Wednesday, January 29, 2020

Pengaruh Acara Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari acara ekonomi. Apa sajakah acara ekonomi yang dilakukan sehari-hari? Kegiatan ekonomi mencakup acara produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga acara ekonomi ini saling berkaitan satu sama lain. Satu acara ekonomi terhambat, akan mengganggu acara ekonomi lainnya.

1. Produksi
Petani menanam padi di sawah, kemudian memberi pupuk, dan menyiangi rumput yang tumbuh di sela-sela tanaman padi. Setelah bulir-bulir padi mulai bernas, petani mengusir burung-burung yang berusaha makan bulir-bulir padi itu. Saat padi menguning, itulah saatnya petani memanen. Hasil panen kemudian dijual.

Dari ilustrasi tersebut, si petani telah melaksanakan acara produksi. Jadi, produksi yakni acara yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau membuat benda gres sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Orang yang melaksanakan acara produksi disebut produsen. Berikan pola acara produksi yang terdapat di sekitar kawasan tinggalmu.

Kegiatan produksi besar lengan berkuasa terhadap kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi yakni barang atau jasa yang sanggup menawarkan manfaat atau keuntungan. Sumber daya ekonomi sanggup berasal dari sumber daya alam atau sumber daya manusia. Sumber daya ekonomi sanggup diolah menjadi modal dasar pembangunan. Bagi pemilik sumber daya ekonomi, adanya proses produksi memungkinkannya memperoleh balas jasa. Balas jasa ini berupa sewa, bunga modal, atau gaji. Dengan balas jasa ini, pemilik sumber daya ekonomi sanggup memenuhi kebutuhan hidup.

Bagi produsen, adanya proses produksi menimbulkan produsen memperoleh keuntungan. Selanjutnya, laba tersebut dipakai untuk menjaga kelangsungan perjuangan dan memenuhi kebutuhan hidup. Ini dilakukan dalam upaya mencapai kemakmuran hidup.
 Apa sajakah acara ekonomi yang dilakukan sehari Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat
2. Distribusi
Bahan masakan dan pakaian  diproduksi di kawasan tertentu. Untuk mendatangkan materi masakan dan pakaian dibutuhkan acara penyaluran. Kegiatan inilah yang disebut distribusi. Jadi, distribusi yakni acara menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen. Orang yang melaksanakan acara ini disebut distributor.

Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang memadai. Tujuannya biar hasil produksi sanggup segera hingga kepada konsumen dengan cepat dan sempurna sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.

3. Konsumsi
Saat istirahat ada sahabat yang jajan di kantin, ada pula yang makan bekal dari rumah. Jajan di kantin dan makan bekal termasuk acara konsumsi. Konsumsi yakni acara insan mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang melaksanakan acara konsumsi disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan tertentu. Pengorbanan sanggup berupa uang atau waktu.

Dari uraian di atas kau mengetahui acara ekonomi dan dampaknya bagi masyarakat. Kegiatan ekonomi sanggup berdampak nyata terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ayo Mencoba
Berdasarkan teks “Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat” buatlah peta pikiran yang memuat informasi-informasi penting dari teks tersebut
  1. Apa yang dimaksud produksi? Produksi yakni acara menghasilkan barang dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup.
  2. Apa manfaat acara produksi? Kegiatan produksi akan meningkatkan kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi sanggup berupa sumber daya alam atau sumber daya manusia.
  3. Apa yang dimaksud distribusi? Distribusi yakni acara menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen.
  4. Apa manfaat acara distribusi? Kegiatan distribusi menjadikan hasil produksi sanggup segera hingga kepada konsumen dengan cepat dan sempurna sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.
  5. Apa yang dimaksud konsumsi? Konsumsi diartikan acara menghabiskan atau mengurangi nilai guna barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  6. Apa manfaat acara konsumsi? Bagi konsumen, konsumsi bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bagi produsen dan distributor, acara konsumsi akan menghasilkan pendapatan.

Ayo Mengamati
Bersama kelompokmu, amatilah banyak sekali acara produksi dan distribusi di lingkungan sekitarmu. Identifikasilah orang-orang yang diuntungkan dari setiap perjuangan tersebut. Tulislah hasil pengamatan kalian dalam tabel berikut.
No.KegiatanJenisOrang yang DiuntungkanKeuntungan yang
Diperoleh
1.Pabrik kerupukProduksiMasyarakat yang suka makan kerupukMakan lebih lahap
2.Menjual pasirDistribusiMasyarakat yang sedang membangun rumahPembangunan rumah lancar
3.Makan jajananKonsumsiSiswa yang membeli jajananPerut menjadi kenyang
4.Pabrik PanciProduksiIbu rumah tanggaMemasak air sanggup memat lebih banyak air
5.Menjual Alat TulisDidtribusiSiswa dan siswai di sekolahKebutuhan alat tulis sanggup terpenuhi

Ayo Berdiskusi
Keragaman jenis perjuangan ekonomi menjadikan keragaman sosial dalam masyarakat. Apa laba dari kondisi ini? Diskusikan bersama temanteman kelompokmu. Tulislah akhirnya dalam tabel berikut.

Keragaman sosial jawaban banyak sekali jenis perjuangan menjadikan keuntungan, yaitu:
  1. Tersedianya semua kebutuhan insan baik barang maupun jasa
  2. Meningkatnya kesejahteraan warga masyarakat.
  3. Semakin eratnya rasa persatuan dan kesatuan warga.
  4. Tumbuhnya perilaku saling menghargai sesama warga.
  5. Tumbuhnya  rasa kebersamaan dalam mendukung keragaman.

No comments:

Post a Comment