Sunday, November 24, 2019

Pembelajaran 5 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi

Pergi dengan Alat Transportasi
Banyak orang mempunyai alat transportasi pribadi. Yaitu, alat transportasi yang digunakan untuk diri
sendiri. Ada yang mempunyai sepeda, sepeda motor, dan mobil.

Ada juga orang yang tidak mempunyai alat transportasi pribadi. Mereka memakai alat transportasi umum. Yaitu, alat transportasi yang digunakan bersama-sama. Ada angkutan kota, bus, dan kereta.

Alat transportasi sanggup menguntungkan dan merugikan. Alat transportasi memudahkan insan pergi dari satu daerah ke daerah lain. Namun, alat transportasi yang terlalu banyak di jalan menyebabkan kemacetan. Selain itu, asapnya menciptakan udara kotor.

Kerugian sanggup dikurangi dengan memakai alat transportasi umum. Alat transportasi umum sanggup mengurangi penggunaan alat transportasi pribadi. Oleh alasannya itu, alat transportasi umum sanggup mengurangi kemacetan dan udara kotor. Saat ini, banyak orang di kota mulai menggunakakan alat transportasi umum bus dan kereta.

Ayo Mencoba
Amati kembali teks yang kau baca! Informasi apa saja yang kau dapatkan pada teks? Tuliskan pada skema berikut!
 Banyak orang mempunyai alat transportasi eksklusif Pembelajaran 5 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi
  1. Informasi 1 : Banyak orang mempunyai alat transportasi pribadi.  Alat transportasi eksklusif misalnya yaitu sepeda, sepeda motor, dan mobil.
  2. Informasi 2 : Ada juga orang yang memakai transportasi umum . Alat transportasi umum misalnya yaitu angkutan kota, bus, dan kereta.
  3. Informasi 3 : Alat transportasi sanggup menguntungkan dan merugikan . Alat transportasi memudahkan manusia, namun juga menyebabkan kemacetan dan udara kotor.
  4. Informasi  4 : Kerugian sanggup dikurangi dengan memakai alat transportasi umum. Alat transportasi umum sanggup mengurangi kemacetan dan udara kotor

Ayo Bercerita
Pilihlah satu paragraf pada teks! Ceritakan isi paragraf kepada temanmu! Sampaikan juga manfaat dari alat transportasi yang digunakan! Tambahkan dengan penjelasanmu sendiri!
  1. Informasi 1 : Banyak orang mempunyai alat transportasi pribadi.  Alat transportasi eksklusif misalnya yaitu sepeda, sepeda motor, dan mobil. Alat transportasi eksklusif biasanya digunakan oleh sendiri. Transportasi eksklusif biasanya lebih mahal dari transportasi memakai angkutan umum.
  2. Informasi 2 : Ada juga orang yang memakai transportasi umum . Alat transportasi umum misalnya yaitu angkutan kota, bus, dan kereta.  Transportasi umum digunakan oleh banyak orang sehingga kita lebih mengenal keberagaman yang ada di sekitar kita.
  3. Informasi 3 : Alat transportasi sanggup menguntungkan dan merugikan . Alat transportasi memudahkan manusia, namun juga menyebabkan kemacetan dan udara kotor. Kemacetan dan udara kotor sangat mengganggu kenyamanan lingkungan.
  4. Informasi  4 : Kerugian sanggup dikurangi dengan memakai alat transportasi umum. Alat transportasi umum sanggup mengurangi kemacetan dan udara kotor. Menggunakan transportasi umum tidak perlu repot dan galau memarkir kendaraan, selain itu transportasi umum juga lebih praktis.
Ayo Mencoba
Setiap orang memakai alat transportasi yang disukainya. Alat transportasi kesukaan orang berbeda-beda. Apa alat transportasi kesukaan temanmu? Tanyakan kepada teman-temanmu! Tuliskan balasan mereka pada tabel berikut!
No.NamaAlat TransportasiAlasan
1.WawanBusTiket murah dengan fasiltas lengkap
2.SiskaKereta ApiJadwal keberangkatan semakin tepat. 
3.AndiSepeda MotorLebih simpel dan ongkos murah
4.HaniPesawat TerbangPaling nyaman, cepat dan juga minim risiko kecelakaan.
5.RudiKapal LautMenikmati kemudahan dan perjalanan bahari yang menyenangkan

Ayo Menulis
Siti pulang ke Padang bersama keluarganya. Mereka harus memilih alat tranportasi yang akan digunakan. Ada yang suka naik pesawat, naik kendaraan beroda empat pribadi, dan bus umum. Apa yang akan kau sarankan? Mengapa?
  1. Naik alat transportasi kesukaan masing-masing dan bertemu di rumah nenek.
  2. Naik alat transportasi yang paling banyak disukai dan pergi bersama-sama.

Tuliskan saranmu pada daerah berikut!
Sebaiknya keluarga Siti naik alat transportasi yang paling banyak disukai dan pergi bersama-sama. Dengan naik kendaraan bantu-membantu akan semakin mempereat persatuan dan kesatuan dalam keluaerga

Ayo Mencoba
Dalam perjalanan menuju Manado, Beni mengamati pesawat yang ditumpanginya. Beni mengamati televisi pesawat, jendela, pintu, dan lainnya. Semua berbentuk bangkit datar. Beni berpikir
berapa keliling masing-masing bangkit datar yang dia jumpai di pesawat?

Selesaikanlah masalah-masalah yang Beni pikirkan berikut ini!
1. Layar televisi di pesawat berbentuk persegi panjang. Panjangnya 25 cm dan lebarnya 20 cm. Jika tepi televisi ingin diberi bingkai pelindung, berapa panjang bingkai yang dibutuhkan? Panjang bingkai = keliling televisi.
Jawab: 25 + 20 +25 +20 = 90 cm

2. Pesawat dilengkapi banyak jendela. Jendela pesawat berbentuk persegi panjang. Lebar 15 cm dan panjang 30 cm. Jika sekeliling jendela ingin diberi karet pelindung, berapa panjang karet yang dibutuhkan? Panjang karet = keliling jendela
Jawab: 15 + 30 + 15 + 30 = 90 cm

3. Pintu pesawat berbentuk persegi panjang. Lebarnya 90 cm dan tingginya 230 cm. Berapakah keliling pintu pesawat?
Jawab: 90 + 230 + 90 + 230 = 640 cm

4. Pramugari memberi tisu sebelum kami makan. Tisu berbentuk persegi. Setiap sisi panjangnya 45 cm. Berapakah keliling tisu?
Jawab:45 + 45 + 45 + 45 = 180 cm

Ayo Berlatih
Tentukanlah keliling bangkit datar berikut!
 Banyak orang mempunyai alat transportasi eksklusif Pembelajaran 5 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi
  1. Setiap sisi panjangnya 10 cm. Berapa keliling bangkit tersebut? 10 + 10 + 10 + 10 + 10 = 50 vm
  2. Setiap sisi panjangnya 8 cm. Berapa keliling bangkit tersebut? 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 = 48 cm
  3. Setiap sisi panjangnya 6 cm. Berapa keliling bangkit tersebut? 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 = 42 cm
  4. Setiap sisi panjangnya 4 cm. Berapa kelilingnya? 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 32 cm
  5. Setiap sisi panjangnya 4 cm. Berapa kelilingnya? 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 48 cm

No comments:

Post a Comment