Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 2 Subtema 1 Sumber Energi

Hari ini, Siti tidak lupa sarapan sebelum pergi ke sekolah. Siti merasa berpengaruh dan semangat berangkat sekolah. Makanan dan minuman yang Siti makan memberi energi bagi tubuhnya. Energi inilah yang menciptakan Siti sanggup melaksanakan kegiatan. Seperti ketika ini, Siti akan melaksanakan senam. Yuk, senam bersama Siti!

Ayo Mencoba
Ayo, lakukan acara jasmani untuk menjaga kebugaran tubuh. Lakukan pemanasan terlebih dahulu. Kemudian mulailah gerakan senam irama ibarat gambar berikut. Gerakan yang akan kita pelajari ialah kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan mengayun dengan memakai alat. Alat yang dipakai pada acara ini ialah simpai.

Pertama, lakukan gerakan berjalan, diawali dengan kaki kiri melangkah ke depan. Lalu ajun mengayunkan simpai ke depan. Kemudian kaki kanan melangkah ke depan. Simpai diayunkan ke belakang seiring langkah berjalan. Setelah itu kedua kaki merapat berdiri.
 Siti tidak lupa sarapan sebelum pergi ke sekolah Pembelajaran 2 Subtema 1 Sumber Energi

Setelah itu kedua lutut ditekuk, simpai diayunkan ke atas. Kemudian simpai diayunkan ke belakang lutut diluruskan kembali. Badan tegap kembali.
 Siti tidak lupa sarapan sebelum pergi ke sekolah Pembelajaran 2 Subtema 1 Sumber Energi
Gerakan senam irama tersebut merupakan sebuah rangkaian. Lakukan gerakan ini tanpa terputus-putus.

Setelah mengetahui rangkaian kombinasi gerakan tersebut, lakukanlah gotong royong dengan iringan musik instrumental yang temponya pelan, ibarat musik klasik.

Setelah simpulan melaksanakan acara senam, kita butuh istirahat dan minum. Istirahat dan minum sanggup mengembalikan energi yang telah terpakai.

Ayo Berlatih
Selesai senam Siti dan teman-teman kembali ke kelas. Mereka segera minum dan istirahat sejenak. Tidak usang kemudian, Siti dan teman-teman sudah segar kembali. Pak Guru mengajak mereka bermain menyusun huruf. Huruf disusun membentuk kata. Kosa katanya berafiliasi dengan sumber energi.

Setelah kata terbentuk, mereka pun menciptakan kalimat. Ayo, susun huruf-huruf berikut ini menjadi kata!
 Siti tidak lupa sarapan sebelum pergi ke sekolah Pembelajaran 2 Subtema 1 Sumber Energi
Sekarang, buatlah kalimat dari setiap kata tersebut!
  1. Istirahat dan minum sanggup mengembalikan energi yang telah terpakai
  2. Energi cahaya matahari diubah menjadi energi listrik.
  3. Proses fotosintesis dihasilkan makanan dan oksigen.
  4. Matahari menghasilkan energi cahaya dan panas.
  5. Air dan udara ialah sumber energi

Siti dan temannya telah menyusun kata dan menciptakan kalimat. Pak Guru melanjutkan pelajaran. Pak guru menjelaskan bahwa air juga sumber energi.

Ketika diminum, maka air akan memberi energi. Tubuh kita memerlukan air hingga 3 liter setiap
hari.

Tubuh kita akan lemah bila kekurangan air. Sehingga kita harus mempunyai persediaan air higienis yang cukup di rumah.

Tidak di semua daerah tersedia air higienis yang cukup. Di beberapa tempat, orang bahkan harus membeli air untuk keperluan sehari-hari.

Karena itu kita wajib menghemat penggunaan air di rumah. Matikan keran air setelah digunakan. Jangan menghamburkan air untuk keperluan yang tidak penting. Kalau minum air matang harus dihabiskan. Masih banyak lagi pola kewajiban di rumah dalam menghemat energi.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu! Bagaimana cara yang baik dalam memakai energi!

Karena kebutuhan akan energi secara terus menerus dan besar-besaran, maka ada kemungkinan kita akan kekurangan energi dari tahun ke tahun. Karena hal tersebut  maka kita perlu melaksanakan penghematan energi biar tidak terjadi kekurangan energi. Cara yang baik dalam memakai energi antara lain :
  1. Menggunakan energi seperlunya; 
  2. Tidak membuang-buang/boros energi;
  3. Menjaga ketersediaan energi dengan baik.

Bacakan hasil diskusimu di depan teman-teman!

Ayo Mengamati
Setelah berdiskusi, amatilah gambar berikut ini! Tentukan sikap yang menawarkan kewajiban menghemat air! Beri tanda centang (√) untuk gambar yang tepat. Beri tanda silang (X) untuk gambar yang tidak tepat!
 Siti tidak lupa sarapan sebelum pergi ke sekolah Pembelajaran 2 Subtema 1 Sumber Energi
Nah, ingat ya bahwa menghemat energi itu ialah suatu kewajiban! Kebutuhan akan energi secara terus menerus dan besar-besaran, maka ada kemungkinan kita akan kekurangan energi dari tahun ke tahun. Karena hal tersebut  maka kita perlu melaksanakan penghematan energi.

No comments:

Post a Comment