Tuesday, January 28, 2020

Pengaruh Negara Laut Terhadap Kehidupan Ekonomi Dan Sosial Masyarakat

Kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan menyimpan potensi yang besar dalam banyak sekali bidang, ibarat di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan transportasi. Potensi-potensi tersebut sanggup menjadi modal yang penting dalam pembangunan nasional guna mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya.

Wilayah Indonesia yang berupa kepulauan, antara pulau satu dengan yang lainnya disatukan oleh laut menjadikan bervariasinya potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Masing-masing pulau mempunyai karakteristik masingmasing, mulai dari kondisi alam maupun kondisi sosial-budayanya. Variasi dan karakteristik potensi tersebut terlihat dari lengkap dan beragamnya bentang alam dan hasil alamnya, beragamnya suku bangsa yang menjadikan bermacam-macam pula ada istiadat dan budayanya, serta beragamnya agama, golongan, dan kelompok masyarakatnya.

Keberagaman yang disebabkan adanya perbedaan antara pulau satu dengan pulau yang lainnya ini tidaklah menjadi pemecah dan perenggang, namun justru menjadi pemersatu, lantaran antara yang satu dengan yang lain sanggup saling melengkapi.

Kondisi geografis sebagai negara maritim dan kepulauan membawa banyak laba bagi bangsa Indonesia. Wilayah laut Indonesia yang sangat luas telah diakui secara internasional sebagai negara maritim yang ditetapkan dalam UNCLOS pada tahun 1982. Hal ini berarti Bangsa Indonesia diberi kewenangan untuk memanfaatkan potensi sumber daya laut.

Cakupan wilayah yang sangat besar dan luas, tentu saja laut Indonesia mengandung keanekaragaman sumber daya alam laut yang sangat potensial, baik hayati maupun non-hayati. Sumber daya alam laut tersebut antara lain ikan, terumbu karang dengan kekayaan biologi yang bernilai ekonomi tinggi, wisata bahari, sumber energi minyak dan gas bumi, materi mineral, dan juga media transportasi antarpulau. Semua potensi alam tersebut tersedia dalam jumlah yang besar dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Besarnya peluang ekonomi dari pemanfaatan potensi sumber daya laut yang sedemikian besar ini tentunya sanggup menawarkan bantuan bagi kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia. Hingga pada kesudahannya juga akan menawarkan bantuan bagi kesejahteraan bangsa. Kelompok masyarakat yang sanggup mencicipi eksklusif potensi kekayaan sumber daya kelautan ini yaitu masyarakat yang berda di pesisir. Banyak jenis pekerjaan yang sanggup diusahakan untuk menunjang kehidupan ekonominya.

Ayo Berlatih
Kelompok masyarakat yang sanggup mencicipi eksklusif potensi kekayaan sumber daya kelautan ini yaitu masyarakat yang berada di pesisir. Banyak jenis pekerjaan yang sanggup diusahakan untuk menunjang kehidupan ekonominya. Ayo sebutkan jenis-jenis perjuangan atau pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam laut di Indonesia.

Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut antara lain sebagai berikut :
  1. Nelayan
  2. Pertambangan minyak lepas pantai
  3. Berbagai sektor perjuangan wisata: pegawai hotel, warung makan, toko cinderamata, penyewaan bahtera dan aat-alat permainan air, penjual tiket, pemandu wisata, dan lain-lain
  4. Pelayaran
  5. Para Petambak Ikan dan udang.
  6. Berbagai sektor perjuangan di pelabuhan
  7. Petani Garam, dan Petani Rumput Laut
  8. Penyelam (tradisional) yang mencari teripang.
  9. Pengerajin kayu yang memanfaatkan pohon di  hutan bakau.
  10. Petani budidaya kerang mutiara laut.
  11. Pemandu wisata alam bawah laut.
  12. Pekerja di perusahaan yang mengelola air laut dengan memakai sistem osmosis balik semoga diperoleh air yang layak konsumsi.
  13. Para Pengusaha pembuat kapal dan jaring
  14. Para Pengerajin kerang.
  15. Jasa penyebrangan laut.

Ayo Mengamati
Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat
Kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan menyimpan potensi yang be Pengaruh  Negara Maritim terhadap Kehidupan Ekonomi dan Sosial Masyarakat
Negara Maritim
Sebagai negara maritim dan kepulauan yang berada di antara Benua Australia dan Asia membawa efek terhadap kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia. Hal ini sanggup terjadi lantaran dengan posisi tersebut mengakibatkan Indonesia menjadi jalur perdagangan dunia. Mau tidak mau banyak pedagang dari banyak sekali negara di seluruh belahan bumi ini akan melewati dan mampir ke Indonesia. Pedagang-pedagang dari banyak sekali negara tersebut tentunya mempunyai latar belakang yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Para pedagang yang mampir dan ada sebagian yang menetap di Indonesia turut membawa sopan santun budaya dari negara asalnya. Lambat laun sopan santun budaya yang dibawa tersebut akan berbaur, bercampur, bahkan melebur dengan sopan santun budaya orisinil Indonesia.

Berikut yaitu beberapa dampak yang diakibatkan oleh letak dan kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan.
  1. Komunikasi dan interaksi antarpenduduk menjadi lebih mudah, baik antarwarga Indonesia maupun orang Indonesia dengan warga asing. Hal ini didukung adanya kemajuan teknologi di bidang pelayaran antarpulau dan antarnegara.
  2. Terjadinya pembauran, pencampuran, atau peleburan nilai-nilai antarpulau dan antarnegara.
  3. Munculnya perkampungan-perkampungan etnis tertentu, ibarat Pecinan dan Kampung Arab.
  4. Terjadinya perubahan sikap masyarakat lantaran efek masuknya referensi dan nilai sikap dari pulau, daerah, maupun negara lain.
  5. Terjadinya perpindahan ilmu, pengetahuan, dan teknologi.

Ayo Menulis
Ada dampak positif, tentunya juga ada dampak negatifnya. Coba ceritakan banyak sekali dampak yang timbul sebagai akhir dari letak dan kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan.
Dampak PositifDampak Negatif
  1. Memiliki keberagaman potensi alam dan hasilnya, mempunyai keberagaman dan kekayaan budaya, mempunyai keberagaman sumber daya manusia.
  2. Bidang transportasi: berpotensi meningkatnya insfrastruktur di banyak sekali tempat lantaran banyaknya wisatawan yang berkunjung.
  3. Bidang ekonomi: menjadi jalur perdagangan internasional, juga berpotensi menambah devisa negara melalui pengembangan destinasi pariwisata
  1. Tidak meratanya potensi alam dan sumberdaya manusia, tidak meratanya pembangunan dan pemerataan hasilhasilnya, rentan terhadap terjadinya konflik kedaerahan.
  2. Sering terjadi tragedi alam. Indonesia berada pada jalur patahan lempeng kerak dunia, pergerakannya dari lempeng tersebut sanggup berakibat pada terjadinya tragedi gempa bumi. Selain itu, munculnya banyak gunung berapi juga sanggup menjadi potensi tragedi alam.

No comments:

Post a Comment