Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 2 Subtema 3 Saya Suka Berpetualang

Mengenal Budaya Indonesia. Indonesia negara yang kaya akan budaya. Ada aneka macam macam suku dan agama di Indonesia. Masyarakat mempunyai kebiasaan dan budaya yang sangat beragam.

Bertualang untuk mengenal budaya Indonesia merupakan tanda cinta tanah air. Bertualang untuk mengenal keindahan juga merupakan acara menyenangkan.

Keragaman budaya dipengaruhi oleh letak wilayah Indonesia. Indonesia negeri yang sangat luas dan kaya. Indonesia yang luas terdiri atas lautan dan daratan. Indonesia juga mempunyai pantai dan pegunungan yang sangat indah. Kebiasaan masyarakat di pegunungan berbeda dengan masyarakat di pesisir pantai.

Meskipun berbeda-beda bangsa Indonesia tetap hidup rukun. Semua bekerja sama menjaga Indonesia. Hal ini sesuai dengan semboyan Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan tersebut terdapat pada lambang negara Garuda Pancasila. Semboyan tersebut tertulis pada pita yang dicengkram burung garuda.

Keberagaman harus disyukuri sebagai rahmat dari Tuhan. Menerima dan menghormati perbedaan termasuk sikap yang disukai Tuhan.

Perhatikan pola sikap berikut ini!
 Ada aneka macam macam suku dan agama di Indonesia Pembelajaran 2 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Udin beragama Islam. Edo beragama Nasrani Protestan. Udin dan Edo tetap rukun berteman. Udin dan Edo mendapatkan dan menghormati perbedaan.

Siti berasal dari suku Minang. Dayu berasal dari suku Bali. Siti dan Dayu tetap rukun berteman. Siti dan Dayu mendapatkan dan menghormati perbedaan.

Beni dan Lani mempunyai pendapat yang berbeda ketika berdiskusi. Beni dan lani tetap rukun berteman. Beni dan Lani mendapatkan dan menghormati perbedaan.

Sikap Udin dan kawan-kawan sesuai dengan semboyan negara Indonesia. Semboyan negara Indonesia ialah Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka artinya berbeda-beda. Tunggal artinya satu. Ika artinya juga. Bhinneka Tunggal Ika berarti, meskipun berbeda-beda tetapi satu juga. Meskipun mempunyai banyak suku bangsa dan agama, tetapi semua tetap satu, Indonesia.

Ayo Berlatih
Berilah tanda centang (✔) untuk pola sikap menghormati perbedaan. Berilah tanda silang (X) untuk pola sikap tidak menghormati perbedaan.
NoSikapTanda
1Bermain dengan semua teman
2Menolak pendapat orang lainX
3Memanggil sobat dengan sebutan yang tidak baikX
4Memberi kesempatan sobat untuk beribadah
5Tidak memaksa sobat yang takut bermain sepeda

Ada banyak pola pelaksanaan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Jelaskan salah satu pola yang pernah kau temui!

Ayah dan Ibu Siti berasal dari Sumatera Barat. Kampung halaman orang bau tanah Siti berada di kawasan pegunungan yang asri. Udara pegunungan sangat sejuk dan pemandangannya indah. Ada sungai, sawah, dan air terjun. Jalan di pegunungan berkelok-kelok dan menanjak.

Pengemudi harus berhati-hati ketika melintasi jalan di pegunungan. Apalagi ketika hujan turun, jalannya menjadi lebih licin. Rambu kemudian lintas dipasang untuk menjaga keamanan pengendara.

Perhatikan rambu-rambu kemudian lintas berikut!
 Ada aneka macam macam suku dan agama di Indonesia Pembelajaran 2 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Rambu tersebut sanggup ditemukan di jalanan berkelok-kelok. Rambu tersebut juga sanggup ditemukan di kawasan pengunungan.

Ayo Berlatih
Pasangkan simbol rambu-rambu kemudian lintas berikut dengan artinya!
 Ada aneka macam macam suku dan agama di Indonesia Pembelajaran 2 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Menurut kalian, mengapa harus dipasang rambu jalan berkelok?
Rambu jalan berkelok dipakai mendukung kelancaran dan keselamatan pengendara atau pengguna jalan. 

Indonesia mempunyai aneka macam macam jenis permainan tradisional. Keanekaragaman permainan tradisional menambah kekayaan Indonesia. Salah satu permainan tradisional di Indonesia ialah galasin. Permainan ini banyak dimainkan di aneka macam daerah. Setiap kawasan mempunyai nama yang berbeda untuk permainan Galasin. Ada yang menyebut galasin. Ada pula yang menyebut gobak sodor dan gobag.

Ayo Mencoba
Cobalah bermain galasin bersama temantemanmu! Cobalah berlatih melewati penjaga sampai
berhasil! Ikuti petunjuk berikut ini!
  1. Buatlah garis-garis penjagaan memakai kapur tulis. Garis membentuk lapangan segi empat. Lapangan tersebut dibagi menjadi 6 bagian.
  2. Buatlah garis di tengah lapangan. Garis ini sebagai tempat atau jalan kapten (sodor).
  3. Buatlah dua tim. Masing-masing tim terdiri atas 3 hingga 5 pemain. 4. Satu tim akan menjadi tim “jaga” dan tim lainnya akan menjadi tim “lawan”. Penentuan tim sanggup dilakukan dengan pengundian.
  4. Anggota tim yang menerima giliran “jaga” akan menjaga lapangan. Tempat yang dijaga ialah garis horisontal. Kapten tim akan menjaga garis batas vertikal.
  5. Penjaga garis horisontal berusaha untuk menghalangi lawan. Penjaga garis horisontal sanggup bergerak ke kanan dan ke kiri.
  6. Tugas penjaga garis vertikal bertugas menjaga keseluruhan garis batas vertikal. Garis vertikal merupakan garis yang terletak di tengah lapangan. penjaga garis vertikal bergerak dari depan ke belakang atau sebalikya 
  7. Tim pemain harus berusaha melewati seluruh garis batas horisontal. Dari batas horisontal paling depan hingga baris paling belakang. Mereka juga harus kembali ke tempat semula. Mereka harus sanggup melewati penjaga tanpa tersentuh.
 Ada aneka macam macam suku dan agama di Indonesia Pembelajaran 2 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Permainan ini sangat mengasyikkan untuk dimainkan. Perlu kelincahan semoga sanggup melewati para penjaga. Untuk memenangkan permainan ini sangatlah sulit. Perlu kolaborasi yang baik antarpemain. Kerja sama yang baik akan membantu keberhasilan dalam memenangkan permainan. Saling memberi pendapat dalam permainan merupakan bab dari kerja sama. Saling menghargai dalam permainan juga bab dari kerja sama

Menerima dan menghargai aneka macam sifat sobat merupakan sikap mendapatkan perbedaan. Sikap tersebut sudah sesuai dengan semboyan negara Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

No comments:

Post a Comment