Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 4 Subtema 4 Saya Suka Berkarya

Apakah kau masih ingat dengan permainan lompat tali? Permainan lompat tali yaitu permainan yang mirip tali yang disusun dari karet gelang. Sederhana tapi bermanfaat, bisa dijadikan sarana bermain sekaligus olahraga.

Cara bermainnya bisa dilakukan perorangan atau kelompok. Jika bermain secara berkelompok biasanya melibatkan minimal tiga anak, dua anak akan memegang ujung tali; satu dibagian kiri, satu lagi dibagian kanan, sementara anak yang lainnya mendapat giliran untuk melompati tali.

Tali direntangkan dengan ketinggian bergradasi, dari paling rendah hingga paling tinggi. Yang berakal melompat tinggi, dialah yang keluar sebagai pemenang. Sementara yang kalah akan berganti posisi menjadi pemegang tali.

Bermain lompat tali bisa memakai banyak sekali jenis alat. Salah satu alat bermain lompat tali yaitu karet. Kumpulan karet dijalin hingga membentuk tali panjang. Menjalin karet termasuk menciptakan karya.

Bermain lompat tali membutuhkan keterampilan. Bermain lompat tali juga membutuhkan daya tahan kaki yang baik. Cobalah lakukan acara berikut ini! Kegiatan ini untuk melatih daya tahan kaki.

Lakukan tahapan acara berikut.
Apakah kau masih ingat dengan permainan lompat tali Pembelajaran 4 Subtema 4 Aku Suka Berkarya
  1. Berdiri tegak dan buka kaki selebar bahu.
  2. Letakkan kedua tangan dibelakang kepala.
  3. Lakukan gerakan jongkok.
  4. Angkat kedua kaki bersama-sama. Meloncatlah setinggi yang kau mampu.
  5. Saat posisi tubuh mendarat lakukan secara perlahan. Kembali pada posisi jongkok.
  6. Ulang acara beberapa kali.

Salah satu acara pramuka yang menarik yaitu lintas alam. Kegiatan lintas alam atau penjelajahan juga merupakan acara yang menantang. Melalui acara lintas alam anggota pramuka sanggup mencar ilmu mengenal lingkungan. Kegiatan berjalan-jalan sambil mengenal lingkungan sangat menyenangkan. Kegiatan berjalan juga mempunyai kegunaan untuk meningkatkan daya tahan kaki.

Sebelum melaksanakan acara lintas alam anggota pramuka berlatih banyak sekali keterampilan. Ada keterampilan memilih arah mata angin dan membaca denah. Ada juga keterampilan membaca dan menciptakan peta perjalanan. Peta perjalanan dipakai sebagai petunjuk perjalanan. Berikut ini bagan lokasi perkemahan pramuka.

Ayo Berlatih
Denah lokasi perkemahan menawarkan posisi setiap daerah dengan baik. Meja makan ada di sebelah timur tenda pembina. Kamar kecil ada di sebelah barat tenda utama. Pusat air minum ada di sebelah utara meja makan. Sementara tungku ada di sebelah selatan tenda anggota pramuka.
Apakah kau masih ingat dengan permainan lompat tali Pembelajaran 4 Subtema 4 Aku Suka Berkarya
Seorang anggota pramuka akan menuju tenda pembina. Tentukan arah yang harus dilewati anggota tersebut!
Dari tenda anggota pramuka akan berjalan ke arah barat hingga menuju tungku. Dari tungku anggota pramuka akan berjalan ke arah selatan menuju meja makan. Dari meja makan anggota pramuka berjalan ke arah barat menuju tenda pembina.

Cobalah menciptakan bagan menuju lokasi perpustakaan sekolahmu! Gunakan simbol sesuai imaginasimu! Lengkapi bagan lokasi perpustakaan dengan keterangan arah mata angin!

Denah dan peraturan perpustakaan sangat bermanfaat untuk pengunjung. Manfaat peraturan untuk mengatur biar acara berjalan dengan baik.

