Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 2 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi

Pergi ke Pulau
Paman mengajak Beni pergi ke pulau Bunaken dengan bahtera umum. Perahu umum sanggup ditumpangi siapa saja. Perahu yang ditumpangi Beni sanggup memuat 30 orang penumpang. Di perahu,

Beni bertemu banyak orang. Perahu berisi penumpang yang beragam. Ada penumpang pria dan perempuan. Ada anak-anak, remaja, dan orang tua. Ada penduduk setempat, pengunjung lokal, dan turis asing. Penumpang bahtera mengenakan baju yang beragam. Turis absurd mengenakan celana pendek dan kaus tanpa lengan. Ada juga yang menggunakan pakaian seragam. Semua penumpang duduk bantu-membantu di dalam perahu.

Selama di perahu, paman menyapa penumpang. Paman juga berbincang-bincang dengan penumpang. Mereka tertawa bersama ketika ada yang melucu. Mereka bahagia dengan suasana erat di perahu.

Paman berdiskusi perihal transportasi air dengan turis asing. Paman bercerita bahwa Indonesia yakni negara pelaut. Transportasi air sudah dipakai semenjak zaman dahulu. Awalnya transportasi air hanya bahtera kayu yang digerakkan tangan. Ada kano dan sampan. Sekarang, orangorang menyeberang maritim dengan bahtera mesin. Ada kapal feri yang sanggup menampung banyak orang. Ada speed boat yang sanggup bergerak dengan cepat. Ada kapal pesiar untuk pergi jarak jauh.

Seperti apakah transportasi air di masa depan? Kalianlah penentu transportasi air di masa depan. Bersiaplah, belajarlah dengan tekun dan penuh semangat.

Ayo Menulis
Bacalah kembali teks “Pergi ke Pulau” dengan teliti! Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf! Tuliskan isi dongeng dari setiap paragraf!
Isi Cerita
Paragraf 1Paman mengajak Beni pergi ke pulau Bunaken dengan bahtera umum.
Paragraf 2Perahu berisi penumpang yang beragam
Paragraf 3Selama di perahu, paman menyapa penumpang.
Paragraf 4Paman berdiskusi perihal transportasi air dengan turis asing.
Paragraf 5Seperti apakah transportasi air di masa depan?

Ayo Bercerita
Alat transportasi terus berkembang. Berikut yakni gambar alat transportasi zaman dulu dan sekarang. Pasangkanlah alat transportasi dulu dan kini berikut ini dengan cara menarik garis! Ceritakan perkembangan alat transportasi yang paling kau sukai!
 Paman mengajak Beni pergi ke pulau Bunaken dengan bahtera umum Pembelajaran 2 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi
Perkembangan alat transportasi darat
  1. Sepeda  memiliki sejarah yang sangat panjang. Mulai dari bentuknya yang sederhana, beroda tiga sampai sepeda modern dengan banyak sekali bentuk yang kita kenal sekarang. sepeda pertama ditemukan oleh Baron Karl Drais von Sauerbronn atau lebih sering dikenal Karl Drais -lahir pada tanggal 29 April 1785 di Karlsruhe, Jerman. Di Indonesia, popularitas sepeda banyak dikenalkan di masa kolonial Belanda. Orang Belanda membawa sepeda buatan Eropa sebagai alat transportasi di masa pendudukan mereka di Indonesia. Kini di era milenial, model sepeda pun kian berkembang. Saat ini ada sepeda MTB (sepeda gunung) sampai sepeda lipat. Selain itu sepeda BMX juga mulai diminati oleh para anak muda Indonesia.
  2. Ide awal kereta api pertama kali dicetuskan oleh seorang ilmuwan Inggris yang berjulukan William Murdoch. Idenya sangat sederhana, yaitu sebuah rangkaian kereta yang ditarik oleh kuda. Dari awal era ke-19 hampir semuanya didukung oleh lokomotif uap. Dari tahun 1910-an dan seterusnya lokomotif uap mulai digantikan oleh kurang dan higienis lokomotif diesel dan lokomotif listrik. Saat ini kereta api ada beberapa jenis, diantaranya yakni kereta api konvensional dan kereta api monorel.
  3. Penemuan mesin diesel pada 1882 menjadi babak penting dalam sejarah mobil. Muncul kendaraan dengan mesin berbahan bakar bensin, menggunakan tiga roda, kendaraan ini diciptakan Karl Benz pada 1885. Tak mau kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah membangun kendaraan beroda empat pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern. Sejarah kendaraan beroda empat terus berkembang secara nyata pada milenium kedua. Sejumlah teknologi terbaru banyak bermunculan. Semuanya bertujuan untuk membuat kendaraan yang lebih efisien dan ramah lingkungan.
  4. Pesawat terbang diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara. Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara. Pesawat komersial yang lebih besar dibentuk pada tahun 1949 berjulukan Bristol Brabazon.Sampai kini pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.
  5. Inilah nenek moyangnya kapal laut. Kapal maritim generasi pertama ini masih sangat sederhana. Manusia purba biasa menggunakan kano atau rakit untuk menyeberangi sungai atau danau. Kano biasanya terbuat dari batang pohon. Di zaman modern ini, kapal maritim sudah semakin canggih. Kapal maritim dilengkapi mesin bertenaga tinggi sehingga sanggup melaju dengan cepat. Desainnya pun dibentuk begitu glamor dan megah, dilengkapi fasilitas-fasilitas yang memanjakan penumpangnya.

