Tuesday, January 28, 2020

Ide Pokok Teks Otot Manusia

Otot-otot dalam badan insan mempunyai beberapa fungsi, tetapi fungsi yang utama yakni untuk bergerak. Adapun fungsi-fungsi yang lain antara lain untuk mendukung tubuh, menjaga postur tubuh, dan menjaga suhu tubuh. Semua fungsi otot tersebut sanggup dilakukan apabila otot dalam keadaan sehat, tanpa terjadi gangguan atau kelainan.

Otot dalam badan insan berperan dalam gerakan-gerakan yang disengaja. Gerak yang disengaja berarti dilakukan secara sadar dan membutuhkan perjuangan tersendiri pada tiap-tiap bab otot. Contoh gerak yang disengaja antara lain berjalan, membungkuk, memutar, memegang, dan mengangkat.

Selain itu, otot dalam badan insan juga berperan dalam gerakan insan yang tidak disengaja. Gerak insan yang tidak disengaja yakni gerakan yang terjadi secara otomatis. Contoh gerak yang tidak disengaja antara lain pernapasan, gerak pencernaan makanan melalui sistem pencernaan, dan detak jantung.

Otot dalam badan juga berfungsi memperlihatkan dukungan. Otot-otot dalam badan manusia, khususnya otot-otot pada rangka bekerja untuk mendukung tubuh. Misalnya dikala duduk dan berdiri, otot-otot rangka ini akan melaksanakan pembiasaan gerakan dengan memperkuat sendi dengan menopang tulang sehingga berada pada posisi yang tepat. Selain itu otot rangka juga memegang peranan penting dalam memilih kekuatan badan secara keseluruhan dan kemampuan untuk melaksanakan acara fisik. Dengan otot yang berpengaruh maka kesehatan badan kita juga akan terjaga dan kita pun akan bisa melaksanakan aneka macam gerakan.

Fungsi lain dari otot yakni untuk mempertahankan postur tubuh. Otot-otot rangka membantu insan contohnya untuk bangun dan mempertahankan perilaku tegak. Dalam hal ini otot-otot tersebut juga membantu menjaga keseimbangan tubuh.

Otot juga berperan dalam menjaga suhu badan secara keseluruhan. Sistem otot sanggup merespon jikalau badan mengalami penurunan dan peningkatan suhu tibuh. Contoh respon otot dikala terjadi penurunan suhu badan yakni menggigil. Menggigil yakni respon tidak sengaja dimana otot berkontraksi secara sempurna untuk menghasilkan panas. Otot yang menggigil tersebut menuntut peningkatan darah yang mengandung oksigen untuk meningkatkan suhu tubuh.

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ilham pokok masing-masing paragraf.
No.ParagrafIde Pokok
1.PertamaOtot-otot dalam badan insan mempunyai beberapa fungsi, namun fungsi yang utama yakni untuk bergerak.
2.KeduaOtot dalam badan insan berperan dalam gerakan-gerakan yang disengaja.
3.KetigaSelain itu, otot dalam badan insan juga berperan dalam gerakan insan yang tidak disengaja.
4.KeempatOtot dalam badan juga berfungsi memperlihatkan dukungan.
5.KelimaFungsi lain dari otot yakni untuk mempertahankan postur tubuh.
6.KeenamOtot juga berperan dalam menjaga suhu badan secara keseluruhan.

Ayo Berkreasi
Buatlah gambar cover bacaan di atas. Masih ingatkah kau pengertian dan unsur-unsur yang harus ada dalam cover?
otot dalam badan insan mempunyai beberapa fungsi Ide Pokok Teks Otot Manusia
Cover yang baik yakni yang bisa mensugesti dan menarik minat orang untuk membaca isi buku secara keseluruhan. Untuk itu, maka sebuah cover harus memenuhi unsur-unsur berikut.
  1. Terdapat judul dengan pemilihan jenis aksara yang menarik dan mencolok.
  2. Terdapat kalimat penjelas judul yang singkat dan gampang dipahami.
  3. Terdapat nama penulis.
  4. Terdapat identitas penerbit.
  5. Menyertakan gambar yang menarik.
  6. Terdapat sinopsi isi buku pada sisi belakang.
  7. Terdapat identitas buku pada punggung buku.

Agar sanggup menghasilkan gambar cover yang baik, kau harus benar-benar memahami isi bacaan terlebih dahulu. Setelah itu kau harus memilih terlebih dahulu desain background (latar). Ada dua macam desain dalam menciptakan cover, yakni:
  1. Cover dengan latar berwarna putih dan goresan pena sederhana Pada jenis ini, tidak ada gambar yang memenuhi halaman. Bahkan terkadang hanya berisi judul, nama pengarang, dan nama penerbit. Dengan demikian yang nampak lebih banyak didominasi yakni warna putih dan ruang kosong. Ruang kosong semacam ini dimaksudkan sebagai ruang yang lega biar mata tidak sesak terpenuhi oleh gambar.
  2. Desain penuh warna dan gambar Pada jenis ini, bab yang lebih banyak didominasi yakni gambar ilustrasi dan judul. Selain itu juga disajikan permainan warna yang mencolok dan bervariasi.

No comments:

Post a Comment