Iklan elektronik yakni iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh dari iklan elektronik antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll.
Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga di antaranya yang akan kita pelajari ketika ini. Ketiga jenis iklan tersebut yakni iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet.
1. Iklan Radio
Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif. Artinya radio yakni media yang mengandalkan indera pendengaran untuk menyapa pendengarnya. Oleh sebab itu, pemaparan iklan melalui media radio mempunyai karakteristik atau ciri khas. Iklan di radio hanya sanggup didengarkan melalui audio atau suara. Suara yang diperdengarkan sanggup berupa voice (suara/kata-kata insan yang teratur), musik (perpaduan bunyi-bunyian yang teratur dengan ritme tertentu dan harmonis), dan efek bunyi (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek bunyi alam).
2. Iklan Televisi
Iklan televisi yakni iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi sangat menarik sebab merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak. Iklan televisi mempunyai karakteristik, yaitu sanggup dilihat dan didengar. Oleh sebab itu, iklan yang disampaikan melalui televisi sangat menarik perhatian dan mengesankan.
3. Iklan Internet
Iklan internet yakni iklan yang ditampilkan melalui jaringan internet. Bentuknya beragam, ada iklan yang hanya sanggup didengar, ada pula yang sanggup dilihat sekaligus didengar.
Iklan internet muncul sesuai perkembangan teknologi informasi. Iklan internet bisa meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi. Melalui internet, informasi sanggup disampaikan secara dramatis dan interaktif.
Ayo Mengamati
Perhatikan tiga paparan iklan melalui media radio, televisi, dan internet berikut.
1. Paparan Iklan Melalui Radio
Untuk menayangkan iklan melalui radio perlu dibentuk naskah terlebih dahulu. Naskah iklan radio sesuai konsep dari produk yang akan diiklankan. Naskah iklan radio dibentuk dengan mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog, musik, maupun efek suara. Musik dan efek bunyi dalam naskah iklan radio diharapkan untuk membuat suasana yang mendukung skenario.
Amati paparan iklan radio melalui naskah berikut.
Efek Suara | : | (Suara lalat) |
Anak Perempuan | : | Mama kamar adik banyak lalat. |
Mama | : | Wah, mungkin sebab anyir tak sedap, dik. |
Anak Perempuan | : | Iya, ma tolong hilangkan anyir tak sedapnya. |
Mama | : | Tenang, mama punya antinya. |
Efek Suara | : | (Suara semprotan nyamuk |
Anak Perempuan | : | Wah, wangi sekali, Ma. |
Mama | : | Jelas dong, kan mama pakai Segar Wangi pewangi ruangan anyir tak sedap pribadi KO. |
Musik | : | (Gitar klasik bernuansa ceria Up-In_Down) |
Narasi | : | Ya, gunakan Segar Wangi, anyir tak sedap pribadi hilang. |
Musik | : | (Down-Out) |
2. Paparan Iklan Melalui Televisi
Pembuatan iklan televisi diawali dengan membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan dongeng (sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah). Setelah disetujui oleh pengiklan barulah rancangan iklan itu dibentuk di rumah produksi. Berikut teladan paparan iklan melalui televisi.
Berdasarkan gambar iklan melalui televisi di atas kau sanggup mengetahui isi iklan yang akan dipaparkan melalui televisi. Isi iklan tersebut yaitu cara gampang membuat ekspresi segar. Hanya dengan permen karet “Planet Segar”, mulutmu akan terasa segar, sesegar habis menggosok gigi.
3. Paparan Iklan Melalui Internet
Iklan internet jenis banner yaitu iklan pada papan iklan mini yang tersebar pada sebuah halaman web.
Isi iklan internet tersebut yakni menunjukkan produk makanan. Produk masakan yang ditawarkan yakni mi instan dengan brand Yumi Mie. Mi instan ini sanggup dinikmati ketika sibuk ataupun santai, baik sendiri maupun bersama teman-teman. Yumi Mie merupakan masakan cepat saji yang yummy jikalau dinikmati ketika masih hangat. Suasana pun akan semakin hangat dengan ditemani Yumi Mie.
Ayo Berlatih
Kamu telah memahami banyak sekali bentuk iklan elektronik. Sekarang, coba kau pilih satu bentuk iklan elektronik yang sudah kau pelajari sebelumnya. Buatlah teladan iklan elektronik. Cantumkan naskah iklannya jikalau iklan yang kau pilih iklan radio atau iklan televisi. Kemudian, tuliskan skrip dan papan ceritanya.
Jika kau menentukan iklan internet, tempelkan iklan pada lembaran kertas. Selanjutnya, buat kesimpulan isi dari iklan elektronik yang kau buat. Tuliskan kesimpulan di bawah naskah iklan, skrip dan papan cerita, atau gambar iklan yang kau buat. Presentasikan hasil berlatihmu dalam mengidentifikasi iklan elektronik di depan kelas. Kumpulkan alhasil kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai
Contoh Iklan Elektronik
Merek : Sosis So Nice
Media : Radio
Waktu : 40 detik
Transkripsi Iklan Sosis So Nice di Radio
Wanita | : | Handak Pintar? Handak beprestasi? Handak jadi juara? |
Pria | : | Makan daging anggun banar gasan pertumbuhan, jangan hingga tasalah pilih. Makan sosis so nice. Rajin balatih wan makan-makanan nang berprotein. So nice masakan nang berprotein. Dukung pertumbuhan anak biar pintar, berprestasi, wan jadi juara. |
Anak anak | : | So nice so nice. So nice so nice. |
Lagu | : | Ayo makan so nice. Ayo kita SMS. Semua Makan So nice. |
Pria | : | Nang di ujung haja nyaman apalagi nang di tangah Dang. |
Wanita | : | So nice nyaman banar. |
Lagu | : | SMS Semua Makan So nice. SMS Semua Makan So nice. |
Semua | : | So nice yummy bermutu. |
Anak anak | : | Dari so good food. |
Kesimpulan Isi Iklan
Pertanyaan yang ditampilkan tersebut untuk menarik perhatian pendengar. Kalimat tersebut menanyakan kepada calon pembeli apakah ingin pintar, ingin berprestasi, ingin jadi juara. So nice masakan yang berprotein dan mendukung pertumbuhan anak biar pandai berprestasi dan jadi juara
No comments:
Post a Comment