Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 4 Subtema 4 Penghematan Energi

Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah. Keduanya ke sekolah dengan berjalan kaki. Siti dan Dayu ke sekolah juga berjalan kaki. Ada juga sahabat Udin ke sekolah naik sepeda.

Bersepeda atau berjalan kaki bersama sahabat merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bersepeda menghemat energi materi bakar minyak. Karena berjalan dan bersepeda tidak membutuhkan materi bakar minyak.

Menggunakan transportasi umum termasuk menghemat materi bakar minyak. Penggunaan transportasi umum mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Semakin banyak orang memakai transportasi umum, semakin banyak penghematan materi bakar minyak.
Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah Pembelajaran 4 Subtema 4 Penghematan Energi
Isilah titik-titik berikut menurut bacaan di atas!
  1. Sebutkan jumlah kegiatan menghemat energi di atas? Ada tiga kegiatan yaitu berjalan kaki, bersepeda, dan memakai transportasi umum.
  2. Apa saja yang termasuk kegiatan menghemat energi? Berangkat sekolah dengan berjalan kaki, bersepeda, dan memakai transportasi umum.
  3. Energi apakah yang dihemat? Energi yang dihemat yaitu Bahan Bakar Minyak.
  4. Mengapa memakai kendaraan umum termasuk menghemat energi? Karena semakin banyak orang memakai transportasi umum, semakin banyak penghematan materi bakar minyak.
  5. Mengapa kalian perlu menghemat energi?  Kita harus menghemat energi supaya tercipta ketersediaan energi tetap terjaga baik di masa kini maupun di masa mendatang.

Ayo Menulis
Rencanakan kegiatan menghemat energi! Lakukan kegiatan tersebut selama satu hari! Tuliskan kegiatan yang akan dilakukan!
Rencana Kegiatan Menghemat Energi
Waktu pelaksanaan::Senin, 19 Maret 2019
Tempat pelaksanaan::.SD Cendekia
Kegiatan menghemat energi yang akan dilakukan:
  1. Berangkat ke sekolah dengan memakai sepeda;
  2. Mematikan lampu kelas pada ketika siang hari;
  3. Menggunakan lampu hemat energi;
  4. Tidak memakai pengatur suhu ruangan/AC ketika pagi hari.
  5. Mematikan kran sesudah digunkan untuk basuh tangan.
  6. Menggurangi penggunaan alat listrik;

Catatan pelaksanaan:
  1. Bersepeda ketika berangkat sekolah, mematikan lampu di siang hari, mematikan kran, mengurangi penggunaan alat listrik termasuk kegiatan menghemat energi;
  2. Kegiatan menghemat energi tidak hanya dilakukan di sekolah, namun juga sanggup dilakukan ketika berada di rumah.
  3. Kegiatan menghenmat energi merupakan kewajiban setiap warga sekolah.
Berjalan kaki ke sekolah sangat menyenangkan. Berjalan kaki ke sekolah termasuk menghemat energi BBM.

Pejalan kaki berhak mendapat keamanan selama berjalan. Pejalan kaki berkewajiban menaati peraturan supaya selamat di perjalanan.

Ayo Berlatih
Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Agar semua sanggup berjalan dengan baik.
Perhatikan gambar berikut! Tuliskan hak dan kewajiban supaya tidak terjadi hal menyerupai pada gambar!
Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah Pembelajaran 4 Subtema 4 Penghematan Energi
  1. Hak : mendapat sumber energi, Kewajiban : menghabiskan masakan yang sudah diambil;
  2. Hak : mendapat air bersih, Kewajiban : memakai air dengan bijak;
  3. Hak : mendapat lingkungan yang sehat, Kewajiban : menjaga lingkungan dari pencemaran;
  4. Hak : mendapat lingkungan yang asri, Kewajiban : merawat dan menjaga tanaman.

Ayo Mencoba
Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh termasuk kewajiban. Menjaga kesehatan termasuk sikap
berterima kasih kepada Tuhan. Kalian harus berterima kasih atas semua pemberian-Nya. Hal ini dilakukan dengan cara menjaga kesehatan.

Kesehatan dijaga dengan acara jasmani. Aktivitas jasmani sanggup dilakukan bersama teman. Lakukan acara jasmani untuk melatih tubuh menjadi berpengaruh dan sehat.

Lakukan acara jasmani menyerupai berikut!
Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah Pembelajaran 4 Subtema 4 Penghematan Energi
Cara melakukannya menyerupai berikut.
  1. Siapkan dua buah tempurung kelapa atau benda lain yang sanggup menjadikan bunyi.
  2. Berdiri tegak perilaku sempurna.
  3. Melompatlah ke kiri dan ke kanan sambil menepukkan tempurung kelapa. Ayunkan tangan ke kiri dan ke kanan sesuai dengan gerak kaki. Kaki kiri diangkat, tangan mengayun ke kanan sambil menepukkan tempurung kelapa. Kaki kanan diangkat, tangan mengayun ke kiri.
  4. Pada hitungan keempat meloncat sambil putar tubuh menghadap ke kiri. Lakukan sambil menepukkan kedua tempurung kelapa.
  5. Lakukan gerakan hingga kembali ke posisi semula!

Apakah kau dan teman-teman sanggup melaksanakan gerakan dengan baik? Bagian mana yang paling sulit dilakukan? Bagian mana yang paling gampang dilakukan?

No comments:

Post a Comment