Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 6 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang

Pakaian Profesi
Edo dan teman-temannya mencar ilmu wacana pakaian profesi. Pakaian profesi yakni pakaian yang digunakan oleh profesi tertentu. Pakaian tersebut biasa dikenakan dikala mereka bekerja. Pada zaman dahulu tidak ada pakaian profesi ibarat dikala ini.

Pakaian profesi banyak jenisnya. Ada pakaian profesi yang dikenakan oleh dokter, tentara, dan polisi. Ada juga pakaian profesi pilot dan pengacara.

Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Dokter menggunakan pakaian dokter dikala praktik. Pak polisi mengenakan seragam polisi dikala bertugas. Ibu pengacara mengenakan pakaian pengacara dikala bersidang. Pakaian profesi tidak digunakan setiap saat.
temannya mencar ilmu wacana pakaian profesi   Pembelajaran 6 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang
Banyak orang bahagia mengenakan pakaian profesi. Pakaian profesi yakni tanda pengenal suatu profesi. Orang yang mengenakan pakaian polisi yakni seorang polisi. Kita sanggup membedakan pilot dengan pramugari dari pakaian yang dikenakannya. Pakaian profesi juga sanggup menjadi pujian orang yang memakainya.

Amatilah teks “Pakaian Profesi”!
Jawablah pertanyaan berikut ini!
  1. Apa saja yang diceritakan teks? Edo dan teman-temannya mencar ilmu wacana pakaian profesi. Pakaian profesi banyak jenisnya. Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Banyak orang bahagia mengenakan pakaian profesi.
  2. Apakah orang zaman dahulu mengenakan pakaian profesi dikala bekerja? Mengapa? Pada zaman dahulu tidak ada pakaian profesi ibarat dikala ini alasannya pada zaman dahulu belum ditemukan teknologi produksi sandang.
  3. Pakaian profesi apa yang sangat ingin kau kenakan? Mengapa? Saya ingin mengenakan pakaian profesi polisi alasannya saya ingin ikut menjaga ketertiban masyarakat.
  4. Apa kelebihan dan kekurangan menggunakan pakaian profesi? Kelebihan pakaian profesi yakni sanggup mengatakan identitas atau jenis profesi orang yang mengenakan pakaian tersebut, sedang kekurangannya yakni membeda-bedakan orang menurut profesinya.
  5. Apa yang ingin kau tanyakan wacana pakaian profesi? Tuliskan pertanyaanmu!

Ayo Bercerita
Amati kembali teks “Pakaian Profesi”!
Berceritalah kepada temanmu wacana pakaian profesi! Berceritalah secara bergantian!
Pakaian profesi yakni pakaian yang digunakan oleh profesi tertentu. Pakaian profesi biasa dikenakan dikala mereka bekerja. Pakaian profesi banyak jenisnya diantaranya adalah  pakaian dokter, tentara, polisi, pilot dan pengacara dan masih banyak yang lainnya.

Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Dokter, Pak polisi, dan Ibu pengacara mengenakan pakaian profesi dikala bertugas saja. Banyak orang bahagia mengenakan pakaian profesi. Pakaian profesi yakni tanda pengenal suatu profesi. Pakaian profesi sanggup digunakan untuk membedakan jenis profesi dan menjadi pujian pemakainya.

Ayo Berlatih
Edo dan teman-temannya sangat bahagia mencar ilmu wacana pakaian profesi. Mereka berencana mengadakan kegiatan menarik. Mereka ingin menggunakan pakaian profesi sesuai cita-cita.
temannya mencar ilmu wacana pakaian profesi   Pembelajaran 6 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang
Setiap anak mempunyai cita-cita. Mereka mempunyai harapan yang berbeda. Udin ingin menjadi dokter. Dayu ingin menjadi pilot. Lani ingin menjadi perawat. Edo ingin menjadi polisi. Siti ingin menjadi perancang busana. Beni ingin menjadi penyiar televisi.

