Tuesday, January 28, 2020

Mengidentifikasi Sifat Campuran

Semua benda yang ada di sekitar kita termasuk materi. Materi ialah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, bahan dibedakan menjadi zat tunggal dan campuran.

Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas bahan sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal ialah air, garam, gula, dan emas 24 karat. Campuran ialah zat yang terdiri atas beberapa jenis bahan atau zat tunggal. Campuran sanggup dibedakan menjadi adonan homogen dan adonan heterogen.

Campuran homogen merupakan adonan yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada adonan homogen, zat penyusunnya tidak sanggup dibedakan. Contoh: air garam, sirop, udara, perunggu, kuningan. Sedangkan adonan heterogen merupakan adonan yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada adonan heterogen, zat penyusunnya masih sanggup dibedakan. Contoh: adonan air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir.

Perbedaan Campuran Homogen dan Campuran Heterogen antara lain : Setiap bab dari adonan homogen ialah serba sama (warna, rasa, dan perbandingan zat-zat tercampur sama). Contoh adonan homogen: Sesendok gula dilarutkan dalam segelas air.

Sedangkan pada adonan heterogen tidak sama (tidak sama warna, perbandingan zat tercampur dan konsentrasinya). Contoh adonan heterogen : Pasir yang dilarutkan dalam air.

Ingat kembali pembelajaran perihal zat tunggal dan zat campuran. Kita juga telah berlatih untuk membedakannya. Sekarang, kita akan berlatih mengidentifikasi sifat zat campuran. Ikuti langkah kerjanya dengan baik dan hati-hati.

Langkah kerja:
1. Sediakan gelas plastik, sendok, air, gula, minyak, pasir, dan pewarna merah.
2. Buatlah adonan sesuai tabel berikut, kemudian catat hasil pengamatanmu.

Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatanmu.
GelasKomponen PenyusunTercampur SempurnaTidak Tercampur Sempurna
1. Air + gula-
2. air + minyak-
3. air + pasir-
4. air + pewarna makanan-
5. minyak + pasir-
6. minyak + pewarna makanan-
7. minyak + gula-

a. Campuran manakah yang tercampur sempurna?
Campuran yang tercampur tepat ialah Air + gula dan Air + pewarna makanan
b. Campuran manakah yang tidak tercampur sempurna?
Campuran yang tidak tercampur tepat adalah; air + minyak, air + pasir, minyak + pasir minyak + pewarna makanan, minyak + gula

Ayo Mencoba
Pernahkah kau melihat penjual jamu mencampur air dengan serbuk dari kunyit dan buah asam? Percampuran antara air, serbuk kunyit, dan buah asam menghasilkan minuman kunyit asam. Apakah adonan itu tercampur tepat atau tidak tercampur sempurna?
Semua benda yang ada di sekitar kita termasuk bahan Mengidentifikasi Sifat Campuran
Ayo, lakukan percobaan berikut.
Sediakan gelas, air putih, serbuk kunyit, dan serbuk asam. Lakukan percobaan menyerupai pada percobaan di atas.

Tuliskan hasil percobaanmu di buku latihanmu, Setelah itu, laporkan alhasil kepada Ibu/Bapak Gurumu.
Campuran air dengan serbuk kunyit maupun air dengan serbuk asam, keduanya tidak sanggup tercampur sempurna.

No comments:

Post a Comment