Tuesday, January 28, 2020

Alat Gerak Pada Kelinci Dan Siput

Berdasarkan struktur tubuhnya hewan  terbagi menjadi 2 kelompok besar yaitu vertebrata dan avertebrata.  Vertebrata yaitu kelompok ewan yang mempunyai tulang belakang dan avertebrata yaitu kelompok binatang yang tidak mempunyai tulang belakang. Ciri khas binatang vertebrata yaitu mempunyai tulang blakang yang berfungsi untuk menopang berat tubuh binatang tersebut.

Kelinci termasuk binatang vertebrata, sedangkan siput merupakan binatang avertebrata. Hewan avertebrata merupakan binatang yang tidak mempunyai tulang belakang. Adapun ciri-ciri binatang avertebrata lainnya antara lain biasanya susunan syarafnya berada di perut, mempunyai rangka luar, dan otaknya tidak terlindungi oleh rangka. Contoh binatang avertebrata lainnya yaitu siput, serangga, cacing, ubur-ubur, cumi-cumi, dan lain-lain.

Salah satu ciri makhluk hidup yaitu sanggup bergerak atau berpindah dari satu daerah ke daerah yang lain. Sistem gerak yang terdapat pada Vertebrata dan Avertebrata mempunyai fungsi yang sama yaitu berafiliasi dengan bentuk rangka dan tubuh hewan, walaupun binatang tersebut berpindah daerah dengan cara yang berbeda satu sama lain.

Temukan perbedaannya!
 kelompok besar yaitu vertebrata dan avertebrata Alat Gerak Pada Kelinci dan Siput
 kelompok besar yaitu vertebrata dan avertebrata Alat Gerak Pada Kelinci dan Siput
Karakteristik KelinciKarakteristik Siput
  1. Bertulang belakang
  2. Gerakannya lincah dan cepat
  3. Berpindah daerah dengan berlari, berjalan, dan meloncat
  4. Tubuh ditumbuhi oleh bulu-bulu
  5. Alat gerak sepasang kaki depan dan sepasang kaki belakang.
  6. Beranak
  1. Tidak bertulang belakang
  2. Gerakannya lambat
  3. Berpindah daerah seakan-akan merayap
  4. Siput mempunyai cangkang keras diluarnya sebagai pelindung
  5. Alat gerak kaki perut lebar dan pipih.
  6. Bertelur

Amatilah organ gerak beberapa binatang berikut.
No.Nama HewanNama Organ GerakFungsi
1.SiputKaki perut dengan
bentuk pipih dan lebar
Fungsi utama kaki perut pada siput yaitu untuk bergerak dan berpindah tempat.
2.BelalangKaki dan sayapBelalang bergerak dengan kaki dan sayap. Kaki berfungsi untuk melompat, dan sayap berfungsi untuk terbang
3.CacingOtot perutFungsi dari otot perut pada cacing yaitu untuk melaksanakan kontraksi dan relaksasi sehingga sanggup menghasilkan gerakan mengkerut dan memanjang.
4.Ubur-uburOtotUntuk bergerak maju, ubur-ubur mengambil air ke dalam otot bel mereka kemudian meyemprotkannya keluar dari belakang tubuh mereka. Selain melalui gerakan itu, ubur-ubur juga bergerak dengan cara melayang pada arus air.

Ayo Berkreasi
Pilihlah salah satu binatang avertebrata. Kemudian buatlah model sederhana organ gerak dari binatang yang kau pilih tersebut memakai plastisin. Buatlah sebaik mungkin sesuai dengan keadaan aslinya. Perhatikan pola berikut.
 kelompok besar yaitu vertebrata dan avertebrata Alat Gerak Pada Kelinci dan Siput

Ayo Berdiskusi
Ceritakan gambar yang telah kau buat di hadapan guru dan teman-teman satu kelasmu. Mintalah pendapat atau masukan dari guru dan teman-temanmu.
Organ gerak siput yaitu kaki perut dengan bentuk pipih dan lebar. Otot perut yang berfungsi sebagai alat geraknya yang akan mengangkat bab tubuh siput , dan menggerakkannya ke arah depan , mempunyai banyak kelenjar penghasil lendir , lendir inilah yang membantu siput mencengkeram saat sedang memanjat.

No comments:

Post a Comment