Amatilah gambar Edo dan teman-temannya!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Siapa sajakah yang mengenakan pakaian profesi? Udin, Dayu, Lani, Beni, Siti, dan Edo.
  2. Apakah semua pekerjaan mempunyai pakaian profesi khusus? Jelaskan! Tidak semua jenis pekerjaan mempunyai pakaian profesi, contohnya saja nelayan tidak mempunyai pakaian profesi.
  3. Bagaimana sikapmu jikalau mempunyai teman-teman yang berbeda harapan denganmu? Jelaskan! Jika ada sobat yang berbeda cita-citanya, kita harus menghargai pilihan cita-citanya tersebut.

Ayo Mencoba
Edo dan teman-temannya mempunyai harapan yang berbeda. Perbedaan itu tidak menciptakan mereka berpecah belah. Mereka berbeda, tetapi tetap rukun.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kau mempunyai perbedaan dengan teman-temanmu? Tanyalah teman-temanmu apa cita-citanya! Tanyakan kepada sobat pria dan perempuan. Tuliskan hasil temuanmu pada skema berikut!
Tetap bersatu dalam perbedaan
Cita-cita sobat laki-lakiCita-cita sobat perempuan
Dokter, polisi, tentara, pilot, masinisPerancang busana, penyiar, perawat, dan dokter
Persamaan
Siswa pria dan wanita sama-sama mempunyai cita-cita.
Perbedaan
Mereka sanggup mempunyai harapan yang berbeda sesuai keinginannya.
Perbuatan yang harus
dihindari
Perbuatan yang harus
dilakukan

  1. Menganggap harapan sendiri lebih baik dari sobat yang lainnya.
  2. Mengejek harapan sobat yang lain.
  3. Berprasangka jelek dengan harapan teman.
  1. Menghargai harapan teman, 
  2. Memberi semangat kepada sobat supaya cita-citanya tercapai, dan
  3. Mendoakan teman-teman.

Ayo Menulis
Kamu sudah menuliskan perbuatan yang harus dihindari dalam keberagaman. Ceritakan maksud
salah satu perbuatan yang kau tulis! Apa akhir jikalau perbuatan itu tidak kau lakukan? Apa akhir jikalau perbuatan itu kau lakukan? Tuliskan ceritamu pada kawasan yang tersedia!
Kita harus mendoakan sobat supaya harapan yang mereka pilih sanggup tercapai. Untuk mencapai harapan tersebut tentunya perlu mencar ilmu dengan tekun dan selalu berusaha. Jika kita malas mencar ilmu tentunya harapan tersebut akan sulit tercapai.

Ayo Mencoba
Kamu sudah mempelajari bermacam-macam motif pada kain. Motif-motif itu berbentuk berdiri datar. Masih ingatkah kau dengan karton bentuk berdiri datarmu?

Ayo kita berkreasi kembali dengan karton berbentuk berdiri datar! Buatlah bentuk yang berbeda dari yang pernah kau buat! Lakukan sesuai langkah-langkah pada kegiatan sebelumnya!

Apakah bentuk berdiri datar yang kau buat mempunyai simetri putar? Lakukanlah percobaan dengan gembira!

Ayo Berlatih
Catatlah hasil percobaanmu pada tabel berikut!
Beri tanda (✔) jikalau mempunyai dan ( X ) jikalau tidak memiliki. Tuliskan banyak simetri putar jikalau ada!
No.Bangun DatarMemiliki Simetri PutarBanyaknya
1
temannya mencar ilmu wacana pakaian profesi   Pembelajaran 6 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang
2
2
temannya mencar ilmu wacana pakaian profesi   Pembelajaran 6 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang
X-
3
temannya mencar ilmu wacana pakaian profesi   Pembelajaran 6 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang
X-
4
temannya mencar ilmu wacana pakaian profesi   Pembelajaran 6 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang
2
5
temannya mencar ilmu wacana pakaian profesi   Pembelajaran 6 Subtema 2 Teknologi Produksi Sandang
X-
Simetri putar yakni banyak putaran yang sanggup dilakukan pada suatu bidang datar

No comments:

Post a Comment