Ayo Mengamati
Amati kembali teks “Pergi ke Pulau”! Perahu berisi penumpang yang beragam. Tulislah keberagaman penumpang bahtera di bawah ini!

Keberagaman Penumpang Perahu
  1. Penumpang bahtera mengenakan baju yang beragam.
  2. Penumpang bahtera ada penumpang pria dan perempuan. 
  3. Penumpang bahtera ada anak-anak, remaja, dan orang tua. 
  4. Penumpang bahtera ada penduduk setempat, pengunjung lokal, dan turis asing.
  5. Keragaman alat transportasi air ketika ini ibarat kapal feri, speed boat, dan kapal pesiar.

Ayo Mencoba
Pemandangan di pantai sangat indah. Air lautnya higienis dan jernih. Beni bermain di pantai. Ia bermain bersama pengunjung lainnya. Mereka bermain ombak sambil berenang. Paman berpesan semoga Beni menjaga keselamatan diri dan orang lain ketika bermain di pantai.

Menjaga Keselamatan Orang Lain di Pantai
  1. Memperhatikan teman yang bermain di pantai
  2. Menemani teman melaksanakan acara di pantai
  3. Mengingatkan teman jikalau ada ombak besar
  4. Mengingatkan teman semoga tidak berenang terlalu jauh ke laut
  5. Menyingkirkan benda tajam yang ada di dalam air

Ayo Berlatih
Kamu sudah tahu perbuatan yang sanggup menjaga keselamatan orang ketika bermain air di pantai. Setiap perbuatan yang kau lakukan niscaya ada alasannya. Amati perbuatan menjaga keselamatan orang lain berikut ini. Mengapa itu dilakukan? Tuliskan jawabanmu! Lalu, ceritakan salah satu jawabanmu di depan kelas!
No.Tindakan Menjaga KeselamatanAlasan
1.Memperhatikan teman yang bermain di pantaiSaat berenang perlu pengawasan semoga ketika ada kecelakaan ada yang melihat
2.Menemani teman melaksanakan acara di pantaiSaat berenang membutuhkan teman untuk menunjukkan dukungan yang dibutuhkan
3.Mengingatkan teman jikalau ada ombak besarOmbak yang besar sanggup menteret orang yang sedang berenang ke tengah laut
4.Mengingatkan teman semoga tidak berenang terlalu jauh ke lautSemakin jauh dari pantai ombak semakin besar dan sanggup membahayakan keselamatan
5.Menyingkirkan benda tajam yang ada di dalam airBenda-benda tajam sanggup melukai kepingan badan ketika berenang.
Tuhan membuat insan untuk bertanggungjawab terhadap keselamatan dirinya dan orang lain, harus sanggup bekerja sama dan saling tolong menolong sebagai bentuk syukur akan segala karunia Tuhan.

No comments:

Post a Comment