Ayo Membaca
Ada beberapa peraturan yang diterapkan di perpustakaan. Hal ini dilakukan biar ruang perpustakan tetap nyaman dan menyenangkan untuk pengunjungnya. Ada peraturan yang harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Ada pula peraturan yang harus dilakukan oleh pengunjung perpustakaan.

Salah satu peraturan di perpustakaan yaitu merapikan ruangan secara rutin. Peraturan itu harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Saat merapikan ruangan, petugas perpustakaan memperhatikan arah mata angin. Petugas perpustakaan juga berkewajiban melayani pengunjung dengan baik.

Untuk menciptakan perpustakaan nyaman, ada juga peraturan peminjaman buku. Petugas perpustakaan memutuskan batas waktu peminjaman. Jika ada kerusakan atau kehilangan, peminjam berkewajiban untuk memperbaiki atau mengganti.

Aturan peminjaman buku dilakukan untuk keadilan. Aturan ditetapkan biar semua anggota perpustakaan mendapat kesempatan sama dalam meminjam buku. Memberikan kesempatan yang sama untuk semua anggota merupakan perilaku adil.

Bersikap adil termasuk pengamalan sila ke kelima Pancasila. Sila kelima berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima Pancasila diberi simbol padi dan kapas. Lambang padi dan kapas menawarkan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

Kekayaan ini hendaknya sanggup dirasakan keuntungannya secara adil untuk seluruh rakyat Indonesia.

Ayo Berlatih
Perhatikan beberapa peraturan perpustakaan berikut ini! Adakah kaitan hukum tersebut dengan perilaku pengamalan sila Pancasila? Sebutkan suara dan simbol sila Pancasila yang sesuai dengan hukum tersebut! Berikan pula alasannya!

1. Meminjam buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Apakah hukum tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Meminjam buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila kelima yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengembalikan buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan artinya memberi kesempatan yang sama untuk yang lain

2. Memperbaiki buku yang rusak dan mengganti buku perpustakaan yang hilang. Apakah hukum tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Memperbaiki buku yang rusak dan mengganti buku perpustakaan yang hilang. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila kelima yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengganti buku yang rusak sama dengan memberi kesempatan yang sama kepada anggota perpustakaan lain

3. Menjaga ketertiban selama berada di perpustakaan. Apakah hukum tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Menjaga ketertiban selama berada di perpustakaan. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila kelima yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Menjaga ketertiban biar anggota perpustakaan lain sanggup memanfaatkan perpustakaan dan sanggup memberi kesempatan yang sama kepada anggota perpustakaan lain

4. Ikut serta menjaga kebersihan perpustakaan dengan cara kerja bakti bersama anggota perpustakaan lainnya. Apakah hukum tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Ikut serta menjaga kebersihan perpustakaan dengan cara kerja bakti bersama anggota perpustakaan lainnya. Hal itu sesuai dengan pengamalan sila Pancasila. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila ketiga Pancasila yang berbunyi Persatuan Indonesia

Ayo Bercerita
Apakah kau pernah melaksanakan perilaku adil terhadap keluarga? Buatlah dongeng perihal perilaku adil yang pernah kau lakukan! Buatlah dongeng dalam 3 paragraf! Tuliskan terlebih dahulu pikiran pokok dari setiap paragraf!

Aku sangat mencintai adikku. Usianya yang ada di bawahku membuatnya tidak bisa lepas dari pantauanku. Dia yaitu tanggung jawab keduaku sehabis diriku sendiri. Dia juga teman bermainku.

Aku selalu membagi segala sesuatu dengan adil. Misalnya saja dikala memakai mainan. Meski adikku lebih muda, hak kami sama. Walau kadang kami berebut, sering saya sengaja menyerah demi adiikku tersayang.

Sikap adil menambah kasih sayang. Bersikap adil terhadap adik menciptakan saya semakin sayang kepada adiku. Adiku yaitu saudaraku yang harus kusayangi.

No comments:

Post a Comment