Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 5 Subtema 2 Saya Anak Mandiri

Siti berlatih supaya sanggup menjahit dengan mandiri. Siti rajin berlatih menjahit. Siti berlatih menjahit tanda pengenal pramuka. Ibu Siti membimbing Siti menjahit.

Edo berlatih supaya sanggup membersihkan rumah dengan mandiri. Edo sedang membersihkan rumah bersama ayah. Edo memperhatikan cara ayah membersihkan beling meja.

Lani berlatih supaya sanggup memasak secara mandiri. Lani sedang membantu Ibu memasak. Lani memperhatikan cara ibu memasak.

Udin berlatih supaya sanggup menabung di bank secara mandiri. Udin pergi ke bank bersama ayah. Udin memperhatikan cara ayah menabung di bank. Semua anak berlatih mandiri. Semua anak berlatih mengerjakan segala sesuatu sendiri. Semua anak menjadi orang yang mandiri.

Ayo Berlatih
Siti dan Lani rajin berlatih. Siti dan Lani harus berlatih untuk mendapat tanda kecakapan khusus. Tanda kecakapan khusus sanggup terlihat pada pakaian pramuka Siti dan Lani. Siti dan Lani juga mempunyai banyak tanda kecakapan khusus. Siti dan Lani anggota pramuka yang mandiri.
Siti berlatih supaya sanggup menjahit dengan sanggup berdiri diatas kaki sendiri Pembelajaran 5 Subtema 2 Aku Anak Mandiri
Perhatikan kembali gambar Siti dan Lani di atas! Apa saja tanda pengenal yang dimiliki Siti dan Lani?

Tanda pengenal anda pengenal yang ada pada seragam pramuka yang dikenakan Lani dan Siti yakni tanda jabatan, tanda tutup kepala, tanda pandu sedunia, TKK memasak, TKK menabung, TKK merapikan rumah, dan TKK menyiram tanaman.

Apa saja persamaan dan perbedaannya?
Tuliskan persamaan dan perbedaan pada tabel berikut!
PersamaanPerbedaan
Tanda tutup kepala, tanda pandu sedunia, TKK memasak, TKK menabung, TKK merapikan rumah, dan TKK menyiram tanaman.Perbedaan: tanda jabatan

Ayo Berlatih
Siti mempunyai tanda jabatan berbentuk persegi panjang. Mari, mengenal sifat persegi panjang melalui
acara berikut ini! Ikuti acara berikut untuk mengetahui sifat dari bangkit persegi panjang! Siapkan tali untuk mengukur panjang sisi persegi panjang! Siapkan pula pojok siku-siku yang terbuat dari penggalan kertas!
Siti berlatih supaya sanggup menjahit dengan sanggup berdiri diatas kaki sendiri Pembelajaran 5 Subtema 2 Aku Anak Mandiri
Ukur sisi AB memakai tali, kemudian potong.
Ukur sisi BC memakai tali, kemudian potong.
Ukur sisi CD memakai tali, kemudian potong.
Ukur sisi DA memakai tali, kemudian potong.
Tempelkan tali pada tabel berikut
SisiPotongan Tali
AB
Siti berlatih supaya sanggup menjahit dengan sanggup berdiri diatas kaki sendiri Pembelajaran 5 Subtema 2 Aku Anak Mandiri
BC
CD
DA

Apa yang kalian temukan?...
Panjang sisi AB = CD dan AD = BC.
Lalu, ukur semua sudut persegi panjang memakai pojok siku-siku!
Apa yang kalian temukan?
Besar sudut A = sudut B  = sudut C  = sudut D.

Jawablah pertanyaan berikut ini menurut acara sebelumnya! Jawaban pertanyaan akan membantumu menciptakan selesai sifat persegi panjang.
  1. Apakah persegi panjang merupakan bangkit segi empat? (Ya)
  2. Bagaimana ukuran panjang sisi-sisinya? (Sisi yang berhadapan mempunyai ukuran yang sama)
  3. Bagaimana ukuran besarnya sudutnya?..(Semua sudut sama besar, yaitu 4 pojok siku-siku)
  4. Buatlah selesai sifat persegi panjang dari acara tersebut!
Kesimpulan :
Persegi panjang yakni bangkit segi empat dengan sisi yang berhadapan sama panjang, dan mempunyai empat sudut siku-siku.

Kegiatan memilih sifat persegi panjang sanggup dilakukan secara berkelompok. Bekerja sama dengan teman satu kelompok sangat menyenangkan. Pekerjaan menjadi terasa lebih mudah. Pekerjaan juga sanggup dikerjakan lebih cepat.

Anggota pramuka dilatih mempunyai keterampilan secara berkelompok. Contoh keterampilan secara berkelompok yaitu mendirikan tenda. Saat mendirikan tenda perlu kerja sama. Anggota pramuka dilatih supaya sanggup bekerja sama. Anggota pramuka dilatih untuk saling menghargai.

Bekerja sama dan saling menolong. termasuk pengamalan sila ke tiga Pancasila. Bunyi sila ketiga yakni persatuan Indonesia. Lambang dari sila ketiga Pancasila yakni pohon beringin.

Ayo Membaca
Persatuan Indonesia
Sekelompok anggota pramuka sedang bermusyawarah. Mereka bermusyawarah, mendiskusikan penyelesaian suatu masalah. Mereka mencari cara untuk menghindari banjir di lingkungan sekolah. Mereka berdiskusi dengan baik. Semua anggota memberikan pendapat. Mereka baiklah mengadakan acara membersihkan selokan di lingkungan sekolah. Sikap mereka memperlihatkan perilaku pengamalan dari sila Pancasila.

Bermusyawarah merupakan pengamalan sila ke empat Pancasila. Bunyi sila keempat Pancasila yakni kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan. Saat bermusyawarah, semua anggota diberi kesempatan menawarkan pendapat. Semua anggota saling menghargai pendapat yang dikemukakan. Mereka mengamalkan sila kedua Pancasila. Bunyi sila kedua Pancasila yakni kemanusiaan yang adil dan beradab.

Semua penerima musyawarah melaksanakan hasil kesepakatan. Mereka bekerja sama membersihkan selokan sekolah. Bekerja sama merupakan pola pengamalan sila ketiga Pancasila. Bunyi sila ketiga Pancasila yakni persatuan Indonesia.

Ayo Berlatih
Warnailah bab perisai lambang negara berikut ini!
Warnailah sesuai dengan sila Pancasila!

Isilah tabel berikut dengan benar!
Sikap/PerilakuPengamalan dari Sila Pancasila
LambangBunyi
BeribadahBintangKetuhanan Yang Maha Esa
Memberi pertolongan kepada orang yang kesulitanRantaiKemanusiaan yang Adil dan Beradab
Memberi kesempatan semua anggota tampilPadi dan KapasKeadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Mendamaikan teman yang sedang berselisihKepala BantengKerakyatan yang dipimpin oleh hikmat akal dalam permusyawaratan
perwakilan
Membersihkan kelas bersama-samaPohon BeringinPersatuan Indonesia

Apakah kau pernah melaksanakan salah satu perilaku tersebut di atas? Coba tuliskan pengalamanmu! Tuliskan pula sila Pancasila yang sesuai dengan pengalamanmu!

No comments:

Post a Comment