Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 2 Subtema 4 Saya Suka Berkarya

Menjadi Petugas Penerima Tamu
Hari ini, SD Nusantara kedatangan tamu. Tamu yang tiba tim juri penilai lomba kebersihan sekolah. Mereka ingin melihat kondisi SD Nusantara. Udin dan beberapa sahabat ditunjuk menjadi petugas akseptor tamu. Mereka harus mendampingi tamu. Mereka juga bertugas memperlihatkan klarifikasi perihal SD Nusantara.

Udin dan teman-teman membuatkan kiprah mendapatkan tamu. Pembagian kiprah menurut sketsa sekolah yang sudah disiapkan. Udin dan Lani bertugas menjelaskan bab utara sekolah. Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bab selatan sekolah. Siti bertugas menjelaskan bab timur sekolah. Beni menjelaskan bab barat sekolah.

Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Mereka menjelaskan jadwal sekolah dengan terperinci dan santun. Mereka juga sanggup menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas.

Para akseptor tamu telah bertugas dengan baik. Para juri memperlihatkan kebanggaan kepada mereka. Kepala sekolah dan para guru juga memperlihatkan pujian. Semua bawah umur bahagia dan bersemangat mengerjakan tugasnya.

Ayo Berlatih
Berikut ini sketsa yang dipakai Udin dan teman-teman. Jawablah pertanyaan menurut bacaan dan gambar sketsa yang diberikan!
 Tamu yang tiba tim juri penilai lomba kebersihan sekolah Pembelajaran 2 Subtema 4 Aku Suka Berkarya
Jika tiang bendera yaitu pusatnya, maka bab utara ada gerbang sekolah dan taman. Sebelah selatan ada lapangan basket, kantin, dan pengolahan sampah. Sebelah barat ada kelas 4-6 dan ruang perpustakaan, sebelah timur ada ruang guru dan ruang kepala sekolah, serta ruang kelas 1-3
  1. Sebutkan bab sekolah yang dijelaskan oleh Udin dan Lani?(Udin dan Lani bertugas menjelaskan bab utara sekolah, yaitu gerbang sekolah dan taman hasil kerja siswa)
  2. Sebutkan bab sekolah yang dijelaskan oleh Edo dan Dayu? (Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bab selatan sekolah, yaitu lapangan basket, kantin, dan pengelolaan sampah)
  3. Sebutkan bab sekolah yang dijelaskan oleh Siti?(Siti bertugas menjelaskan bab timur sekolah, yaitu ruang guru, ruang kepala sekolah, dan ruang kelas 1-3.)
  4. Sebutkan bab sekolah yang dijelaskan oleh Beni?(Beni bertugas menjelaskan bab barat sekolah, yaitu ruang kelas 4-6 dan ruang perpustakaan.)
  5. Siapakah yang paling banyak bertugas menjelaskan? Bagaimana cara kamu mengetahuinya?
NoNama SiswaBagian yang dijelaskan
1Udin dan Lani2 bab (gerbang sekolah dan taman hasil kerja siswa)
2Edo dan Dayu3 bab (lapangan basket, kantin, dan pengelolaan sampah)
3Siti3 bab (ruang guru, ruang kepala sekolah, dan ruang kelas 1-3)
4Beni2 bab (ruang kelas 4-6 dan ruang perpustakaan)

Ayo Menulis
Perhatikan kembali bacaan perihal Menjadi Petugas Penerima Tamu! Bacaan tersebut mempunyai 4 paragraf. Paragraf yaitu susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan
paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok yaitu ilham utama dari sebuah paragraf.

Cobalah menemukan pikiran pokok dari bacaan
“Menjadi Petugas Penerima Tamu”
Tuliskan pada tabel berikut ini!
Pikiran pokok pada paragraf pertama adalah
SD Nusantara kedatangan tamu
Pikiran pokok pada paragraf kedua adalah
Udin dan teman-teman membuatkan tugas.
Pikiran pokok pada paragraf ketiga adalah
Udin dan teman-teman bertugas dengan baik
Pikiran pokok pada paragraf keempat adalah
Para juri memperlihatkan pujian
Cobalah menuliskan adonan pikiran pokok dari semua paragraf secara berurut.
SD Nusantara kedatangan tamu. Udin dan teman-teman membuatkan tugas. Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Para juri memperlihatkan pujian.

