Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 2 Subbtema 2 Perubahan Energi

Ayo Mengamati
Energi gerak diharapkan ketika kita melaksanakan aktivitas. Energi gerak tubuh berasal dari energi kimia pada makanan. Tubuh yang selalu digerakkan dengan teratur akan terjaga kesehatannya. Senam irama merupakan referensi gerakan tubuh yang menyehatkan. Pada pelajaran lalu, kalian sudah melaksanakan kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan mengayun. Kali ini kalian akan melaksanakan kombinasi gerak berjalan, meliuk, dan mengayun.

Ayo Mencoba
Ayo berlatih gerakan berjalan, meliuk, dan mengayun. Tunjukkan keberanian dan rasa percaya dirimu. Perhatikan petunjuk cara melaksanakan gerakan tersebut.

Peganglah bola dengan tangan kanan. Kemudian, lakukan gerakan berjalan 2 langkah. Selanjutnya, lakukan gerakan meliukkan tubuh sambil mengayunkan bola. Perhatikan gambar berikut!
 Energi gerak diharapkan ketika kita melaksanakan kegiatan Pembelajaran 2 Subbtema 2 Perubahan Energi

Selesai latihan, jangan lupa melaksanakan pendinginan. Setelah itu, kalian sanggup melanjutkan kegiatan.

Ayo Mengamati
Setelah melaksanakan kegiatan jasmani, tubuh kita akan terasa lelah. Energi perlu dikembalikan lagi. Istirahat sejenak dan minum air putih sanggup menyegarkan kembali tubuh kita.

Perubahan energi bukan hanya terjadi di dalam tubuh manusia. Perubahan energi sanggup dilihat pada peralatan yang kita gunakan sehari-hari. Pelajarilah lebih lanjut referensi perubahan energi.

a. Perubahan energi listrik menjadi energi panas
Peristiwa perubahan energi ini sanggup terjadi pada seterika listrik. Saat kabel seterika diberi aliran listrik, seketika itu energi listrik menjelma energi panas. Peristiwa yang sama juga terjadi pada kompor listrik dan penanak nasi listrik.

Lihatlah referensi gambar perubahan energi listrik menjadi energi panas!
 Energi gerak diharapkan ketika kita melaksanakan kegiatan Pembelajaran 2 Subbtema 2 Perubahan Energi
b. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak
Perubahan energi lainnya ialah perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Lihatlah alat-alat berikut. Saat memakai peralatan tersebut, terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak.
 Energi gerak diharapkan ketika kita melaksanakan kegiatan Pembelajaran 2 Subbtema 2 Perubahan Energi

c. Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Panas
Contoh perubahan energi kimia menjadi energi panas sanggup dilihat pada kompor minyak tanah. Sebelum dipakai kompor diisi dengan minyak tanah terlebih dahulu. Kompor dinyalakan dengan api. Timbullah panas.
 Energi gerak diharapkan ketika kita melaksanakan kegiatan Pembelajaran 2 Subbtema 2 Perubahan Energi
Dengan energi panas itu kita sanggup memasak nasi, memasak air, menggoreng ikan, dan lain-lain. Energi kimia lainnya ialah gas. Gas sanggup dipakai untuk menyalakan kompor. Saat kompor gas menyala terjadi perubahan energi kimia menjadi energi panas.

d. Perubahan Energi Gerak Menjadi Energi Bunyi
Contoh perubahan energi gerak menjadi energi suara sanggup kita lihat ketika seorang pemain drum memainkan alat musik drumnya. Ia memakai energi geraknya untuk membunyikan drum. Contoh lainnya yaitu ketika kentongan dipukul. Energi gerak pemukul kentongan menjelma energi bunyi.
 Energi gerak diharapkan ketika kita melaksanakan kegiatan Pembelajaran 2 Subbtema 2 Perubahan Energi

Ayo Bercerita
Kalian telah mempelajari info perihal perubahan energi. Ceritakan kembali apa yang sudah kalian pelajari kepada sahabat dan gurumu! Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Perubahan energi apakah yang terjadi pada tubuh kita, jelaskan! Pada tubuh kita terjadi perubahan energi kimia menjadi energi gerak. Makanan diubah menjadi sari-sari kuliner yang kemudian diubah oleh tubuh menjadi energi gerak.
  2. Jelaskan referensi perubahan energi listrik menjadi energi panas? Beberapa referensi perubahan energi lostrik menjadi energi panas contohnya pada setrika listrik, penanak nasi listrik, dan kompor listrik.
  3. Perubahan energi apa yang terjadi ketika kita menyalakan kipas angin? Pada ketika menyalakan kipas angin terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak.
  4. Berikan referensi perubahan energi kimia menjadi energi gerak! Contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak ialah ketika kita berolah raga. Energi kimia dari materi kuliner dipakai untuk menggerakan anggota tubuh kita,
  5. Saat temanmu memainkan rebana, perubahan energi apa yang terjadi? Pada saat  memainkan rebana terjadi perubahan energi gerak dari tangan menjadi energi suara pada rebana.

Ayo Mengamati
Tuhan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Karena kasih sayangnya kita semua sanggup hidup. Energi ialah nikmat Tuhan yang mempunyai kegunaan bagi kelangsungan hidup. Semua orang berhak memanfaatkan energi yang sudah dianugerahkan-Nya.

Kita berhak memakai energi tersebut. Tapi kita juga mempunyai kewajiban terhadap energi. Kita wajib memakai energi dengan bijak. Energi di dalam tubuh harus dipakai untuk sesuatu yang baik dan bermanfaat.

Contohnya seorang guru. Ia mengeluarkan energinya untuk mengajar. Ia curahkan tenaga semoga murid-muridnya menjadi cerdas dan terampil. Guru berharap kelak murid-muridnya menjadi orang yang berguna.

Demikian juga seorang petani. Ia menggarap sawahnya dengan sekuat tenaga. Energinya dipakai untuk mencangkul dan menanam padi di sawah. Di bawah terik matahari yang menyengat ia tetap bekerja.

Petani berharap sawah yang digarapnya akan menghasilkan padi yang bagus. Banyak orang membutuhkan padi untuk kebutuhan hidup. Padi digiling menjadi beras. Beras dimasak kemudian dimakan.

Menggunakan energi untuk hal yang mempunyai kegunaan merupakan suatu kewajiban. Jangan memakai energi untuk hal yang tidak berguna. Misalnya tenaga seseorang yang besar lengan berkuasa dipakai untuk berkelahi. Energi suara dari radio dipakai untuk mengganggu orang lain. Atau energi panas api dipakai untuk main petasan.

Bagaimana pendapatmu kalau ada orang yang memakai energi untuk hal yang tidak baik? Apa yang akan kau lakukan terhadap orang tersebut

Tuliskan pendapatmu di bawah ini!
Energi yang kita miliki sebaiknya dipakai untuk kebaikan. Jika ada orang yang memakai energinya untuk hal-hal yang merugikan sebaiknya kita menasehatinya bahwa tindakan yang ia lakukan tidak baik dan merugikan orang lain.

No comments:

Post a Comment