Monday, November 25, 2019

Pembelajaran 2 Subtema 1 Saya Anggota Pramuka

Pada acara latihan pramuka siaga banyak dipelajari banyak sekali hal. Banyak acara diajarkan dalam bentuk permainan. Salah satu alat yang sanggup dijadikan alat permainan yaitu tongkat. Banyak permainan yang sanggup dilakukan dengan memakai tongkat.

Permainan lompat tongkat dikenal diberbagai kawasan sebagai permainan tradisional. Ada banyak nama kawasan untuk jenis permainan ini. Salah satunya yaitu permainan Rangku Alu. Rangku alu atau sanggup di sebut dengan tari tongkat merupakan permainan yang populer dalam masyarakat Manggarai (Nusa Tenggara Timur) yang biasa di gunakan untuk merayakan panen setiap satu tahun sekali biasanya jatuh pada bulan Juni atau Juli.  Setidaknya di butuhkan 2 meter bambu sebanyak 4 buah atau lebih.
Pada acara latihan pramuka siaga banyak dipelajari banyak sekali hal Pembelajaran 2 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka
Pemain di bagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok jaga dan satu kelompok main. Kelompok jaga bertugas menggerak gerakkan bambu sambil di iringi nyanyian lagu tari tongkat. Sementara yang bertugas menerima giliran main di haruskan menari sambil melompat lompat dan menghindari jepitan bambu yang di gerakkan oleh pemain yang jaga. Buka tutupnya bambu mengikuti irama lagu yang di nyanyikan.

Permainan lompat tongkat ini selain menyenangkan juga menyehatkan, sebab dalam latihan ini melatih kekuatan otot kaki dan keseimbangan. Selain itu juga dibutuhkan kekompakan antar pemain tongkat dan pemain lompat tongkat. Perhatikan salah satunya yaitu permainan lompat tongkat berikut ini.

Latihan keseimbangan dilakukan mirip berikut ini:
Pada acara latihan pramuka siaga banyak dipelajari banyak sekali hal Pembelajaran 2 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka
  1. Berdiri tegak.
  2. Angkat kaki kirimu.
  3. Berdirilah dengan satu kaki dan jagalah keseimbangan.
  4. Bertahanlah hingga hitungan kesepuluh.
  5. Angkat kaki kanan.
  6. Berdirilah dengan satu kaki dan jagalah keseimbangan.
  7. Bertahanlah hingga hitungan kesepuluh. Lalu, cobalah melompat dengan memakai satu kaki. Coba juga berlari memakai satu kaki dengan cara bergantian. Latihan keseimbangan sanggup menciptakan tubuh menjadi sehat dan kuat.

Ayo Membaca
Lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila. Lambang negara yaitu suatu bentuk yang dipakai sebagai lambang resmi negara.

Lambang burung Garuda melambangkan kebesaran dan kekuatan. Indonesia menjadi negara yang besar dan kuat. Sebagai warga negara kita juga harus berpengaruh dan sehat. Sebagai warga negara kita harus mengakibatkan negara Indonesia menjadi negara yang besar dan kuat.

Lambang negara Garuda Pancasila terdiri atas beberapa bagian. Kepala burung Garuda menoleh ke sebelah kanan. Pada leher burung Garuda terdapat perisai yang ibarat jantung. Leher, syap dan ekor mempunyai sejumlah bulu. Garuda mencengkeram pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika.

Ayo Berlatih
Tuliskan kembali gosip perihal lambang negara menurut bacaan tersebut !
Pada acara latihan pramuka siaga banyak dipelajari banyak sekali hal Pembelajaran 2 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka
  1. Lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila.
  2. Menurutmu mengapa burung Garuda dipilih sebagai lambang negara? Burung Garuda dipilih sebagai lambang negara sebab Garuda melambangkan kebesaran dan kekuatan.
  3. Bentuk perisai yang menggantung di leher burung Garuda yaitu berbentuk ibarat jantung.
  4. Tulisan pada pita yang dicengkeram burung Garuda yaitu Bhinneka Tunggal Ika

Biasanya lambang negara di pasang di kelas, ruang kepala sekolah, kantor pemerintahan mirip kelurahan, dan kecamatan. Mengenal lambang negara sebagai identitas bangsa sanggup memperkuat abjad nasionalis.

Tuliskan kembali gosip mengenai lambang negara dengan bahasamu sendiri !
Para pendiri negara Indonesia menentukan burung Garuda sebagai lambang negara. Burung garuda menawarkan kekuatan. Indonesia ingin menjadi negara yang besar dan kuat. Oleh sebab dibutuhkan juga warga negara yang berpengaruh dan sehat. Melalui latihan olahraga diharapkan seluruh warga negara Indonesia tumbuh menjadi warga negara yang sehat dan kuat.

Bendera Merah Putih merupakan lambang Negara Republik Indonesia. Garuda pancasila juga merupakan lambang Negara Republik Indonesia.

Lambang tersebut harus dijaga sebagai tanda kehormatan negara. Penggunaan dan pemasangan lambang negara harus mengikuti peraturan. Mari kita mengamati tempat menemukan lambang negara dipasang.

Temukan lima tempat dipasang lambang negara !
  1. Ruang kelas
  2. Ruang kepala sekolah
  3. Ruang UKS/Perpustakaan
  4. Kantor kelurahan
  5. Kantor Kecamatan
Tuliskan hal yang kau ketahui pada lambang negara Garuda Pancasila !
No.Bagian pada Garuda Pancasila
1.Kepala menoleh ke sebelah kanan dan mempunyai bulu di leher
2.Sayap
3.Ekor
4.Tameng berupa jantung berisi sila-sila Pancasila
5.Pita dalam cengkeraman dengan goresan pena Bhinneka Tunggal Ika

No comments:

Post a Comment