Tuesday, January 28, 2020

Ide Pokok Teks Gerak Kupu-Kupu

Ide pokok ialah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat wangsit pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di final paragraf.

Fungsi wangsit pokok ialah sebagai gagasan utama yang akan dikembangkan menjadi sebuah paragraf. Dengan menemukan wangsit pokok, pembaca sudah memahami hampir seluruh isi bacaan. Selain itu juga emudahkan dan mempercepat membaca sebuah bacaan. Perhaikan gambar di bawah ini.
Ide pokok ialah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf Ide Pokok Teks Gerak Kupu-Kupu
Ayo Berkreasi
Amatilah dengan cermat gambar di atas, kemudian buatlah dongeng tertulis dari gambar tersebut. Buatlah dongeng minimal tiga paragraf. Sebelum menulis cerita, tentukan wangsit pokok terlebih dulu yang akan kau kembangkan dalam cerita.
ParagrafIde Pokok
1.Edo berkunjung ke rumah Pak Rudi
2.Edo segera membantu Pak Rudi membersihkan sangkar kelinci
3.Kandang kelinci diberihkan semoga kelinci terhindar dari penyakit.
4.Saat membersihkan sangkar kelinci dikeluarkan dari kandangnya. 
5.Kandang yang higienis dan sehat akan menciptakan kelinci nyaman.

Edo berkunjung ke rumah Pak Rudi. Pak Rudi ialah peternak kelinci yang sukses di kampungnya. Kandang kelincinya sangat luas, terletak di pekarangan belakang rumah. Ketika Edo tiba ke rumah Pak Rudi kebetulan sekali ia sedang membersihkan sangkar kelinci miliknya.

Edo segera membantu Pak Rudi membersihkan sangkar kelinci. Sisa-sisa makanan kelinci yang berupa daun-daunanan dimasukan ke dalam keranjang sampah kemudian dibuang ke dalam kolam sampah yang ada.

Kandang kelinci diberihkan semoga kelinci terhindar dari penyakit. Bagi kelinci sangkar merupakan rumah bagi mereka. Layaknya insan pun akan hidup sehat, senang dan sejatera apabila rumah yang ditinggali nyaman dan sehat.

Saat membersihkan sangkar kelinci dikeluarkan dari kandangnya. Kelinci ditempatkan di sangkar kecil  yang bisa dipindah-pindah atau tempat lain yang aman. Membersihkan sangkar gampang dilakukan jikalau kelinci dikeluarkan terlebih dahulu.

Kandang yang higienis dan sehat akan menciptakan kelinci nyaman. Kandang yang sehat ialah sangkar yang senantiasa higienis dan cukup ventilasi. Kandang yang terawat akan menciptakan kelinci tetap nyaman tinggal di dalam sangkar dan berkembangbiak dengan baik pula.

Ayo Membaca
Pada pembelajaran sebelumnya kau telah mengetahui pola binatang yang termasuk avertebrata, yakni siput. Berikut pola lain binatang yang juga termasuk avertebrata, yakni kupu-kupu.

Gerak Kupu-Kupu
Kupu-kupu ialah binatang yang lucu. Warnanya indah dan menarik. Banyak orang menyukainya. Dia terbang dan hinggap pada bunga-bunga. Badannya kecil, namun mempunyai sayap yang lebar. Sukakah kau pada kupu-kupu?

Kupu-kupu termasuk binatang serangga. Kupu-kupu mempunyai organ gerak yang sama menyerupai serangga-serangga lainnya. Salah satu organ gerak yang istimewa dari kupu-kupu dan serangga lainnya ialah sayap. Dengan sayap ini, maka mengakibatkan serangga sebagai satu-satunya binatang avertebrata yang bisa terbang.

Tahukah kamu, sayap kupu kupu yang indah bekerjsama transparan? Lalu kenapa terlihat berwarna-warni? Sayap kupu-kupu terlihat warna-warni sebab perbedaan kecerahan pada setiap lapisan tipisnya.

Kupu-kupu mempunyai kemampuan terbang yang luar biasa. Kupu-kupu bisa terbang sejauh ribuan kilometer untuk mencari kawasan yang hangat saat animo hambar tiba. Kupu-kupu akan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer saat animo semi tiba. Meskipun demikian, kupu-kupu tidak bisa terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius.
ParagrafIde Pokok
1.Kupu-kupu ialah binatang yang lucu.
2.Kupu-kupu termasuk binatang serangga.
3.Tahukah kamu, sayap kupu kupu yang indah bekerjsama transparan?
4.Kupu-kupu mempunyai kemampuan terbang yang luar biasa

No comments:

Post a Comment