Apa yang kau temukan dari goresan pena tersebut?
Kamu akan menemukan rangkaian kalimat yang saling berhubungan. Kalimat tersebut akan membentuk sebuah dongeng yang lengkap. Untuk menulis sebuah cerita, mulailah dengan menuliskan pikiran pokok. Lalu, kembangkan dongeng dari setiap pikiran pokok yang telah ditentukan.

Ayo Mengamati
Sikap bawah umur SD Nusantara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Mereka mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bekerja sama dikala mendapatkan tamu. Kerja sama yang baik akan membuahkan hasil yang baik. Para tamu merasa bahagia berkunjung ke SD Nusantara. Udin juga bisa membagi kiprah dengan baik.

Semua anak terlibat dalam melakukan jadwal kebersihan sekolah. Semua anak ikut berdiskusi untuk memilih jadwal kebersihan sekolah. Semua anak menerima kesempatan memperlihatkan pendapat.

Ayo Berlatih
Perhatikan pernyataan berikut ini!
Pernyataan ini memperlihatkan perilaku pengamalan Pancasila. Tuliskan sila yang sesuai dengan pernyataan! Tuliskan suara dan lambang dari sila Pancasila yang sesuai!
Sikap/PerilakuPengamalan dari Sila Pancasila
LambangBunyi
Berdiskusi memilih program.Kepala BantengKerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kecerdikan dalam permusyawaratan perwakilan
Bekerja sama mengerjakan tugasPohon BeringinPersatuan Indonesia
Memberi kesempatan semua berpendapatPadi dan KapasKeadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Mengerjakan semua kiprah dengan
bertanggung jawab
BintangKetuhanan yang maha esa
Membagi kiprah dengan rata dan sesuai dengan keahlian.RantaiKemanusiaan yang adil dan beradab

Ayo Bercerita
Manakah dari pola perilaku tersebut yang pernah kau lakukan? Ceritakan kepada teman-temanmu!
Saya pernah berdiskusi dalam memilih pembagian kiprah piket kelas. Berdiskusi memilih pembagian kiprah piket merupakan pengamalan sila keempat.

Bekerja sama termasuk pengamalan sila ketiga Pancasila. Sila ketiga Pancasila berbunyi persatuan Indonesia. Simbol sila ketiga berupa pohon beringin. Bangsa Indonesia sangat besar dan beragam. Sila ketiga berpesan semoga kita sanggup menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Seluruh warga negara juga berkewajiban menjaga nama baik Indonesia.

Kerja sama dengan sahabat bab dari pengamalan sila ketiga. Bekerja sama menciptakan kiprah menjadi lebih ringan dan mudah.

Ayo Mencoba
Melalui kolaborasi kita juga sanggup memenangkan sebuah perlombaan. Cobalah mempraktikkan kolaborasi dalam permainan berikut ini!

Nama permainan berikut ini lompat tali. Permainan ini harus dilakukan secara berkelompok. Ada yang bertugas memegang tali. Ada juga yang bertugas menjadi pemain.

Ikuti tahapan permainan berikut ini!
 Tamu yang tiba tim juri penilai lomba kebersihan sekolah Pembelajaran 2 Subtema 4 Aku Suka Berkarya
  1. Tentukan dua pemain untuk memegang tali.
  2. Pemain berdiri di erat tali.
  3. Ayunlah tali sambil diputar melewati tubuh pemain.
  4. Pemain mengangkat kedua kaki secara bersamaan dikala posisi tali berada di bawah.
  5. Meloncatlah dengan benar dan upayakan tali tidak mengenai kaki.
  6. Tali mengenai kaki pemain berarti tiba saatnya berganti peran. Pemain lompat tali akan berganti kiprah menjadi pemegang tali. Petugas pemegang tali akan berganti menjadi pemain lompat tali.

Semua pemain harus bekerja sama dalam permainan tersebut. Kerja sama yang baik menciptakan permainan menjadi lebih menyenangkan. Kerja sama yang baik juga menciptakan permainan lebih kondusif dan nyaman.

Begitupun rakyat Indonesia juga harus bekerja sama. Bekerja sama untuk membangun Indonesia semoga menjadi negara besar. Bersamasama menghadapi tantangan. Bersama-sama menghadapi gangguan yang menghalangi tercapainya cita-cita.

No comments:

Post a Comment