Monday, November 25, 2019

Pembelajaran 3 Subtema 1 Saya Anggota Pramuka

Anggota pramuka harus mengenal dengan baik negaranya. Anggota pramuka harus mengenal bahasa dan lambang negaranya. Anggota pramuka juga harus mengenal lagu kebangsaan. Mengenal lambang negara dan lagu kebangsaan mempunyai kegunaan untuk melatih rasa cinta tanah air.

Salah satu kegiatan mengenal negara ialah memahami arti lagu Garuda Pancasila. Syair lagu Garuda Pancasila mempunyai arti bahwa kita sebagai warga negara akan selalu mendukung Pancasila. Warga negara Indonesia berjiwa patriot. Berjiwa patriot artinya siap berjuang dan rela berkorban untuk negara.

Rakyat Indonesia akan hidup makmur sentosa jikalau melakukan nilai-nilai Pancasila. Untuk itu bangsa Indonesia harus terus maju dan pantang mundur.

Setelah memahami lagu Garuda Pancasila diperlukan anggota pramuka mempunyai perilaku nasionalis. Anggota pramuka harus menyayangi negara Indonesia dan selalu bersikapsesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Arti lagu Garuda Pancasila berisi perihal perilaku yang diperlukan dari warga negara untuk menyayangi negaranya. Rela berkorban untuk bangsanya. Semua sanggup berkontribusi untuk mengharumkan nama bangsa. Salah satunya menghargai kebudayaan, menghargai perbedaan, dan berprestasi.

Ayo Berlatih
Temukan arti dari syair lagu Garuda Pancasila dan tuliskan
Syair LaguArtinya
Garuda pancasila, akulah pendukungmuWarga negara Indonesia menyayangi negara dan mengenal baik lambang negaranya
Patriot proklamasi, sedia berkorban untukmuWarga negara Indonesia menyayangi negara dan mengenal baik lambang negaranya
Pancasila dasar negara, Rakyat adil makmur sentosaMengakui Pancasila sebagai dasar negara dan siap melakukan nilainilai Pancasila untuk mengakibatkan rakyat Indonesia hidup makmur sentosa.
Pribadi bangsaku, Ayo maju maju, Ayo maju maju, Ayo maju majuSebagai warga negara Indonesia akan terus maju dan tidak gampang menyerah.

Ayo Berlatih
Melatih kecintaan terhadap negara sanggup dilakukan melalui kegiatan upacara. Edo menjadi pemimpin upacara dikala latihan pramuka. Edo memimpin upacara dengan baik dan sanggup mengatakan perilaku hormat bendera dengan baik. Edo juga sudah sanggup mengambarkan perilaku baris yang baik. Edo menjadi pola bagi teman-temannya.

Dapatkah kau menggandakan tepi lurus dari gambar-gambar berikut? Bagaimana sudut yang kau hasilkan dari menggandakan tepi lurus? Ingat sudut dibuat oleh dua buah garis !
Anggota pramuka harus mengenal dengan baik negaranya Pembelajaran 3 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka
Sekarang coba perhatikan benda-benda di sekitarmu ! Tuliskan benda-benda yang tepi lurusnya membentuk sudut. Tuliskan pada tabel berikut sebanyak mungkin !
No.Nama BendaNo.Nama Benda
1Meja6Gambar Presiden
2Kursi7Gambar Wakil Presiden
3Almari8Kotak Pensil
4Rak Buku9Tempat Sampah
5Gambar Lambang Negara10Buku Tematik Kelas III

Ayo Bernyanyi
Latihan pramuka akan ditutup dengan menyanyikan lagu
Anggota pramuka harus mengenal dengan baik negaranya Pembelajaran 3 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka
Kegiatan ini sanggup dilakukan memakai alat musik pukul.

Pola irama yaitu panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya suara sanggup dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan merupakan suara yang teratur yang digambarkan menyerupai suara detak jarum jam. Pola irama berjalan berdasarkan birama. Birama yaitu besar lengan berkuasa dan lemahnya suara dalam lagu. Kuat lemahnya suara dibatasi garis birama. Birama ditandai dengan tanda birama. Contoh dari tanda birama yaitu 4/4. Artinya setiap birama ada empat ketukan

No comments:

Post a Comment