Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 3 Subtema 3 Saya Suka Berpetualang

Bersepeda Bersama Teman. Hari ini Udin dan teman-teman bermain di lingkungan sekitar rumah. Mereka ingin berkeliling memakai sepeda. Tidak semua sahabat Udin ikut bermain memakai sepeda. Teman Udin ada yang belum sanggup mengendarai sepeda. Udin dan teman-teman melewati jalan raya.

Mereka melihat rambu-rambu kemudian lintas. Udin dan teman-teman menaati peraturan kemudian lintas. Lampu kemudian lintas merupakan salah satu rambu lalu
lintas. Lampu kemudian lintas terdiri atas 3 warna. Yaitu merah, kuning, dan hijau.

Lampu hijau menyala, berarti kendaraan boleh melaju. Lampu kuning menyala, berarti kendaraan harus berkemas-kemas melaju atau berhenti. Lampu merah menyala, berarti kendaraan harus
berhenti.
teman bermain di lingkungan sekitar rumah Pembelajaran 3 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Udin dan teman-teman mentaati peraturan kemudian lintas. Petualangan dengan bersepeda menciptakan Udin dan teman-teman senang. Mereka juga menjadi lebih paham mengenai rambu-rambu kemudian lintas.

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan berikut sesuai bacaan sebelumnya!
  1. Apa kendaraan yang dipakai Udin dan teman-teman? (Sepeda)
  2. Mengapa sahabat Udin ada yang tidak ikut bermain? (Karena tidak sanggup mengendarai sepeda)
  3. Apa saja warna yang ada pada lampu kemudian lintas? (Rambu kemudian lintas yang ditemui Udin dan teman-teman ialah lampu kemudian lintas, rambu dihentikan masuk, rambu dihentikan belok kiri, dan rambu dihentikan belok kanan.)
  4. Tuliskan arti setiap warna yang ada pada lampu kemudian lintas!(Merah mengambarkan berhenti atau sebuah tanda bahaya, kuning mengambarkan hati-hati, dan hijau mengambarkan boleh memulai berjalan dengan hati-hati.)

Udin dan teman-teman menemukan banyak rambu kemudian lintas. Diantara rambu tersebut ada rambu
dihentikan masuk ke jalur tertentu. Ada pula rambu tidak boleh belok kanan. Ada pula rambu tidak boleh belok kiri. Cobalah menemukan lambang dan arti rambu kemudian lintas! Hubungkan rambu kemudian lintas dan artinya berikut ini!
teman bermain di lingkungan sekitar rumah Pembelajaran 3 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Berikut ini laporan kemampuan 10 anak dalam mengendarai sepeda. Laporan dibentuk dalam bentuk diagram.
teman bermain di lingkungan sekitar rumah Pembelajaran 3 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Jawablah pertanyaan menurut diagram tersebut!
  1. Berapa banyak anak yang sanggup mengendarai sepeda? Teman Edo yang sudah sanggup mengendarai sepeda ada 8 orang.
  2. Berapa banyak anak yang belum sanggup mengendarai sepeda? Teman Edo yang belum sanggup mengendarai sepeda ada 2 orang.
  3. Berapa beda antara anak yang sanggup mengendarai sepeda dan yang belum sanggup mengendarai sepeda? Bedanya antara sahabat yang sudah sanggup mengendarai dan belum ada 6 orang.

Cobalah amati kendaraan yang ada di sekolahmu! Hitunglah banyak kendaraan yang ada di sekolahmu! Tuliskan data pada tabel berikut!
SepedaMotorMobil
IIII IIIIII IIIIIII

Sajikan hasil pengamatanmu dalam bentuk diagram!
teman bermain di lingkungan sekitar rumah Pembelajaran 3 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang

Ayo Berkreasi
Pengemudi kendaraan harus mengetahui peraturan kemudian lintas. Pengemudi kendaraan harus mentaati peraturan kemudian lintas. Berikut ini ada gambar kereta api. Tahukah kau apa sebutan untuk pengemudi
kereta api? Berilah hiasan biar gambar kereta api ini menjadi lebih menarik! Gunakan titik, garis, atau bidang untuk menghiasnya!
teman bermain di lingkungan sekitar rumah Pembelajaran 3 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Biasanya, lampu warna merah mengandung beberapa corak berwarna jingga, dan lampu hijau mengandung beberapa warna biru. Ini dimaksudkan biar orang-orang yang buta warna merah dan hijau sanggup mengerti sinyal lampu yang menyala. Di Amerika Serikat, lampu kemudian lintas mempunyai pinggiran berwarna putih yang sanggup menyala dalam kegelapan. Ini bertujuan biar orang yang mengidap buta warna sanggup membedakan mana lampu kendaraan dan yang mana lampu kemudian lintas dengan posisinya yang vertikal.

No comments:

Post a Comment