatkan.
  7. Tahap terakhir ialah pengeringan. Pengeringan dilakukan untuk mengurangi kadar air. Pengeringan sanggup memakan waktu beberapa hari. Hal ini tergantung terik tidaknya sinar matahari.
Briket mempunyai beberapa kelebihan dibanding materi bakar minyak. Briket sanggup mengurangi pencemaran tanggapan materi bakar fosil. Briket gampang terbakar. Namun, briket tidak cepat habis. Penggunaan briket merupakan salah satu cara menghemat materi bakar minyak.

Ayo Berlatih
Kalian telah membaca perihal di atas. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
  1. Sebutkan fungsi briket! Fungsi briket ialah sebagai pengganti materi bakar minyak.
  2. Sebutkan alat dan materi yang sanggup digunakan untuk menciptakan briket! Alat dan materi untuk menciptakan briket antara lain : bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa (tempurung kelapa).
  3. Jelaskan paling sedikit 2 kelebihan briket dari materi bakar minyak (BBM)!Kelebihan briket dari materi bakar minyak antara lain briket sanggup mengurangi pencemaran tanggapan materi bakar fosil, briket gampang terbakar, namun, briket tidak cepat habis.
  4. Mengapa briket sanggup dijadikan energi alternatif? Briket sanggup dijadikan energi alternatif alasannya sanggup menghemat penggunaan materi bakar minyak.
  5. Briket sanggup mengurangi sampah. Bagaimana berdasarkan pendapatmu? Jelaskan alasannya! Briket sanggup mengurangi sampah alasannya briket terbuat dari bahan-bahan sisa menyerupai serbuk gergaji dan tempurung kelapa.

Penggunaan briket sanggup mengurangi sampah. Pengurangan sampah sangat bermanfaat untuk lingkungan. Menggunakan briket termasuk menjaga lingkungan. Lingkungan yang terjaga baik untuk kehidupan.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan cara mengurangi sampah yang sanggup kau lakukan! Diskusikan bersama temanmu. Tuliskan dan sampaikan hasil diskusimu di depan kelas.
Kebutuhan energi yang semakin meningkat dengan ketersediaan materi bakar yang semakin menip Pembelajaran 5 Subtema 3 Energi Alternatif
  1. Gunakan botol minum yang sanggup digunakan berulang
  2. Membeli kemasan isi ulang untuk deterjen,shampo,sabun,atau kecap daripada selalu memberi kemasan yang gres setiap kali habis 
  3. Gunakan kotak bekal untuk membawa makanan ke sekolah.
  4. Kurangi makanan yang memakai kantong plastik sebagai pembungkus.
  5. Membuang kertas kalau kedua halaman sudah terisi.

Ayo Berlatih
Siti dan teman-teman sedang berkemah. Selama berkemah mereka memasak makanan sendiri. Selama berkemah mereka juga memasak air sendiri. Mereka memasak memakai materi bakar briket. Selesaikan duduk masalah berikut ini!

1. Siti memakai sebuah briket untuk memasak. Sebuah briket sanggup digunakan untuk 2 jam memasak. Jika Siti memasak pukul 14.30, pukul berapa briket akan habis?
14.30
02.00 +
16.30

Kaprikornus briket akan habis pada pukul 16.30

2. Udin ingin memasak air untuk minum. Udin memakai 2 buah briket untuk memasak. Setiap briket sanggup digunakan untuk 2 jam memasak. Jika Udin mulai memasak pukul 10.00, pukul berapa briket akan habis?
10.00
04.00 +
14.00

Kaprikornus briket akan habis pada pukul 14.00.

3. Kelompok Edo terdiri dari 5 orang. Setiap anggota membawa 1 buah briket berukuran kecil. Setiap briket sanggup digunakan untuk memasak selama 1 jam. Berapa usang briket kelompok tersebut sanggup digunakan?
5 x 1 jam = 5 jam

No comments:

Post a Comment