Monday, January 27, 2020

Perbedaan Iklan Media Cetak Dan Iklan Media Elektronik

Pada dasarnya tujuan utama iklan ialah semoga masyarakat mau membeli produk tersebut. Agar masyarakat tertarik untuk membeli produk tersebut maka iklan dibentuk semenarik mungkin
dan seefektif mungkin. Iklan mempunyai peranan yang sangat penting dalam memasarkan produk semoga sanggup dikenal oleh masyarakat.

Berdasarkan media yang dipakai iklan sanggup dikelompokkan menjadi iklan media elektronik dan iklan  Ikmedia cetak. Iklan cetak ialah iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak antara lain; poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer atau selebaran.

Sedangkan eklan elektronik ialah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh dari iklan elektronik antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll.

Tuliskan perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik. Samakan pendapatmu dengan pendapat temanmu. Apabila kau menemukan pendapat yang berbeda lengkapi pendapatmu dengan pendapat temanmu.

Iklan Media ElektronikIklan Media Cetak
  1. Iklan hanya sekilas dan berlangsung pada ketika itu saja.
  2. Menggunakan indera pengelihatan dan pendengaran.
  3. Menggunakan gambar bergerak dan memakai suara
  4. Liputan bersifat informatif dengan narasi yang cukup panjang.
  5. Bersifat pribadi dan nyata, serta sanggup menyajikan tragedi yang sebenarnya.
  1. Iklan media cetak sanggup dibaca atau dilihat kapan saja/berulang-ulang
  2. Iklan media cetak hanya ditangkap memakai indera pengelihatan
  3. Iklan media cetak hanya memakai gambar membisu dan tidak ada suara.
  4. Penggunaan kalimat dalam media cetak terbatas hanya beberapa baris saja.
  5. Iklan media cetak hanya menyajikan gambar dan goresan pena saja.

Persamaan : Keduanya punya tujuan yang sama yaitu menawarkan isu atau promosi kepada khalayak ihwal suatu produk/jasa .

Ayo Berdiskusi
Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Gunakan kertasgambar A4 dan bagilah menjadi tiga kolom menyerupai di bawah ini. Diskusikan dengan sobat sekelompokmu ihwal iklan-iklan yang pernah dilihat/ ditonton, jenis iklan (iklan media cetak atau elektronik), dan alasan kau mengelompokkannya dalam media tersebut.
Nama IklanMedia
(Cetak/Elektronik (Radio
atau Televisi))
Alasan Pemilihan Media
Closeup-Fire-Freeze
Pada dasarnya tujuan utama iklan ialah semoga masyarakat mau membeli produk tersebut Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
Media cetak Hanya memakai gambar dan tulisan
Iklan Unilever Corporate Ramadhan 2018
Pada dasarnya tujuan utama iklan ialah semoga masyarakat mau membeli produk tersebut Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
Elktronik (Televisi)Menggunakan gambar bergerak
Mnggunakan suara
Iklan Sabun Livebuoy
Pada dasarnya tujuan utama iklan ialah semoga masyarakat mau membeli produk tersebut Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
Media cetakHanya memakai gambar dan tulisan
Iklan Advan i6 Powered Full View Display
Pada dasarnya tujuan utama iklan ialah semoga masyarakat mau membeli produk tersebut Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
Elktronik (Internet)Menggunakan gambar bergerak
Menggunakan suara
Ayo Mengamati
Kamu akan mengamati temanmu memeragakan iklan yang pernah mereka lihat di televisi. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. PIlihlah siswa yang akan memeragakan iklan. Pastikan iklan yang dipilih ialah iklan yang memakai bahasa Indonesia yang benar dan iklan tersebut pantas untuk dipertunjukkan.

2. Berikan balasan dalam bentuk berikut ini.
  • Saya pernah/tidak pernah melihat/mendengar iklan tersebut.
  • Jika saya mengingat iklan tersebut, maka hal yang saya ingat adalah
  • Jika saya mengingat iklan tersebut, maka hal yang paling menarik dari
  • iklan itu ialah

Dari aktivitas di atas, apa yang sanggup kau simpulkan? Tuliskan kesimpulanmu (perhatikan tanggapanmu pada poin kedua dan ketiga). Gunakan balasan tersebut sebagai materi untuk menciptakan kesimpulan

No comments:

Post a Comment