Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 5 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi

Hari ini Beni kedatangan tamu istimewa. Tamu itu ialah Bang Andi. Dia ialah saudara sepupu Beni yang berada di Jepang.

Beberapa waktu yang lalu, Ayah menunjukkan surat dari Bang Andi. Bang Andi mengirimkan surel kepada Ayah. Beni membacanya melalui komputer milik Ayah.

Bacalah isi surat yang ditulis oleh Bang Andi!
Hai, Paman! Apa kabar? Sudah lama, ya, kita tidak bertemu. Melalui surat ini, saya ingin memberi kabar bahwa pada tanggal 17 Agustus nanti, saya akan pulang ke Indonesia. Aku tak sabar ingin bertemu keluarga di sana. Aku rindu suasana di Indonesia.

Aku bersyukur sekarang teknologi semakin maju. Manfaatnya banyak sekali. Walaupun saya berada di Jepang, saya tetap sanggup berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia. Banyak cara yang saya gunakan untuk berkomunikasi. Kadang, saya mengirim pesan singkat melalui ponsel. Jika ingin mendengar bunyi ibu atau ayah, saya menelepon mereka. Jika rindu ingin melihat acara mereka secara langsung, saya memakai panggilan video. Kini, jarak tak lagi dilema untuk melaksanakan komunikasi.

Demikian gosip dariku. Sampaikan salamku untuk Bibi dan Beni. Katakan pada Beni kalau saya akan tiba dan mengajaknya bermain.

Terima kasih, Paman. Sampai jumpa…

Setelah membaca surat dari Bang Andi, dapatkah kau temukan manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi? Diskusikan bersama teman! Tuliskan hasil diskusimu!
Manfaat teknologi komunikasi mempermudah komunikasi jarak jauh. Misalnya saja dengan pesan singkat melalui ponsel,  menelepon, dan panggilan video.

Setiap bacaan mempunyai pesan atau gosip yang disampaikan. Pokok gosip ialah permasalahan utama yang terdapat dalam sebuah teks bacaan atau cerita. Dapatkah kau temukan gosip dari surat di atas? Tuliskan gosip penting yang kau temui dari surat yang telah dibaca!
 Dia ialah saudara sepupu Beni yang berada di Jepang Pembelajaran 5 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi
  1. Teknologi komunikasi semakin maju. 
  2. Banyak cara yang sanggup gunakan untuk berkomunikasi.
  3. Komunikasi sanggup melalui pesan singkat, menelepon, dan panggilan video.
  4. Kini, jarak tak lagi dilema untuk melaksanakan komunikasi.

Ayo Mengamati
Akhirnya Beni sanggup bertemu dengan Bang Andi. Rupanya Bang Andi tiba bersama temannya yang berasal dari Jepang.

Namanya ialah Aito. Aito ingin mengenal macam-macam budaya di Indonesia. Bang Andi mengajak Beni menemani Aito mengunjungi pekan raya budaya Indonesia. Di pintu masuk, mereka mendapatkan peta lokasi pameran. Setiap lokasi pekan raya ditandai dengan garis hijau pada kelilingnya. Garis hijau menunjukkan keliling lokasi pameran.

Panggung pekan raya terletak di atas lantai keramik berbentuk persegi. Kotak-kotak persegi, sanggup membantu menghitung keliling suatu bangun. Amati peta lokasi pekan raya berikut!
 Dia ialah saudara sepupu Beni yang berada di Jepang Pembelajaran 5 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi

Ayo Berlatih
Hitunglah keliling dari banyak sekali bangkit di bawah ini!
 Dia ialah saudara sepupu Beni yang berada di Jepang Pembelajaran 5 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi
Ayo Mengamati
Beni menemani Bang Andi dan Aito mengamati majemuk budaya Indonesia. Aito kagum dengan banyaknya kebudayaan di Indonesia. Mulai dari tarian Jawa yang gemulai hingga pakaian tabiat yang megah dan indah. Amati pola ragam budaya Indonesia berikut!
 Dia ialah saudara sepupu Beni yang berada di Jepang Pembelajaran 5 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi
Indonesia ialah Negara yang kaya. Indonesia mempunyai sekitar 17.000 pulau. Indonesia terdiri atas banyak sekali suku bangsa yang mempunyai tabiat dan kebiasaan berbeda. Indonesia mempunyai dasar Negara, yaitu Pancasila. Sila ketiga Pancasila menjadi landasan biar kita selalu hidup rukun. Semboyan bangsa Indonesia ialah Bhinneka Tunggal Ika. Artinya berbeda-beda, namun tetap satu. Semboyan ini kita temukan pada lambang Indonesia, Burung Garuda.

Indonesia mempunyai bermacam budaya yang berbeda, namun semua saling menghargai. Walaupun mempunyai perbedaan dalam kebiasaan sehari-hari, pertengkaran sanggup dihindari kalau kita mau saling memahami. Hal tersebut merupakan pengamalan sila ketiga dari Pancasila.

Diskusikan makna “Bhinneka Tunggal Ika” bersama teman-teman.
Kata-kata Bhinneka Tunggal Ika juga terdapat pada lambang negara Republik Indonesia yaitu Burung Garuda Pancasila. Di kaki Burung Garuda Pancasila mencengkram sebuah pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Kata-kata tersebut sanggup pula diartikan : Berbeda-beda tetapi tetap satu juga.

Ayo Mencoba
Carilah gosip melalui acara wawancara mengenai macam-macam suku bangsa teman-temanmu!
NoNamaSuku BangsaSuku Budaya Khas Daerah
1.SitiMinangkabauSistem keturunan menganut garis ibu
2.UdinSundaSenjata tradisional khas yang disebut kujang
3.LaniJawaKesenian wayang kulit
4.EdoPapuaPatung Asmat
5.DayuBaliTradisi Mekotek (menolak bala)

Carilah gosip mengenai suku dan budaya khas tempat tempat kau berasal! Apakah tabiat dan kebiasaan setiap tempat sama? Presentasikan hasil pengamatanmu kepada sahabat atau guru!

No comments:

Post a Comment