Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 4 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pagi hari, Siti mendapatkan pesan singkat (SMS) dari Lani melalui ponsel milik ibu. Rupanya, Lani mengajak Siti untuk berenang bersama. Siti meminta izin kepada Ibu untuk pergi berenang bersama Lani dan Dayu. Ibu mengizinkan Siti pergi berenang. Ibu meminta Bibi untuk menemani Siti pergi berenang.

Berenang merupakan olahraga air yang baik. Pada ketika berenang semua otot badan bergerak. Namun, kita harus waspada akan ancaman berkegiatan di air. Bahaya yang mungkin terjadi di bak renang ialah tenggelam. Agar tetap selamat ketika berenang, kita harus ditemani oleh orang yang sudah mahir.

Perhatikan poster cara menjaga keselamatan diri di bak renang sebagai berikut.
 Lani mengajak Siti untuk berenang bersama Pembelajaran 4 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi
Upaya menjaga keselamatan diri ketika beraktivitas di air
  1. Gunakan pelampung
  2. Lakukan pemanasan untuk mencegah cedera
  3. Berlatih berenang di bak yang dangkal
  4. Tidak berenang sendiri dan pastikan ada yang mengawasi

Lakukan tahapan-tahapan berikut sebelum berenang:
  1. Pastikan pakaian yang dikenakan ialah pakaian renang.
  2. Lakukan pemanasan sebelum masuk ke bak renang.
  3. Lakukan kegiatan bersama sahabat yang sudah bisa berenang.
  4. Lakukan latihan meluncur dan mengambang di bak dangkal.
  5. Kenakan pelampung biar lebih aman.

Ayo Membaca
Setelah berenang, Dayu meminjam telepon kantor bak renang untuk menelepon Ibu. Dayu minta izin kepada Ibu untuk mengerjakan kiprah kelompok di rumah Siti.

Dayu sangat bersyukur sebab ada alat bantu yang memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan telepon, Dayu sanggup eksklusif berbicara dan mendengarkan bunyi ibu.

Telepon ialah alat komunikasi secara lisan. Selain alat komunikasi lisan, hingga ketika ini alat komunikasi goresan pena juga masih terus berkembang.

Bacalah teks berikut!
Alat Komunikasi Tulisan
Sejak zaman dahulu, komunikasi secara tertulis sudah mulai dilakukan. Ada surat yang ditulis pada daun lontar.

Selanjutnya, surat ditulis pada selembar kertas dan dimasukkan ke dalam amplop. Surat akan dikirimkan oleh petugas pos dalam waktu tertentu. Waktu penyampaian surat tergantung pada jarak tujuan dan biaya pengiriman. Biasanya sekitar 3 hari hingga 1 minggu.

Pada era 21, mulai dikenal surat elektronik atau surel. Surel dikirim melalui jaringan internet dengan alat bantu komputer. Melalui surel, pesan sanggup diterima di daerah tujuan sesaat sehabis dikirim. Tentu saja, hal tersebut sangat membantu komunikasi.

Kini, surel bukan lagi satu-satunya alat komunikasi yang cepat. Melalui telepon seluler, kita sanggup berkirim pesan memakai aplikasi pesan singkat (SMS). Bahkan, ketika ini, kita sanggup saling berkirim data penting melalui ponsel dengan banyak sekali pilihan aplikasi.

Ayo Menulis
Lingkari jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh teknologi komunikasi.
 Lani mengajak Siti untuk berenang bersama Pembelajaran 4 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi

Temukan kalimat utama dari tiap paragraf! Lalu, tuliskan ringkasan teks “Alat Komunikasi Tulisan”!
  1. Paragraf 1 : Sejak zaman dahulu, komunikasi secara tertulis sudah mulai dilakukan.
  2. Paragraf 2 : Selanjutnya, surat ditulis pada selembar kertas dan dimasukkan ke dalam amplop.
  3. Paragraf 4 : Pada era 21, mulai dikenal surat elektronik atau surel.
  4. Pragraf 4 : Kini, surel bukan lagi satu-satunya alat komunikasi yang cepat

Ayo Berdiskusi
Setelah menerima izin dari Ibu, Dayu dan temanteman segera menuju rumah Siti. Mereka menerima kiprah untuk mencari warta mengenai alat komunikasi.

Siti akan mencari warta di internet. Dayu akan mencari warta dari buku-buku dan majalah. Lani akan menelepon pamannya yang bekerja di perusahaan telekomunikasi.

Udin membantu meringkas hasil informasi. Edo akan menuliskannya pada sebuah buku. Beni bertugas menciptakan gambar dan hiasan pada ringkasan warta yang telah dibuat.

Dayu dan teman-teman mempunyai keterampilan yang bermacam-macam atau berbeda-beda . Dapatkah kerja sama sanggup terealisasi kalau kita mempunyai kemampuan yang beragam?

Diskusikan dengan sahabat kelompokmu!

Buatlah kelompok yang terdiri atas 5 orang! Tuliskan kemampuan khusus yang dimiliki oleh teman-temanmu!
 Lani mengajak Siti untuk berenang bersama Pembelajaran 4 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi
Ayo Berdiskusi
Kemampuan dan keterampilan setiap orang berbeda-beda. Namun, perbedaan tidak menghalangi kita untuk bekerja sama.

Dengan adanya perbedaan, kita tetap sanggup saling membantu. Selain itu, kita sanggup saling melengkapi. Hal tersebut dinamakan kolaborasi.

Menurut kamus KKBI, kerja sama artinya perbuatan bekerja sama. Kerja sama merupakan pengamalan sila keempat Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat akal dalam permusyawaratan/perwakilan.

Apakah kemampuan setiap orang sama? Kemampuan setiap orang berbeda-beda.
Bagaimana perilaku kita terhadap keberagaman atau perbedaan dari setiap orang? Kita seharusnya menghargai perbedaan kemampuan setiap orang.

Diskusikan pentingnya memahami perbedaan setiap orang dalam kehidupan sehari-hari! Bacakan hasil diskusimu di depan kelas!

No comments:

Post a Comment